Baca dalam 3 menit

Airlines Tiongkok Beri Internet Cepat dalam Pesawat

Waktu Publish : 11 Jul 2020, 08:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Penerbangan Tiongkok Menawarkan Internet Berkecepatan Tinggi - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id – Perusahaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedirgantaraan Tiongkok mengungkapkan, bahwa Tiongkok telah mulai mengoperasikan pesawat penumpang yang menawarkan layanan internet berkecepatan tinggi.

Pesawat Tiongkok pertama dengan layanan internet satelit berkecepatan tinggi adalah Airbus A320 yang dimodifikasi dan digunakan oleh penerbangan QW0771 Qingdao Airlines, dari Qingdao ke Chengdu.

Terhubung dengan satelit komunikasi raksasa ruang angkasa ChinaSat 16 dengan teknologi broadband Ka-band (26.5-40Ghz), pesawat itu melakukan penerbangan internet berkecepatan tinggi pertama pada Selasa sore (7/7/2020).

Penerbangan itu mengangkut pejabat pemerintah, kontraktor, dan perwakilan dari perusahaan yang terlibat dalam program ini dalam perjalanan selama tiga jam ke Chengdu.

Dilansir dari China Daily, penumpang di dalam pesawat dapat memperoleh akses ke layanan jaringan dengan kecepatan sekitar 100 Mb/detik, yang memungkinkan pengalaman berselancar internet yang sama seperti di darat.

Siaran langsung juga dilakukan selama penerbangan, penumpang dapat berbagi video dan gambar udara secara real time dengan orang-orang di darat, yang pertama dari jenisnya dalam sejarah penerbangan sipil Tiongkok.

Menurut pernyataan yang diterbitkan oleh Qingdao Airlines, modifikasi pada pesawat Airbus A320 dimulai pada bulan November 2019, dan uji terbang pertama dilakukan pada bulan Januari 2020. Sertifikasi dan tes pesawat dilakukan dari Desember 2019 hingga Juni 2020.

Setelah penerbangan yang sukses tersebut, Tiongkok bertujuan untuk bekerja sama dengan lebih banyak maskapai penerbangan di masa depan untuk menawarkan lebih banyak layanan internet berbasis satelit pada industri penerbangan.

Selain itu, Tiongkok juga berencana untuk membangun jaringan satelit komunikasi canggih pada tahun 2025 dan apabila rencana ini terwujud, masyarakat akan dapat menggunakan layanan Wi-Fi berkualitas tinggi di mana saja dan kapan saja. (*)

Terkait

news

Masih Pandemi, China Eastern Airlines Dirikan Cabang Baru di...

  • Yohana Intan
  • 26 Jul 2020

news

Tidak Ada Penerbangan Sipil Internasional Yang Berangkat Dar...

  • Dwi
  • 12 Jul 2020

news

Akibat COVID-19, Penumpang Transit di Hong Kong Terjebak!

  • Della Shafira Putri
  • 30 Jun 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong