Baca dalam 3 menit

Masyarakat India Ramai-ramai Unduh "Remove China Apps", Aplikasi Apa Sih Ini?

Waktu Publish : 02 Jun 2020, 20:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Masyarakat India Ramai-ramai Unduh `Remove China Apps`, Aplikasi Apa Sih Ini?

remove china apps - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Jakarta, Bolong. id - Aplikasi "Remove China" merupakan aplikasi yang mengklaim dapat mengidentifikasi aplikasi buatan Tiongkok di ponsel Android dan akan menghapusnya, aplikasi ini telah tersebar dan menjadi populer di India. Saat ini, aplikasi "Remove China" berada di posisi teratas daftar aplikasi gratis di Google Play. Aplikasi Remove China sudah ada di Google Play sejak tanggal 17 Mei 2020, dan aplikasi ini juga telah menerima ulasan positif dengan nilai sebesar 4,8 di Google Play Store.

Meningkatnya tingkat pengunduhan aplikasi ini terjadi pada saat sentimen Anti-Tiongkok meningkat di India, hal ini pertama-tama disebabkan oleh penyebaran pandemi COVID-19. Survei menunjukkan bahwa 67 persen orang India menganggap Tiongkok bertanggung jawab atas penyebaran pandemi COVID-19. Kemudian ditambah juga dengan permasalahan sengketa di perbatasan India-Tiongkok, juga masih banyak permasalahannya lainnya, sentimen negatif terhadap Tiongkok pun semakin panas di India.

Pencipta aplikasi "Remove China" mengklaim bahwa aplikasi ini “dikembangkan untuk tujuan pendidikan" dan memungkinkan pengguna untuk "mengidentifikasi" negara asal aplikasi tertentu yang diinstal pada ponsel Android mereka. Namun, faktanya aplikasi itu hanya mengidentifikasi aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok dan pengguna dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan aplikasi "Remove China". Aplikasi ini juga tidak memerlukan login atau pembuatan akun, pengguna dapat langsung memilih opsi "memindai" untuk mengidentifikasi aplikasi buatan Tiongkok yang ada di ponsel Androidnya.

Di Indonesia sendiri, meskipun penyebaran pandemi COVID-19 sudah meningkat hingga menyentuh angka 26.940 jiwa, tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan sentimen Anti-Tiongkok. Begitu pula dengan aplikasi asal Tiongkok yang justru banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sebagai contoh, game dari Tencent yaitu Arena of Valor dan PUBG MOBILE yang sangat digemari di tanah air.

Sumber : gadgets.ndtv.com

Banner Kanan
Logo follow bolong