Baca dalam 3 menit

Alocasia Jacklyn, Tanaman Hias yang Diprediksi Bakal Hit Dikalangan Pencinta Tanaman Hias.

Waktu Publish : 29 Jan 2021, 17:39 WIB
SHARE ARTIKEL

Alocasia Jacklyn, Tanaman Hias yang Diprediksi Bakal Hit Dikalangan Pecinta Tanaman Hias. - Image from Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silahkan hubungi kami.


Jakarta, Bolong.id -- Alocasia jacklyn sp. Sulawesi tampaknya akan jadi primadona baru di kalangan pecinta pecinta tanaman hias. Tanaman ini masuk menjadi kelompok keluarga talas-talasan.

Daunnya yang terlihat hijau mengkilat berhias urat-urat berwarna hitam, bulu-bulu halus di permukaan daun tidak akan Anda temukan di jenis Alocasia lain. Meski asli Indonesia, tanaman hias ini justru terbilang langka di negara asalnya.

"Alocasia jacklyn ke depan [popularitasnya akan] bagus. Itu barang satu-satunya, istilahnya di tempat lain belum pernah lihat Alocasia yang seperti itu, sangat menarik. Kacau aja masalahnya," ujar Noldy Topan, pegiat tanaman hias, saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, Selasa (26/1).

Tanaman hias ini mulai sulit dicari baik di pasaran tanaman hias maupun di habitat aslinya. Alocasia ini pertama kali ditemukan sekitar tiga bulan lalu di kawasan perbatasan Gorontalo dan Manado, Sulawesi Utara. Ujar Noldy.

Kemudian, tanaman hias ini mulai populer sejak diperkenalkan oleh pecinta tanaman hias asal Manado, Sulawesi Utara, Jacklyn. Tak heran namanya kemudian disematkan pada si jenis baru ini.

Noldy pun kali pertama berkenalan dengan Alocasia jacklyn dari perempuan Manado ini. Tak lama kemudian, lewat agen di Sulawesi, Noldy berhasil melacak dan menemukan Alocasia jacklyn di habitatnya.

"Orang sana susah. Saya sudah kumpulkan, buat perjanjian tanaman dijual ke saya. Kalau satu pintu, kita bisa setel harga, kita bisa promosi ke luar, harga bisa stabil," keluhnya.

Noldy mengatakan, banyak warga yang mengambil dan menjual Alocasia jacklyn sendiri secara mandiri. Tak tanggung-tanggung, peminatnya kebanyakan dari luar Indonesia. Akibatnya, stok di Indonesia menipis dan harga di pasaran rusak."Eksploitasi hutan terlalu gencar, sampai-sampai orang AS protes ke saya, kenapa enggak dijaga, gila semua pada cari Jacklyn. Yah, itu-lah Indonesia, karena ramai semua ikutan," imbuhnya.

Di pasaran lokal, harga Alocasia jacklyn umumnya berkisar di angka Rp1juta untuk ukuran kecil atau 2-3 daun. Pengalaman Noldy mengekspor, tanaman ini dibanderol Rp2 juta untuk satu pohon dengan 2-3 daun. Sejauh ini, permintaan datang dari AS juga Thailand.

Akan tetapi, Noldy optimistis Alocasia jacklyn bakal setenar rekannya seperti Monstera, Philodendron, juga Calathea. Apalagi Indonesia mulai dilirik negara-negara lain untuk urusan tanaman hias selain Thailand.

"Thailand memang sentranya tanaman hias dunia, semua patokannya dari sana, apa aja ada. Sekarang, Indonesia bisa bersaing, sudah bisa ekspor. Kalau dulu, dikumpulin di Thailand dulu," katanya.






Terkait

technology

Teknologi Hebat Tiongkok yang Digunakan di Indonesia 

  • Dian Aprilia
  • 21 Mar 2020

news

Bantuan Pencegahan COVID 19 Kloter Pertama Dari Tiongkok unt...

  • Edwin Adriaansz
  • 28 Mar 2020

news

Bantuan Alat Kesehatan dari Tiongkok Datang Lagi!

  • Edwin Adriaansz
  • 29 Mar 2020

news

Perbincangan Telepon Dari Hati ke Hati Antara Presiden Jokow...

  • Edwin Adriaansz
  • 02 Apr 2020

news

Xiao Qian, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Menulis Sebu...

  • Olivia Dian
  • 17 Apr 2020

news

Para Pemimpin Tiongkok dan Indonesia Bertukar Ucapan Selamat...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong