Baca dalam 3 menit

Uniknya Kaligrafi China, sampai Pablo Picasso Pernah Bilang Begini...

SHARE ARTIKEL

Yuk, Cari Tahu Tentang Kaligrafi China yang Indah! - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Kaligrafi Tiongkok adalah bentuk tradisional penulisan karakter dari bahasa Mandarin melalui lukisan. Ini tradisi Tiongkok selama berabad-abad.

Kaligrafi Tiongkok adalah seni mengubah karakter Han dalam bahasa Mandarin menjadi gambar melalui variasi tekanan dan kecepatan dari kuas Tiongkok  yang runcing. Seni ini menekankan ekspresi emosi sambil digunakan sebagai latihan mental bagi seorang seniman yang mengoordinasikan tubuh dan pikiran untuk memilih gaya terbaik dalam penyajian kaligrafi.

Dalam bahasa Inggris, "calligraphy" secara harfiah berarti "tulisan yang indah". Ini adalah salah satu seni tradisional Tiongkok dan bentuk tulisan yang menyatukan bahasa yang digunakan di Tiongkok. Seni ini pun biasanya terpajang di dinding kantor, toko, hotel, dan rumah di mana-mana.

Kaligrafi Tiongkok pun terkenal hingga mancanegara, bahwa Pablo Picasso, ahli seni yang terkenal di dunia, pernah mengungkapkan, "Jika saya pernah tinggal di Tiongkok, saya pasti menjadi seorang ahli kaligrafi daripada menjadi pelukis".

Contoh Kaligrafi China - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Sejarah Kaligrafi Tiongkok

Kaligrafi Tiongkok memiliki sejarah panjang selama dua ribu tahun. Ini adalah bentuk artistik yang unik dari kekayaan budaya Tiongkok dan mewakili seni Tiongkok. Seni ini juga terkenal sebagai jenis seni artistik paling kuno dalam sejarah dunia oriental.

Kaligrafi awalnya dimulai karena kebutuhan untuk mencatat ide dan informasi. Bentuk unik kaligrafi berkembang dan berasal dari Tiongkok, khususnya untuk penulisan karakter Han dengan menggunakan tinta dan kuas.

Selama lebih dari dua ribu tahun, cendekiawan Konfusianisme dan sastrawan yang juga melayani pemerintah sebagai pejabat telah menjadi penikmat dan praktisi seni ini. Para juru tulis di Tiongkok dan Mongolia mempraktikkan seni kaligrafi untuk menyalin teks-teks Buddha. Karena teks ini sangat dihormati, tindakan menyalinnya harus menggunakan kaligrafi yang indah dan dianggap memiliki efek pemurnian pada jiwa. Tindakan menyalin teks Buddhis ini dianggap dapat membawa juru tulis mendekati kesempurnaan.

Kaligrafi Tiongkok dan lukisan tinta juga sangat erat kaitannya, semuanya dilakukan dengan menggunakan alat dan teknik yang serupa, dan memiliki sejarah panjang bersama. Kaligrafi juga telah memicu perkembangan banyak bentuk seni di Tiongkok, termasuk ukiran segel, pemberat kertas hiasan, dan batu tinta.

Empat “Harta” dalam Kaligrafi Tiongkok

Empat Komponen dalam Membuat Kaligrafi China - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Empat komponen yang digunakan dalam penulisan tangan di Tiongkok kuno, juga dikenal sebagai 'empat harta studi' digunakan oleh para sarjana di seluruh Tiongkok kuno. Berikut adalah wawasan singkat tentang empat alat yang digunakan dalam pembuatan kaligrafi Tiongkok:

1. Kuas Menulis: Pegangan kuas Tiongkok terbuat dari kayu keras, gading, porselen, atau bambu, dengan bulu yang terbuat dari bulu kelinci, wol, bulu kuda, bulu serigala, rubah, dll.

Kuas Kaligrafi China - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

2. Kertas: Kertas ini harus memiliki tekstur yang halus dan daya serap yang tepat. Kertas glossy yang berkembang di zaman modern tidak bagus digunakan dalam menulis kaligrafi.

Kertas Kaligrafi China - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

3. Batang Tinta: Batang tinta adalah satu blok tinta kering. Bentuknya seperti kartu domino hitam besar dan digunakan oleh sebagian besar ahli kaligrafi. Namun, sekarang tinta botol yang sudah jadi dapat dibeli di toko buku.

Batang Tinta - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

4. Batu Tinta: Batu inta terbuat dari batu atau tembikar yang digunakan dalam kaligrafi Tiongkok dan lukisan untuk menggiling tinta kering dan mencampurnya dengan air.

Batu Tinta - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Terkait

culture

Uniknya Kaligrafi China, sampai Pablo Picasso Pernah

  • Aisyah Hidayatullah
  • 11 Nov 2020
Logo follow bolong