Baca dalam 3 menit

Memahami Fengshui dan Bagua China

Waktu Publish : 30 Jan 2021, 12:59 WIB
SHARE ARTIKEL


Dalam peta feng shui bagua, terdapat delapan sektor arah mata angin - Gambar diambil dari berbagai sumber segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Asal-usul Feng shui dapat ditelusuri kembali ke Tiongkok kuno. Istilah feng shui berusia lebih dari 4.000 tahun dan menggambarkan praktik yang menggunakan kekuatan energi untuk menyelaraskan individu dan lingkungan sekitarnya, menciptakan keseimbangan dengan alam dengan mengoreksi, memperbaiki, dan menarik energi positif.

"Feng" dan "shui" berarti "angin" dan "air" dalam bahasa China. Dasar feng shui adalah penerimaan dan keseimbangan qi, kekuatan hidup atau energi kehidupan. Ketika berbicara tentang manusia, qi dapat dilihat sebagai ruh individu. Melalui feng shui, qi yang mengelilingi kita menjadi dapat diakses oleh qi dalam tubuh kita, membiarkan energi internal kita mengalir melalui bantuan sumber energi eksternal. Sebagai contoh, ketika Anda melengkapi apartemen Anda menurut feng shui, Anda membiarkan energi mengalir dengan bebas ke seluruh ruangan, meningkatkan getaran di ruangan Anda dan, pada gilirannya, meningkatkan kesejahteraan pribadi Anda.

Meskipun kalkulasi bergantung pada tempat Anda tinggal, ada beberapa pedoman umum yang dapat Anda ikuti jika Anda ingin mengundang qi positif ke dalam rumah Anda. Menurut feng shui, saat mendekorasi rumah, ruangan atau taman Anda, Anda bisa menggunakan bagua, alat yang ampuh untuk menganalisis energi dalam suatu ruang. Kisi skematiknya membantu pembagian, penggunaan, dan perlengkapan yang ideal di setiap ruangan. Dilansir CGTN pada Jumat (29/01/2021).

Bagua - Image from wikipedia

Pa Kua (八卦;Ba Gua) adalah delapan diagram atau simbol yang merupakan dasar sistem kosmogoni dan falsafat Tiongkok kuno. Dilihat dari asal katanya, "Ba" berarti delapan, sedangkan "Gua" adalah trigram (tiga garis). Setiap Gua terdiri dari tiga simbol Yao. Simbol Yao melukiskan bentuk Yin atau Yang.

Bagua membagi ruang menjadi beberapa zona, masing-masing sesuai dengan bidang kehidupan yang berbeda: karier, teman, anak, kemitraan, ketenaran, kekayaan, keluarga, dan pengetahuan. Di tengah adalah tai chi, yang melambangkan bumi dan energi positif yang dapat kita peroleh.

Masing-masing zona ini dapat ditingkatkan atau diperkuat melalui warna atau item furnitur tertentu. Anda juga harus memperhatikan lima elemen feng shui: kayu, api, tanah, logam, dan air.

Pada prinsipnya, peta energi bagua ditempatkan di atas denah lantai rumah atau taman, dan setiap kamar ditempatkan ke zona yang berbeda. Masing-masing dari delapan area feng shui- bagua memiliki elemen feng shui, warna, dan ruang hidup tertentu yang terkait dengannya. Pintu masuk selalu terkait dengan karir, pengetahuan, atau zona pertemanan.

Karir tidak hanya berarti kesuksesan profesional, tetapi juga untuk jalur kehidupan. Itulah mengapa warna cerah dan jernih menguntungkan, dan biru sangat populer. Kemitraan melambangkan hubungan antarpribadi dan, oleh karena itu, bergantung pada bentuk lembut dan tekstil lembut. Dari segi warna, area ini dijaga dalam nuansa kuning, putih, atau merah muda. Teman melambangkan dukungan dan perlindungan dan, menurut praktik feng shui, dapat ditingkatkan melalui warna-warna metalik, seperti perak, emas, atau abu-abu, tetapi juga putih dan hitam.

Dalam feng shui, keluarga melambangkan nenek moyang dan orang tua serta vitalitas dan pergerakan. Warna-warna yang digunakan di zona ini bermacam-macam corak hijau. Anak tidak hanya mewakili keturunan tetapi juga melambangkan kreativitas dan imajinasi. Inilah mengapa zona ini juga cocok untuk belajar atau bekerja. Kekayaan - secara finansial maupun spiritual - ditingkatkan dengan warna merah, tetapi juga melalui beberapa nuansa hijau, menurut filosofi feng shui.

Dalam feng shui, ketenaran terkait dengan dampak eksternal seseorang. Anda dapat mendorong hal ini dengan menggunakan warna oranye dan merah di zona ini sambil menjaga ruangan Anda tetap terang.

Menurut filosofi Tiongkok, pengetahuan berarti ketenangan, kebijaksanaan, keandalan, dan stabilitas. Rona hijau, serta kuning dan coklat, memperkuat zona ini, yang, secara ideal, harus berorientasi ke timur laut.

Tai chi berada di tengah peta energi bagua dan melambangkan kesehatan dan keseimbangan. Ini mewakili bumi dan energi positif yang dapat kita peroleh dari planet ini. Warna yang memastikan harmoni di sini adalah warna kuning dan oker. (*)

[Alifa Asnia/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

Terkait

Culture

5 Tips Fengshui untuk Rumah Supaya Lancar Rezeki

  • Lupita
  • 29 Dec 2020

lifestyle

Ramalan Shio Tikus 2021, Ada Harapan Baru

  • Lupita
  • 04 Jan 2021

lifestyle

Warna Keberuntungan 12 Shio di Tahun 2021

  • Lupita
  • 05 Jan 2021

lifestyle

Ramalan Feng Shui Tahun Kerbau Logam 2021, Ini 3 Zodiak yang...

  • Lupita
  • 11 Feb 2021

culture

Ini Dia Ramalan 12 Shio Di Tahun 2021, Cek Punyamu!

  • Edwin Adriaansz
  • 11 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong