Baca dalam 4 menit

Inilah Es Krim Sam Pek Eng Tay, Rp 40 Ribu

Waktu Publish : 04 Jul 2020, 00:46 WIB
SHARE ARTIKEL

Es Krim Xi'an City Wall - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Ada es krim unik di Tiongkok. Es krim ini terinspirasi oleh landmark dari tempat-tempat wisata atau legenda kuno yang terkait dengan kota tertentu. Seperti apa ya kira-kira bentuk es krimnya?

Di kota Hanzghou, situs warisan dunia UNESCO yaitu Danau Barat menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Es krim yang disajikan di danau ini merepresentasikan legenda Tiongkok tentang kisah cinta tragis antara Liang Shanbo (梁山伯) dan Zhu Yingtai (祝英台) atau yang biasa dianggap sebagai kisah Romeo dan Juliet versi Tiongkok.

Di Indonesia, kisah ini lebih dikenal dengan Sam Pek Eng Tay. Es krim ini memiliki bentuk sepasang kekasih yang terpisah oleh jembatan, dikatakan jembatan di es krim tersebut adalah jembatan di Danau Barat.

Bentuk es krim lain yang hadir di danau ini adalah bentuk “Three Pools Mirroring the Moon”, yang merepresentasikan salah satu pemandangan terbaik di lokasi ini selama liburan musim panas. Harga es krim di Danau Timur ini berkisar antara 20 hingga 35 yuan, atau 40 hingga 70 ribu rupiah.

Es Krim Liang Shanbo dan Zhu Yingtai di Danau Barat Hangzhou - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Es krim tembok kota Xi’an yang megah atau Yongning Gate juga menjadi salah satu bentuk es krim yang disajikan di kota barat laut Provinsi Shaanxi ini. Terdapat beberapa pilihan rasa, yaitu mangga, coklat, dan matcha. Harganya juga tidak jauh berbeda dengan es krim di Danau Timur, 25 yuan atau sekitar 50 ribu.

Es Krim Yongning Gate Xi'An - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Di ibu kota provinsi Yunnan, Kunming, es krim berbentuk bunga jacaranda menjadi favorit sejak awal peluncuran pertama es krim ini selama liburan May Day. Rasa es krim juga bervariasi, hadir dalam rasa blueberry, susu, dan anggur.

Es Krim Jaracanda di Yunnan, Kunming - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Gua Mogao di Dunhuang, provinsi Gansu juga meluncurkan koleksi es krimnya. Uniknya, bukan hanya es krim yang dijual, stik es krim pun dijual lho! Stik es krim yang sudah dipakai digunakan kembali setelah dicuci bersih, lalu dihiasi dengan gambar lukis tangan yang terinspirasi dari mural-mural kuno di situs-situs bersejarah kota ini, seperti Gua Mogao, Danau Bulan Sabit, dan Pagoda bertingkat sembilan. Setelah selesai digambar, stik es krim dapat digunakan kembali sebagai pembatas buku yang unik.

Stik Es Krim Pembatas Buku di Dunhuang, Gansu - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Di Slender West Lake, Yangzhou, Provinsi Jiangsu juga merilis es krim berbentuk jembatan yang terinspirasi oleh Jembatan Wuting, sebuah situs populer di tempat wisata ini. Bagaimana? Unik-unik sekali bukan? Jadi sayang kalau dimakan...

Es Krim Slender West Lake, Yangzhou, Jiangsu - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.




Terkait

culture

Homestay Bergaya Etnik Tingkatkan Pariwisata Guangxi

  • Della Shafira Putri
  • 15 Jul 2020

culture

Wisata Favorit Masyarakat Beijing yang Bisa Jadi Inspirasi!

  • Della Shafira Putri
  • 13 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong