Baca dalam 3 menit

Lagi, India Akan Larang 47 Aplikasi Tiongkok Termasuk Mi Browser dan Baidu

SHARE ARTIKEL

Gerai Xiaomi di India -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir dari Tencent News, Juni lalu, Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India melarang 59 aplikasi ponsel Tiongkok dengan alasan "kedaulatan dan keamanan nasional terancam."

Baru-baru ini, kementerian tersebut memberlakukan lagi larangan penggunaan 47 aplikasi, termasuk Mi Browser dan Baidu.

Namun, sebuah sumber mengatakan pemerintah India belum mengumumkan keputusan terbaru, sehingga tidak jelas aplikasi mana yang benar-benar dilarang penggunaannya di India.

Reuters, Kamis (6/8/20) mengatakan, hal ini merupakan langkah terbaru India untuk menindak perusahaan Tiongkok sejak konfrontasi perbatasan Sino-India. Terkait hal ini, Xiaomi mengatakan mereka sedang mempelajari perkembangan dan akan mengambil tindakan yang sesuai. Sementara pihak Baidu menolak berkomentar.

Hal ini cukup disayangkan, karena ponsel Xiaomi adalah merek terlaris di pasar smartphone India, dengan hampir 90 juta pengguna. Mi Browser sendiri merupakan aplikasi pra-instal smartphone tersebut. Menurut Reuters, larangan yang disebutkan di atas adalah bagian dari "serangan balik" India terhadap dominasi Tiongkok di pasar layanan Internet negara itu. (*)

Terkait

international

Lagi, India Akan Larang 47 Aplikasi Tiongkok Termasu

  • Della Shafira Putri
  • 07 Aug 2020
Logo follow bolong