Inovasi Unik Kue Bulan Festival Pertengahan Musim Gugur 2020

logo clock 4 Menit logo clock 06-09-2020, 11:25

Kue Bulan - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id - Kue bulan, suguhan musiman yang disajikan oleh keluarga dan teman selama Festival Pertengahan Musim Gugur di Tiongkok, yang tahun ini akan diadakan pada 1 Oktober mendatang.

Pembuat kue bulan lama dan pendatang baru, kini mulai berinovasi dengan dengan bahan-bahan baru dan desain mewah untuk memikat pelanggan. Liburan Festival Pertengahan Musim Gugur tahun ini terasa spesial. Pasalnya, baru kali ini masyarakat merayakan Festival tersebut di tengah pandemi COVID-19, demikian laporan dari China Daily, Sabtu (5/9/20).

Sudah banyak iklan kue bulan yang mulai muncul sejak Agustus lalu di supermarket, toko serba ada, dan media sosial yang menonjolkan rasa baru, bahan khusus, dan kemasan istimewa.

Isi kue bulan tradisional seperti pasta biji teratai dengan kuning telur untuk kue bulan gaya Kanton. Serta isian umum lainnya seperti pasta kacang manis, pasta jujube, dan "lima biji" (campuran kenari, kacang tanah, biji wijen, almond, dan biji bunga matahari), kini bukan satu-satunya isian kue bulan yang populer.

Tahun 2020 ini, Xinya Cantonese Restaurant, yang produk kue musimannya populer di Shanghai mempromosikan kue bulan dengan isian ikan tuna mustard dan pasta ikan basa lada hijau Sichuan.

Tak mau kalah, Kam Wah Cafe & Bakery, sebuah perusahaan roti di Hong Kong, membuat bahan pengganti daging nabati untuk isian kue bulan. Daging ini dibuat dari ekstrak protein tumbuhan, seperti kedelai dan kacang-kacangan lainnya.

Perusahaan roti ini juga telah bergabung dalam kemitraan dengan produsen "daging" nabati, Starfield, untuk memproduksi dua kue bulan dengan isian unik, truffle mawar hitam dan jamur matsutake dengan daging buatan.

Pagoda, ritel buah yang memiliki 4 ribu gerai di Tiongkok, juga telah mengikuti ‘perlombaan’ produk kue bulan. Pagoda memproduksi kue bulan yang menggunakan bahan-bahan sehat. Perusahaan ini mengklaim kue bulannya tidak memiliki pewangi dan pewarna buatan, serta menggunakan pati antioksidan untuk menggantikan pengawet.

Lain halnya dengan Taste Back. Startup makanan ringan di Shenzhen, Provinsi Guangdong ini telah mempromosikan kue bulan besar yang terinspirasi dari pancake tradisional besar dan tipis yang populer di provinsi Fujian.

Selain rasa, desain adalah hal yang dipromosikan dalam ‘kompetisi’ kue bulan ini. Xinghualou, misalnya. Produsen kue tradisional di Shanghai ini, bermitra dengan Palace Museum (Kota Terlarang) untuk meluncurkan kotak kue bulan yang unik. Kotak kue bulan edisi terbatas ini menampilkan gambar lukisan panjang Dinasti Qing.

Sedangkan Haagen-Dazs, yang sudah memasuki pasar kue bulan dengan produk kue bulan es krimnya sejak 22 tahun lalu, kini bekerja dengan museum Spanyol Casa Batllo untuk menggunakan desain modernis dari mosaik karya arsitek Antoni Gaudi pada kotak untuk set kue bulannya. (*)


Penulis : Della Shafira Putri
Editor : Nurul Diah

Terkait

8 Legenda Hua Mulan (Pernah Akan Dijadikan Selir, Lho!)

 

logo clock 27-10-2020, 11:04
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Pameran Rayakan Weiqi dan Pertukaran Sino-Jepang

 

logo clock 27-10-2020, 10:50
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Film Perang Klasik China dalam Versi 4K

 

logo clock 27-10-2020, 10:46
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

7 Fakta Fujian Tulou, Destinasi Wisata Sejarah ala Suku Hakka di China

 

logo clock 27-10-2020, 10:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Sebutan Negara di Asia dalam Bahasa Mandarin, Sudah Tahu?

 

logo clock 27-10-2020, 10:27
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral