Baca dalam 5 menit

Kostum Hanfu Ngetop di TikTok

Waktu Publish : 29 Apr 2021, 14:44 WIB
SHARE ARTIKEL

Pencinta Hanfu mengenakan hanfu, pakaian tradisional kelompok etnis Han pada Festival Hanfu 2020 di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, 22 November 2020.- Image from Global Times

Beijing, Bolong.id - Gaun hanfu, pakaian tradisional Tiongkok kini populer. Menurut pengamat, gaun itu simbol kepercayaan nasional Tiongkok.

Dilansir dari Global Times (25/04) Tagar fashion Chinese street fashion sejauh ini telah ditonton 1,2 miliar kali di TikTok, sedangkan topik hanfu telah ditonton lebih dari 300 juta kali.

Kostum tradisional yang dibuat dengan indah telah sangat menarik banyak orang di luar negeri, yang menggunakan platform media sosial untuk bertanya di mana mereka dapat membeli hanfu berkualitas, dan banyak yang menunjukkan minat yang kuat untuk bergabung dalam tren hanfu di TikTok.

Dalam video hit tersebut, beberapa blogger yang mengenakan hanfu memerankan adegan lucu pendek dan kemudian memperkenalkan kosmetik dan pakaian dari berbagai dinasti Tiongkok.

Tangyuanjiejie, seorang blogger hanfu, mengatakan kepada Global Times pada hari Minggu bahwa sebagian besar videonya yang menampilkan hanfu di Douyin, TikTok versi Tiongkok, telah dipindahkan ke TikTok. Dia berkata bahwa dia sangat senang karena hanfu membuat gelombang di luar negeri.

"Saya telah mempopulerkan hanfu selama lebih dari sembilan tahun, dan berencana mengadakan beberapa kegiatan di luar negeri untuk mempromosikan unsur budaya di balik hanfu kepada penggemar asing," katanya.

Pada tahun 2008, video pendek Tangyuanjiejie yang mengenakan pakaian Dinasti Tang (618-907) makan tangyuan, makanan ringan tradisional Tiongkok yang manis, menjadi viral di media sosial Tiongkok. Cuplikan itu juga berhasil masuk ke beranda forum internet di AS.

Chen Ningxi, seorang blogger hanfu yang memiliki 150.000 pengikut di Douyin, mengatakan kepada Global Times pada hari Minggu bahwa hanfu telah menjadi simbol budaya tradisional Tiongkok dan kepercayaan budaya Tiongkok.

"Secara pribadi saya bisa merasakan kebangkitan budaya Tionghoa. Lebih banyak orang, terutama anak muda, mengikuti tren budaya tradisional Tionghoa. Saya bahkan melihat orang-orang mengenakan hanfu di sebuah lembah kecil di kampung halaman saya di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok Selatan," kata Chen.

Seorang fotografer paruh waktu, yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Global Times pada hari Minggu bahwa banyak fotografer memotret foto mode jalanan di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, kawasan hiburan Beijing Sanlitun, dan blok mode Shanghai Xintiandi.

Pencinta Hanfu mengenakan hanfu, pakaian tradisional kelompok etnis Han pada Festival Hanfu 2020 di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, 22 November 2020. - Image from Global Times

Selain fashion jalanan, beberapa video tentang fashion show hanfu, termasuk yang debutnya pada Shanghai Fashion Week 2021, juga menjadi viral secara online.

“Kedepannya fashion show tentang hanfu akan menjadi jamuan bagi para model dengan berbagai bentuk tubuh dan usia serta baik orang yang kurus maupun montok bisa menunjukkan kecantikannya dengan memakai hanfu,” kata Chen.

"Dari blogger budaya Tiongkok Li Ziqi hingga hanfu TikTok, tren ini telah menjadi sangat populer di luar negeri karena berbagai mode yang indah sangat segar bagi penonton di luar negeri. Para blogger membantu mengungkap Timur yang misterius kepada penonton asing," Zhang Yiwu, seorang profesor budaya studi di Universitas Peking, mengatakan kepada Global Times pada hari Minggu.

"Di masa depan, orang mungkin memakai hanfu di banyak kesempatan seperti orang Jepang yang memakai kimono. Orang mungkin melihatnya seperti biasa," kata Zhang.(*)



Terkait

culture

10 Fakta tentang Pakaian Tradisional China, Aksesori Simbol ...

  • Lupita
  • 02 Nov 2021

lifestyle

Xiao Chengzi, Tiktoker China yang Suka Cosplay Baju China Ku...

  • Lupita
  • 07 Sep 2021

culture

Kebiasaan Orang China Kuno Menaruh Barang di Lengan Baju, Ba...

  • Lupita
  • 01 Aug 2021

culture

Gaun Hanfu Ribuan Tahun Lalu Ngetren Lagi

  • Lupita
  • 26 Jun 2021

lifestyle

POTRET: Wisatawan Menikmati Bunga di Taman Persik di Hebei

  • Lupita
  • 06 Apr 2021

culture

Festival Lishan, Aneka Bunga Mekar di Tepian Sungai Yangtze

  • Lupita
  • 23 Mar 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong