Baca dalam 3 menit

Media Massa Barat Ikut Prihatin terhadap Banjir di Henan

Waktu Publish : 23 Jul 2021, 12:29 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Banjir bandang di Henan - Image from China Daily

Beijing, Bolong.id - Sejak Sabtu (17/7/21) Provinsi Henan, Tiongkok hujan lebat terus-menerus. Media massa asing di sana, juga netizen asing ikut berdoa untuk keselamatan melalui platform online.

Dilansir dari China New, Kamis (22/7/2021), Bloomberg mencatat bahwa para pemimpin Tiongkok menggambarkan situasi pengendalian banjir di Provinsi Henan sebagai "sangat parah" dan menuntut agar pengendalian banjir dan pekerjaan bantuan bencana dilakukan dengan baik.

Bloomberg mengatakan banjir juga mengancam manufaktur dan produksi makanan Henan, tetapi sejauh ini, dampaknya terhadap industri manufaktur terbatas.

Reuters melaporkan bahwa Kota Zhengzhou mengalami hujan lebat dan sebagian besar kota terendam banjir. Sekitar 100.000 penduduk Kota Zhengzhou segera dievakuasi, dan ribuan tentara berpartisipasi dalam pekerjaan penyelamatan di provinsi tersebut.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa sejumlah perusahaan Tiongkok, perusahaan asuransi dan bank milik negara telah memberikan total sekitar RMB 1,935 miliar (Rp4,3 triliun rupiah) dalam bentuk donasi dan bantuan darurat kepada pemerintah daerah Provinsi Henan.

Kantor Berita Satelit Rusia mengeluarkan beberapa laporan berturut-turut untuk melacak dan melaporkan bencana dan kemajuan penyelamatan secara komprehensif.

Menurut laporan, lebih dari 3.200 tentara, petugas polisi bersenjata dan militer dikirim untuk menyelamatkan dan menyelamatkan bencana secara bersamaan di 10 wilayah; Tencent, Alibaba, ByteDance, Meituan dan lebih dari 20 perusahaan terkenal menyumbangkan ratusan juta yuan untuk membantu Henan.

CNN mengutip video yang dirilis oleh Departemen Meteorologi Zhengzhou bahwa curah hujan per jam dan curah hujan harian dari hujan lebat ini memecahkan rekor sejarah 60 tahun Biro Meteorologi Zhengzhou sejak stasiun itu didirikan pada tahun 1951.

"Wall Street Journal" AS mengutip analisis para ahli dan menunjukkan bahwa urbanisasi dan perubahan iklim telah membuat dampak peristiwa cuaca ekstrem lebih merusak.

Banyak netizen asing yang juga memperhatikan keseriusan bencana di Henan, bersorak untuk Henan di media sosial dan berdoa untuk keselamatan orang-orang yang terkena bencana. Seorang netizen Korea berkata: "Hujan banyak di Tiongkok sekarang... banjirnya mengerikan, semua orang harus berhati-hati ...".

Netizen Jepang lainnya berkata: "Ayo, Henan! Semoga semuanya aman! Saya harap orang-orang yang pergi membantu akan aman juga.” (*)

BACA JUGA


Terkait

news

Hujan Deras Setengah Bulan, Rusak Wilayah Qixian

  • Djono W. Oesman
  • 16 Oct 2021

news

15 Tewas 3 Hilang Diterjang Hujan Badai di Shanxi

  • Djono W. Oesman
  • 13 Oct 2021

news

Shanxi Banjir, 120.000 Orang Dievakuasi

  • Lupita
  • 11 Oct 2021

news

Banjir Parah di Kabupaten Qixian Provinsi Shanxi

  • Visco Joostensz
  • 08 Oct 2021

news

80.000 Orang Terdampak banjir di Shaanxi

  • Djono W. Oesman
  • 20 Sep 2021

technology

Cegah Banjir, China Kembangkan Proyek Pemeliharaan Air Berte...

  • Lupita
  • 11 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong