SERU... Debat Trump v Biden, Soal Tunggakan Pajak, Trump Ngeles

logo clock 11 Menit logo clock 30-09-2020, 11:18

Suasana debat Capres Amerika Trump vs Biden - Image from AP/Morry Gash

Washington, Bolong.id - Debat Capres Amerika antara Donald Trump melawan Joe Biden digelar Selasa (29/9/20) waktu setempat atau Rabu (30/9/20) WIB. Ada tiga kali debat Capres, dan satu kali debat Cawapres, Mike Pence (pasangan Trump) melawan Kamala Harris (pasangan Biden). Digelar dalam waktu dan tempat berbeda.

Dikutip dari Voice of America (VoA), Rabu (30/9/20) demikian kronologi debat antara Trump melawan Biden. VoA melaporkan kronologi waktu mundur:

Pukul 22:20 waktu setempat

Presiden Donald Trump menjawab pertanyaan dari moderator Chris Wallace tentang apakah dia bersedia mengutuk supremasi kulit putih dan kelompok militer.

Trump menjawab: "Saya akan mengatakan hampir semua yang saya lihat adalah dari sayap kiri, bukan sayap kanan," jawabnya. "Saya bersedia melakukan apa saja. Saya ingin melihat kedamaian."

Ketika didesak lebih jauh, Trump berkata, “Kamu ingin memanggil mereka apa? Beri aku nama. Beri aku nama? ”

Akhirnya, Trump berkata, “Proud Boys - Mundur, bersiaplah, tapi saya akan beri tahu Anda, seseorang harus melakukan sesuatu tentang Antifa dan kiri karena ini bukan masalah sayap kanan. … Ini adalah masalah sayap kiri. "

Pengikut Antifa telah muncul di protes anti-rasisme, tetapi ada sedikit bukti di balik klaim Partai Republik bahwa anggota antifa yang harus disalahkan atas kekerasan pada protes tersebut.

22:15

Presiden Donald Trump dan Wakil Presiden Joe Biden berusaha keras memenangkan pemilih kulit hitam dalam pemilihan mendatang, dengan Biden secara mengejek berkata: "Orang ini, orang ini adalah penyelamat orang Afrika-Amerika? Orang ini hampir tidak melakukan apa-apa."

Biden mengatakan bahwa 1 dari 1.000 orang Afrika-Amerika telah meninggal karena virus korona, dan jika Trump tidak melakukan sesuatu dengan cepat, itu akan menjadi 1 dari 500.

Trump mengubah diskusi dari COVID-19 ke undang-undang kejahatan yang disahkan pada tahun 1994 yang Biden bantu tulis dan disahkan, antara lain, meningkatkan hukuman untuk pelanggaran narkoba tertentu.

Trump berkata, "Saya membiarkan orang keluar dari penjara sekarang," dan menegaskan bahwa Biden telah memperlakukan komunitas kulit hitam "sama buruknya dengan siapa pun di negara ini."

22:10

Presiden Donald Trump dan Joe Biden saling berdebat tentang kerabat satu sama lain.

Sementara Biden membuat poin selama debat presiden pertama di Cleveland tentang kesepakatan perdagangan pemerintahan Trump dengan China yang tidak memiliki efek yang diinginkan, Trump melompat masuk. Dia menghidupkan kembali klaim masa lalu tentang putra mantan wakil presiden Hunter yang bekerja di luar negeri.

Trump mengatakan, Hunter Biden meraup jutaan untung dari China dan kepentingan luar negeri lainnya, tuduhan yang telah berulang kali dibantah.

Biden membalas, "Semua itu tidak benar." Dia kemudian menambahkan tentang Trump, "Keluarganya, kita bisa berbicara sepanjang malam."

Trump menyela untuk menanggapi bahwa anak-anaknya melepaskan pekerjaan yang menguntungkan untuk bergabung dengan pemerintah dan "membantu orang".

Seketika, moderator Chris Wallace memohon, "Tuan Presiden, tolong berhenti" mencoba memulihkan ketertiban di atas panggung.

Biden kemudian berpaling ke kamera dan berbicara kepada penonton secara langsung, sesuatu yang sering dia lakukan pada Selasa malam itu. "Ini bukan tentang keluarga saya atau keluarganya," kata Biden. "Ini tentang keluargamu."

22:05

Presiden Donald Trump tidak akan mengatakan kapan dia akhirnya akan mengumumkan pajak pribadinya seperti yang telah lama dia janjikan.

Selama debat presiden pertama pada hari Selasa, Trump ditanya secara khusus tentang sebuah laporan di The New York Times yang mengungkapkan bahwa dia hanya membayar USD750 dalam pajak penghasilan pribadi setiap tahun itu.

Semua presiden kecuali Trump telah mengumumkan pajak mereka secara terbuka sejak kepresidenan Richard Nixon.

Trump telah mengatakan sejak 2016 bahwa dia pada akhirnya akan membebaskan mereka. Tetapi ketika ditanya oleh moderator Chris Wallace kapan, dia hanya berkata: "Anda akan bisa melihatnya."

Biden dengan cepat menggunakan hal itu sebagai titik serangan, dengan mengatakan Trump "memang memanfaatkan kode pajak" dan "membayar pajak lebih sedikit daripada seorang guru sekolah."

Trump mengabaikan serangan itu, mengatakan bahwa semua pemimpin bisnis melakukan hal yang sama "kecuali mereka bodoh".

22.00

Presiden Donald Trump dan Demokrat Joe Biden menunjukkan pendekatan yang sangat berbeda selama debat presiden pertama mereka di Cleveland.

Trump bersikap agresif terhadap Biden pada hari Selasa (29/9/20), menyela mantan wakil presiden Biden dan berulang kali dimarahi oleh moderator debat Chris Wallace dari Fox News untuk tetap berpegang pada aturan yang telah disetujui oleh kedua kampanye.

Biden mengambil pendekatan yang lebih pribadi. Beberapa kali selama debat, Biden menyampaikan komentarnya kepada "kalian di rumah" yang menonton di televisi saat dia melihat langsung ke kamera.

21.50

Presiden Donald Trump mengatakan dia "tidak memiliki efek negatif" dari kampanye besar-besaran dengan ribuan peserta yang tidak mematuhi rekomendasi jarak sosial di tengah pandemi virus korona yang sedang berlangsung.

Trump mengatakan selama debat Selasa malam melawan Demokrat Joe Biden bahwa dia pikir topeng "baik-baik saja," mengeluarkan satu dari sakunya dan berkata, "Saya memakai topeng saat diperlukan."

Tapi Trump juga membual bahwa dia menarik "35 sampai 40.000 orang" pada kampanye kampanyenya, mengatakan dia membawa banyak orang ke acara luar ruangan "karena orang ingin mendengar apa yang saya katakan." Trump menggambarkan peristiwa jarak sosial Biden sebagai urusan yang tidak penting di mana Demokrat "memiliki tiga orang di suatu tempat."

Mantan calon presiden dari Partai Republik, Herman Cain, yang menghadiri salah satu rapat umum Trump pada bulan Juni tanpa mengenakan topeng atau jarak sosial, dinyatakan positif virus corona sembilan hari setelah rapat umum dan meninggal sebulan kemudian. Baik Trump maupun Biden tidak menyebutkannya.

Biden telah mengadakan acara kampanye yang lebih kecil, mengharuskan hadirin untuk menyebar dan kadang-kadang duduk di lingkaran yang direkatkan. Menyebut Trump "sama sekali tidak bertanggung jawab" dalam mengelola COVID-19, Biden mengatakan presiden "bodoh dalam hal ini" dan mengatakan Trump hanya khawatir tentang masker untuk kepentingan melindungi kesehatannya sendiri, bukan orang lain.

21.35

Debat kepresidenan pertama antara Presiden Donald Trump dan Joe Biden telah dimulai dengan awal yang kontroversial, terhenti setelah beberapa saat dengan Trump menyela Biden pada beberapa kesempatan dan Biden menyebut presiden itu badut dan pembohong.

Ketika diskusi tentang Mahkamah Agung dengan cepat beralih ke COVID-19, Trump mengklaim tanpa bukti bahwa 2 juta orang akan mati jika Biden menjadi presiden.

Moderator Chris Wallace memohon kepada Trump, menyatakan bahwa COVID-19 akan dibahas kemudian hari. Dia kemudian bertanya kepada Trump tentang apakah dia memiliki rencana untuk menggantikan Undang-Undang Perawatan Terjangkau, dan presiden berkata, "Pertama-tama, saya kira saya memperdebatkan Anda, bukan dia, tapi tidak apa-apa. Saya tidak terkejut."

Biden menertawakan pukulan Trump. Tapi terkadang dia juga terlihat kesal.

"Begini kesepakatannya, faktanya semua yang dia katakan sejauh ini hanyalah kebohongan," kata Biden. "Aku di sini bukan untuk mengungkapkan kebohongannya. Semua orang tahu dia pembohong."

Wallace meminta Trump untuk membiarkan Biden menyelesaikannya. "Teman-teman, apa kau tahu apa yang dilakukan badut ini?" Kata Biden.

21.25

Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan dia adalah pemimpin partainya.

Biden membuat komentar itu selama debat Selasa malam setelah Presiden Donald Trump menuduhnya mendukung penghapusan asuransi swasta.

Biden mencatat bahwa dia memenangkan nominasi Partai Demokrat sebagian dengan menentang perawatan kesehatan pembayar tunggal yang dicari banyak pesaingnya. Mantan wakil presiden itu malah mengusulkan perluasan Undang-Undang Perawatan Terjangkau untuk memberikan opsi publik yang dapat dibeli orang.

Trump menjawab bahwa Demokrat masih ingin menghapus asuransi kesehatan swasta dan menyarankan partai tersebut akan memaksa Biden untuk melakukan penawarannya.

"Pesta saya adalah saya," jawab Biden. "Saat ini, saya Partai Demokrat."

21.20

Pertarungan pertama untuk Presiden Donald Trump dan calon dari Partai Demokrat Joe Biden adalah tentang bentrokan mengenai hak prerogatif presiden untuk mendorong calon Mahkamah Agung tahun pemilihan.

Trump mengatakan dalam debat Selasa malam di Cleveland bahwa Partai Republik "memenangkan pemilihan dan karena itu kami memiliki hak untuk memilih" Amy Coney Barrett sebagai pengganti mendiang Hakim Ruth Bader Ginsburg.

Trump menambahkan bahwa dia merasa Demokrat "bahkan tidak akan berpikir untuk tidak melakukannya" jika diberi kesempatan untuk mencalonkan hakim hanya dalam beberapa minggu sampai pemilihan.

Biden dan Demokrat lainnya telah mengecam pencalonan Trump sebagai hakim baru, mengingat penolakan Partai Republik untuk mempertimbangkan pemilihan Presiden Barack Obama setelah kematian Antonin Scalia tahun 2016. Namun, Biden tidak menyebutkan itu selama debat.

Biden mengatakan bahwa Barrett tampak seperti "orang yang sangat baik" tetapi pencalonannya setelah "puluhan ribu orang telah memberikan suara" mengganggu.

21.00

Presiden Donald Trump dan Demokrat Joe Biden bertatap muka dalam debat presiden pertama mereka, momen paling penting sejauh ini dalam pemilu yang menghidupkan pandemi bersejarah, kerusuhan rasial, dan ekonomi yang berantakan.

Keduanya bertemu Selasa malam di Cleveland. Ini adalah peluang utama bagi Trump untuk meningkatkan posisinya dalam perlombaan yang menurut jajak pendapat tetap tidak berubah. Bagi Biden, debat menawarkan kesempatan untuk menunjukkan kemantapan yang menurutnya dibutuhkan bangsa berbeda dengan perpecahan Trump.

Biden menyambut Trump ke atas panggung, berkata, "Bagaimana kabarmu, Bung?"

Topiknya adalah catatan calon, Mahkamah Agung, pandemi virus corona, ekonomi, "ras dan kekerasan di kota kita", dan integritas pemilu.

Yang menjadi masalah adalah pandemi virus korona yang telah menewaskan 205.000 orang Amerika dan merugikan negara jutaan pekerjaan. Pemungutan suara lebih awal sedang berlangsung di banyak negara bagian, dengan pemilihan 35 hari lagi. (*)

Penulis : Djono W. Oesman
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

5 Fakta Tentang Dual Circulation, Konsep Ekonomi Baru China

 

logo clock 30-10-2020, 21:30
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Hari Kota Dunia 2020 Fokus pada Kerja Komunitas

 

logo clock 30-10-2020, 14:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kedubes China di Makedonia Utara Sumbang Tablet untuk Pelajar

 

logo clock 30-10-2020, 14:03
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

WHO: Pandemi COVID-19 Masih Jauh dari Selesai

 

logo clock 30-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Sistem Ekonomi China Lebih Terbuka, Lima Tahun ke Depan

 

logo clock 30-10-2020, 12:58
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral