Baca dalam 5 menit

Wulingyuan, Pemandangan Alam Paling Unik se-Dunia

Waktu Publish : 09 Oct 2021, 09:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Wulingyuan - Image from Xinhua

Wulingyuan, Bolong.id - Wisatawan yang suka pemandangan alam, datanglah ke Wulingyuan, Provinsi Hunan, Tiongkok tengah. Indah - unik luar biasa. Sampai dinobatkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia UNESCO,1992.

Luas Wulingyuan 264 km persegi. Mencakup tiga bagian: Cagar Hutan Nasional Zhangjiajie, daerah Suoxi Brook dan daerah Gunung Tianzi.

Topografinya bukit-bukit batu pasir, terdiri dari 3.103 puncak yang aneh, banyak yang tingginya lebih dari 400 meter.

Di antara puncaknya terdapat jurang dan ngarai dengan aliran sungai, kolam dan air terjun, dan sekitar 40 gua, serta dua jembatan alami yang besar. Jauh dari kota, situs ini 85 persen pepohonan besar, dan 99 persen ditumbuhi vegetasi.

Lanskap di Wulingyuan terkenal dengan lima keajaiban: puncak spektakuler, bebatuan unik, lembah terpencil, perairan tenang, dan gua karst yang dalam.

Dilansir dari chinaculture.org, seluruh area ditutupi dengan tebing batu pasir yang menjulang tinggi dan hutan lebat yang belum terjamah yang menyembunyikan gua-gua fantastis yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit.

Perbukitan batu pasir kuarsit di Wulingyuan unik dalam jumlah besar dan komposisi yang cukup murni (menjadi 75-95 persen kuarsa). Dengan pergantian musim dan cuaca, mereka selalu menghadirkan pemandangan yang berbeda kepada penonton. Puncak tertinggi di area ini adalah Tuerwangyue Feng, Rabbit Watching the Moon Peak, dan Gunung Tianzi.

Ada lebih dari 40 gua dan dua jembatan batu alam (batu) yang besar, salah satunya menjulang 357m di atas dasar lembah.

Ada dua jembatan alami adalah ini: Xianren Qiao, atau “Jembatan Abadi” panjang 26m, lebar 1,5-1,8m, tebal 1-2m, dan 100m di atas ngarai.

Tianxia Diyi Qiao, atau “Jembatan Menyeberangi Langit” jauh lebih besar, dengan panjang 40m, lebar 10m, dan tebal 15m. Itu terletak 357m di atas dasar lembah dan mungkin merupakan jembatan alami tertinggi di dunia.

Wulingyuan adalah harta karun hijau dan kebun binatang alami. Itu terletak di Wilayah Botani Tiongkok Tengah di Zona Botani Sino-Jepang, dan merupakan tempat perlindungan bagi banyak spesies purba selama Era Glasial Kuarter.

Ada lebih dari 3.000 spesies tanaman, di atas 700 jenis pohon, hingga 450 jenis bunga hias, dan sekitar 116 spesies vertebrata yang termasuk dalam 50 famili.

Selain itu, ratusan spesies hewan ditemukan di Wulingyuan. Di antaranya, langka, seperti salamander raksasa Tiongkok, anjing liar Asia, beruang hitam Asia, macan dahan, rusa air Tiongkok, monyet rhesus, musang dan trenggiling, dan sekitar 20 burung langka, seperti tragopan, burung emas, bebek berkepala putih dan leiothrix paruh merah.

Pada zaman kuno, daerah Wulingyuan dianggap terpencil dan tidak dapat diakses.

Legenda lokal menunjukkan bahwa Zhang Liang, seorang penguasa di Dinasti Han (206 SM- 220 M), tinggal di sini dalam pengasingan dan dimakamkan di bawah Gunung Qingyan (sekarang Zhangjiajie).

Beberapa referensi tentang keindahan daerah ini dibuat oleh Liu Zongyuan, seorang penulis terkenal dari Dinasti Tang (618-907).

Penduduk Wulingyuan multi etnis, termasuk orang Tujia, Miao dan Bai. Mereka masih mempertahankan adat dan kebiasaan tradisional mereka. Kota Zhangjiajie (sebelumnya Dayong), dekat dengan daerah ini, kaya akan peninggalan dan tempat-tempat bersejarah.

Ada Kuil Puguang - yang menggabungkan Buddhisme Tiongkok dan Taoisme dan tradisi arsitektur Dinasti Song, Yuan, Ming dan Qing; gua berusia 200 tahun di Gua Yuhuang, dengan total 19 patung pahatan batu dan lebih dari 50 pahatan lainnya;

Gunung Tianmen (pintu gerbang ke Surga); dan Sungai Maoyan sepanjang 50 km, yang mengalir melalui pemandangan yang indah.

Terkait

news

Rumah Sakit di Shanghai Sediakan Akomodasi Gratis untuk Kelu...

  • Visco Joostensz
  • 25 Nov 2021

technology

Para Robot Ini Bermain Bersama Siswa TK ,Tampilkan Pertunjuk...

  • Lupita
  • 15 Nov 2021

culture

China Tingkatkan Kesadaran Lingkungan di Kalangan Siswa Muda

  • Lupita
  • 14 Nov 2021

news

Lebih dari 84 Juta Anak-anak Tiongkok Telah Suntik Vaksin CO...

  • Lupita
  • 14 Nov 2021

culture

Mengapa Anak Muda di China Menghapus Tato Mereka?

  • Visco Joostensz
  • 13 Nov 2021

lifestyle

Imutnya Anak-anak Tampil di Panggung Shanghai Fashion Week

  • Lupita
  • 09 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong