Baca dalam 5 menit

Legenda Tiongkok: Hua Mulan (花木兰)

Waktu Publish : 12 Nov 2021, 14:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Legenda Tiongkok: Hua Mulan (花木兰) - Image from app.goo.gl

Beijing, Bolong.id - Hua Mulan (花木兰) adalah pejuang wanita berkuda legendaris, digambarkan dalam puisi Dinasti Utara (420 - 589). Dia puteri tentara bernama Mulan Ci (木兰辞).

Kalangan akademis percaya bahwa dia adalah seorang Xianbei (bangsa proto-Mongol yang nomadik). "Mulan Ci" asli tidak secara jelas menunjukkan nama belakang Mulan. Juga tanpa tahun kelahiran, tempat lahir, dan informasi lainnya, dan tidak ada sejarah resmi perbuatannya dalam sejarah.

Tapi, itu berkembang dari puisi, opera rakyat dan kronik daerah setempat menjadi sebuah anggota tentara wanita kuno yang terkenal.

Sejak Dinasti Tang, kisah Mulan telah menambahkan konsep sosial Han ke dalam narasi yang diturunkan oleh penduduk Han.

Dalam adaptasi selanjutnya, darah nomaden dan suku Mulan telah dihapus, dan "Female Mulan Serving the Father in Xu Wei" karya Xu Wei (徐渭) Angkatan Darat" di Dinasti Ming menambahkan " Dalam plot "Pengikatan Kaki" Mulan, Dinasti Wei Utara dan Huren lainnya tidak memiliki kebiasaan buruk mengikat kaki.

Pada tahun 2020, arkeolog Christine Lee dan Yahaira Gonzalez menemukan bahwa di tulang belulang wanita bangsawan yang digali di Mongolia, bangsawan wanita Xianbei sering menunggang kuda lebih sering daripada bangsawan wanita Hun dan Turki. selalu menunggang kuda di medan perang.

Cerita aslinya tidak menyebutkan nama keluarga protagonis Mulan, Hua. Penulis Dinasti Ming Xu Wei mengadaptasi "Mulan Ci" menjadi "Mulan Wanita Bergabung dengan Tentara untuk Ayah"; dalam drama itu, pahlawan wanita mengaku sebagai "nama keluarga selir Mulan". Nama ayah saya adalah Sangzhi, dan dia pandai Wu Nengwen. Dia juga seorang komandan terkenal di masa lalu."

Sejak itu, ayah Mulan adalah Hua Huo, saudara perempuannya adalah Hua Mulian, adik laki-lakinya adalah Hua Xiong, dan ibunya adalah Hua Yuan. "The Romance of the Sui and Tang Dynasties" mencatat bahwa Hua Mulan memiliki seorang saudara perempuan bernama Hua Youlan, yang menikah dengan Dou Xianniang.

Ada juga yang mengatakan bahwa nama keluarga Mulan adalah Zhu. Selama periode Kangxi dari Dinasti Qing, "Huangpi County Annals" menulis bahwa "Mulan, putri keluarga Zhu di county ini, lahir pada awal Dinasti Tang,.. seorang pria palsu yang bertugas di tentara atas nama ayahnya,...sampai hari ini, keluarganya masih di bawah Gunung Mulan."

Jiao Hong "Bicheng Jiao" juga menulis bahwa "Mulan, seorang wanita dari keluarga Zhu, mengambil tempat ayahnya. Sekarang Kabupaten Huangpi, Kabupaten Huangpi, Qishili Utara, yaitu Kabupaten Sui Mulan. Ada Gunung Mulan, Makam Umum, dan Kuil Zhonglie, yang cukup untuk melengkapi "Solusi Pertanyaan Lefu".

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Mulan bermarga Wei, dan ada juga yang mengatakan bahwa nama aslinya adalah Han E. "Xintangshu" juga merekam "Mulan, seorang gadis muda, dengan nama keluarga Ren".

Tempat kelahiran Hua Mulan (花木兰) juga kontroversial, "The Unification of the Qing Dynasty" memanggilnya penduduk asli Desa Yingzhou Qiaojun Chengdongwei (sekarang Distrik Qiaocheng, Kota Bozhou); "Kang Journey" Yao Ying menyebutnya penduduk asli Wuwei, Gansu, dan "Monumen Mulan" Liu Tingzhi "Dikatakan bahwa Mulan adalah penduduk asli Kabupaten Wanxian, Provinsi Zhili, dan bahwa Mulan adalah penduduk asli Kabupaten Shangqiu dalam "Sangqiu County Chronicles".

Zhang Jueming "Penelitian Sejarah Mulan: Kampung Halaman, Nama Keluarga, Waktu, dan Biografi" memilah-milah kehidupan Mulan. Nama keluarga termasuk Wei, Mu, Mulan, Mu, Hamba, Hua, Zhu Di zaman, ada Dinasti Han, Tiga Kerajaan , Dinasti Jin, Dinasti Wei Utara, Dinasti Liang Selatan, Dinasti Sui, Dinasti Tang, dan kota kelahirannya meliputi Henan Yucheng, Anhui Bozhou, Bozhou Qiaocheng, Henan Songzhou, Mongolia Dalam dan teori Linger, teori Baotou Mongolia Dalam, teori Shaanxi Yan'an , teori Gansu Wuwei, teori Shandong Rencheng, teori Hebei Wanxian, teori Hebei Xinhe, teori Hubei Huangpi, dll. Meskipun pandangan dari berbagai aliran terbagi dan "Mulan Ci" yang asli memberikan informasi yang sangat sedikit, apakah dapat disimpulkan dalam dinasti tertentu, karena kurangnya bukti yang meyakinkan, seseorang tidak dapat langsung mengambil kesimpulan. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong