Lama Baca2 Menit

Menlu China Bicara via Telepon dengan Menlu Indonesia

24 January 2023, 09:46 WIB

Menlu China Bicara via Telepon dengan Menlu Indonesia-Image-1
Menteri Luar Negeri Tiongkok Qin Gang 

Beijing, Bolong.id - Menteri Luar Negeri Tiongkok, Qin Gang bicara lewat telepon dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno L. P. Marsudi.

Dilansir dari He Ping Ri Bao (21/01/2023) Qin Gang mengatakan bahwa Indonesia adalah negara besar di ASEAN dan mitra kerjasama penting dari "Belt and Road". 

Saat ini, hubungan bilateral Tiongkok-Indonesia menghadapi peluang baru untuk pembangunan. 

Lu Kang mengatakan: Saya bersedia bekerjasama dengan Anda untuk mengikuti panduan strategis kedua kepala negara dan mendorong perkembangan yang lebih dalam dan solid dari komunitas Tiongkok-Indonesia dengan masa depan bersama. 

Tiongkok mendorong lebih banyak perusahaan Tiongkok berkualitas tinggi untuk berinvestasi di Indonesia dan berharap Indonesia memberikan lebih banyak jaminan keamanan dan kemudahan kebijakan.

Retno menyampaikan bahwa Tiongkok merupakan mitra penting Indonesia di tingkat bilateral dan multilateral, Indonesia sangat mengharapkan hubungan bilateral dan akan memperkuat pertukaran dan kerjasama dengan Tiongkok. 

Indonesia sangat mementingkan dan akan melakukan yang terbaik untuk memastikan keamanan proyek dan personel Tiongkok. Wisatawan Tiongkok dipersilakan untuk mengunjungi Indonesia sesegera mungkin. 

Indonesia akan menjabat sebagai ketua bergilir ASEAN tahun ini dan akan berkomitmen untuk mendorong perkembangan hubungan ASEAN-Tiongkok dengan harapan dapat terus mendapat dukungan dari Tiongkok.

Qin Gang mengatakan bahwa Tiongkok mendukung penuh pekerjaan Indonesia sebagai ketua bergilir ASEAN, dan percaya bahwa Indonesia akan menunjukkan kepemimpinannya dan mendorong pembangunan komunitas ASEAN dan kerja sama Asia Timur untuk pembangunan yang lebih besar.

Dipahami bahwa Qin Gang menggantikan Wang Yi sebagai menteri luar negeri Tiongkok. Presiden Tiongkok Xi Jinping menandatangani Perintah Presiden No. 126, 127, 128, dan 129 pada 30 Desember.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

<<