Baca dalam 7 menit

8 Hal Terbaik yang Dapat Dilakukan di Harbin, Kota Es Tiongkok

Waktu Publish : 26 Sep 2021, 09:10 WIB
SHARE ARTIKEL

Harbin - Image from China Highlights

Harbin, Bolong.id - 'Kota Es Tiongkok' Harbin adalah tujuan musim dingin yang populer. Harbin terkenal dengan musim dinginnya yang membekukan, patung es dan salju, resor ski, dan arsitekturnya yang eksotis. Setiap tahun, dari akhir Desember hingga Februari, Festival Es dan Salju Internasional Harbin juga mengubah banyak bagian kota menjadi negeri salju yang menakjubkan.

Berikut ini 9 aktivitas populer untuk dilakukan jika Anda berwisata ke Harbin versi China Highlights!

1. Kesempatan Menyenangkan Bermain Ski di Berbagai Resor

Datang ke 'kota es' tanpa bermain ski seperti pergi ke Beijing tanpa mengunjungi Tembok Besar. Sebagai calon potensial untuk lokasi Olimpiade Musim Dingin, Harbin memiliki musim salju yang panjang dan menjadi rumah bagi salah satu resor ski terbaik dan terbesar di Tiongkok — Resor Ski Yabuli. Dibutuhkan sekitar 1½ jam dengan kereta cepat dari pusat kota Harbin ke Yabuli.

Bermain ski di Harbin - Image from internet

Ada juga resor ski populer lainnya untuk Anda nikmati lebih dekat ke Harbin:

Resor Ski Jihua: paling dekat dengan Harbin (sekitar 40 kilometer, waktu tempuh 30 hingga 40 menit). Ini adalah pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin bermain ski tetapi tetap bermalam di Harbin.

Resor Ski Erlongshan: 65 km atau satu jam berkendara ke timur Harbin, Erlongshan cocok untuk pemain ski tingkat pemula, menengah, dan mahir, dan ramah keluarga.

2. Nikmati Negeri Ajaib Es dan Salju

Festival Es dan Salju Internasional Harbin tahunan resmi dibuka pada 5 Januari tiap tahunnya dan berlangsung selama satu bulan. Sun Island Scenic Spot menampilkan pahatan salju, sedangkan Grand World of Ice and Snow menampilkan pahatan es. Di Zhaolin Park, orang-orang pun dapat mengagumi lentera es berbentuk karakter kartun Disney.

Beberapa bangunan yang terbuat dari Es - Image from internet

Grand World of Ice and Snow adalah area paling menakjubkan dari rangkaian festival es dan salju. Kunjungilah setelah malam tiba, Anda akan kagum dengan keindahan lebih dari 2.000 patung dan karakter salju bermandikan lampu warna-warni serta seluncuran es lebih dari 300 meter.

3. Tonton Kompetisi Renang Musim Dingin

Di musim dingin, suhu rata-rata di Harbin adalah sekitar -25ºC (-13ºF). Namun, uniknya banyak orang lokal berkumpul di pagi hari di Sungai Songhua untuk berenang di musim dingin! Mereka membuat lubang di sungai es dan membuat kolam renang sederhana di sana. Setelah latihan pemanasan, para perenang pemberani melompat atau menyelam ke dalam air yang membeku. Sebuah pemandangan unik melihat perenang mereka berenang di air yang membekukan, sementara di sekitar mereka ada es dan salju dan orang-orang yang mengenakan mantel yang sangat tebal.

Kegiatan berenang di air es - Image from internet

4. Berjalan Di Atas Sungai Songhua yang Beku

Sungai Songhua mulai membeku di bulan November. Mulai pertengahan Desember, Anda dapat merasakan pengalaman berjalan di atasnya tanpa peralatan ski khusus. Lapisan es Sungai Songhua pun sangat tebal dan digunakan untuk patung-patung es dan salju di festival, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, memiliki lebar hingga 100 meter, banyak orang enggan menyeberanginya karena sangat dingin.

Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir. Untuk menikmati pemandangan Songhua yang luas, Anda juga dapat membayar untuk naik kereta gantung wisata dari Central Street ke dekat Grand World of Ice and Snow.

banyak orang bermain salju di atas sungai Songhua yang beku - Image from internet

5. Arsitektur dan Pusat Perbelanjaan Eksotis

Dengan sejarah modern pengaruh Rusia dan Eropa, ada banyak bangunan bergaya Barat di Harbin yang cukup eksotis, terutama di sepanjang Central Street, jalan perbelanjaan utama di Harbin. Karena lokasi geografisnya, banyak barang Rusia seperti boneka Rusia, barang pernis, dan perhiasan di Harbin, terutama di Pasar Tiongkok-Rusia. Gereja Ortodoks St. Sophia tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Central Street.

Katredal St. Sophia - Image from internet

Arsitektur unik lainnya dapat Anda temukan di Lao Daowai. Meski tidak seterkenal Central Street, jalan ini layak untuk dikunjungi karena menawarkan Harbin tua kepada Anda. Sebagian besar bangunan dibangun pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Di sana Anda akan merasakan karakter Harbin seratus tahun yang lalu serta menikmati berbagai rasa makanan tradisional Harbin.

Lao Daowai - Image from internet

6. Nikmati Makanan Harbin yang Fantastis

Dipengaruhi oleh masakan Rusia, Mongolia, dan tentu saja Tiongkok Utara, makanan Harbin memiliki ciri khas tersendiri dan biasanya diproses dengan direbus, diasap, atau diasamkan dalam saus. Selain menikmati semur bergizi di restoran lokal, pengunjung juga dapat menikmati makan malam autentik Barat di restoran Barat. Anda bahkan dapat menikmati pengalaman unik makan malam hotpot di rumah berdinding es disini.

Makan hotpot di dalam igloo - Image from interner

7. Nikmati Pemandian Air Panas Harbin dengan dikelilimgi Es dan Salju

Pemandian Air Panas Yingjie berjarak sekitar 90 km dari Harbin (1½ jam berkendara melalui jalan raya). Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan musim dingin. Menginap semalam di sana, Anda juga dapat memiliki pengalaman bermain ski di dekat hotel Anda. Resor ski di sana cocok untuk pemula.

pemandian air panas Yingjie - Image from internet

8. Lihat Harimau Siberia dari Dekat di Taman Harimau Siberia

Sebagai salah satu spesies terancam punah yang paling terkenal di dunia, harimau Siberia terdaftar dalam buku putih spesies yang dilindungi dunia pada tahun 1970-an. Harimau ini pun dijadikan 'hewan kelas satu yang dilindungi secara nasional' oleh Tiongkok. Tak heran, Siberian Tiger Park adalah cagar alam terbesar di dunia untuk harimau Siberia.

Cagar alam ini merupakan rumah bagi lebih dari 1.300 harimau Siberia murni. Anda dapat melihat lebih dari 100 harimau Siberia murni berkeliaran dengan bebas dengan naik bus safari. Di sana, Anda juga dapat melihat staf penangkaran memberi makan harimau muda hingga usia 2 tahun dan harimau yang baru lahir bermain bersama. Anda akan menyukai perilaku dan interaksi mereka yang menggemaskan.

Taman Harimau Siberia - Image from internet

Terkait

lifestyle

City Of The Week: Destinasi Harbin, Festival Es dan Salju Te...

  • Lupita
  • 26 Sep 2021

lifestyle

City Of The Week: Enam Makanan Khas Kota Harbin

  • Djono W. Oesman
  • 23 Sep 2021

culture

City Of The Week: Renang di Musim Dingin, Kebiasaan di Kota ...

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

lifestyle

Harbin Ice and Snow World, Pahatan Es Luar Biasa

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

lifestyle

City of The Week: Sejarah Harbin, Kota Es di China yang Popu...

  • Lupita
  • 20 Sep 2021

business

Dibangun, Industri Baja di Harbin

  • Djono W. Oesman
  • 17 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong