Lama Baca 5 Menit

Olimpiade Beijing 2022 Kobarkan Semangat Warga China Untuk Olahraga Musim Dingin

23 January 2022, 16:55 WIB

Olimpiade Beijing 2022 Kobarkan Semangat Warga China Untuk Olahraga Musim Dingin-Image-1

Olimpiade Musim Dingin 2022 Mengobarkan Semangat Orang Tiongkok untuk Olahraga Musim Dingin - Image from en.people.cn

Beijing, Bolong.id - Tiongkok telah melibatkan 346 juta orang dalam olahraga musim dingin sejak Beijing memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin hampir tujuh tahun lalu, menurut sebuah laporan.

Dilansir dari 闪电新闻 pada Rabu (19/01/2022), hal ini berarti bahwa Tiongkok telah memenuhi visinya untuk mendapatkan lebih dari 300 juta warga Tiongkok untuk berpartisipasi dalam olahraga musim dingin lebih cepat dari jadwal, kata laporan yang dikutip oleh Biro Statistik Nasional Tiongkok, yang dipercayakan oleh Administrasi Umum Olahraga negara tersebut.

Partisipasi yang luas menunjukkan bahwa semangat untuk olahraga musim dingin yang dipicu oleh Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022 mendatang. Tidak hanya telah menyebabkan harapan yang tinggi dari orang-orang untuk Olimpiade Musim Dingin tetapi juga mempromosikan mempopulerkan olahraga yang dimainkan di salju dan es.

Provinsi Jilin di Tiongkok Timur Laut menikmati lingkungan alam yang sempurna untuk olahraga musim dingin. Sebagai salah satu provinsi paling awal di Tiongkok yang mempromosikan olahraga musim dingin dan industri terkait, provinsi ini berada di garis depan negara dalam hal kinerja kompetisi dan mempopulerkan olahraga musim dingin.

Sejak 2018, provinsi tersebut telah meluncurkan kampanye mempopulerkan olahraga musim dingin di kalangan siswa sekolah dasar dan menengah. Membuat setiap orang mengenal setidaknya satu olahraga musim dingin.

Di bawah kampanye, sekolah dasar dan menengah di provinsi Jilin mulai menawarkan kursus ski lintas alam. Minggu pertama setiap liburan musim dingin ditetapkan sebagai “liburan musim dingin” di mana siswa didorong untuk bergabung dengan olahraga musim dingin.

Antara 2018 dan 2020, provinsi Jilin telah menginvestasikan lebih dari 18 juta yuan (sekitar Rp40 juta) untuk menjalankan kursus ski di sekolah dasar dan menengah perkotaan. Membawa olahraga ini ke lebih dari 450.000 siswa.

Olahraga musim dingin dan ski khususnya, memiliki persyaratan yang ketat terhadap lingkungan. Mereka pernah dijauhi dari orang-orang karena kurangnya fasilitas, biaya tinggi, dan jarak yang jauh antara orang-orang dan fasilitas olahraga musim dingin. Oleh karena itu, untuk meningkatkan perangkat keras dan membangun lebih banyak fasilitas merupakan prasyarat untuk mempopulerkan olahraga musim dingin.

Sebuah resor ski di Tonghua, provinsi Jilin, yang dibangun pada 1959, dibuka kembali untuk umum pada Desember tahun lalu setelah direnovasi. Sekarang, resor ini dikelilingi oleh museum ski, gelanggang es dalam ruangan, dan basis pelatihan ski lintas alam, yang semuanya baru dibangun sebagai fasilitas tambahan resor. Hal ini disambut secara luas oleh penduduk setempat sebagai fasilitas yang dekat dengan mereka.

Fasilitas olahraga yang dibangun dengan baik merupakan landasan bagi program kebugaran nasional Tiongkok, terutama untuk olahraga musim dingin. Dengan mempelajari tuntutan masyarakat, membuat rencana berbasis sains, dan meningkatkan kemampuan layanan, otoritas lokal di seluruh Tiongkok berupaya menarik lebih banyak orang ke dalam olahraga musim dingin.

Upaya mobilisasi harus dilakukan untuk mempopulerkan olahraga musim dingin dan membangun kesehatan masyarakat. Juara ski nasional pertama Tiongkok Shan Zhaojian mengatakan dia lebih peduli tentang bagaimana Olimpiade Musim Dingin mendatang dapat lebih mempromosikan budaya olahraga musim dingin dan ski di Tiongkok.

Olahraga musim dingin memiliki daya tarik yang unik, serta prospek yang luas. Dipercaya bahwa Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade 2022 akan lebih memajukan pengembangan olahraga musim dingin di Tiongkok dan menarik lebih banyak orang.(*)


Informasi Seputar Tiongkok