Baca dalam 3 menit

Bruce Lee, Aktor Asia yang Latih Bintang Hollywood

SHARE ARTIKEL

Bruce Lee - Image from medium.com

Jakarta, Bolong.id - Pada 27 November 1940, aktor dan ahli bela diri Bruce Lee lahir di San Francisco, California, AS. Dalam karirnya yang terbilang singkat, Lee menjadi bintang film di Asia dan kemudian menjadi ikon budaya pop di Amerika.

Lee mulai dikenal berkat perannya dalam serial televisi The Green Hornet, yang ditayangkan dalam 26 episode dari tahun 1966 hingga '67. Ia meninggal dunia di usia 32 tahun setelah sebelumnya mengalami koma.

Dilansir dari IDN Times, berikut ini beberapa fakta menarik seputar aktor legendaris Bruce Lee. Yuk simak!

1. Pernah berprofesi dari guru tari hingga pelayan

Siapa sangka seorang Bruce Lee dulunya sempat menjadi seorang pelayan restauran dan loper koran. Ia melakukan pekerjaan tersebut sambil berlatih kung fu saat berada di Seattle.

Lee juga sempat menjadi seorang guru tari cha-cha exquite. Jauh sebelum mengenal kung fu ia terlebih dahulu mahir melatih koreografi di lantai dansa. Ia menekuni tarian tersebut sejak berusia 14 tahun dan pada tahun 1958 ia memenangkan Crown Colony Cha-Cha Championship.

Bruce Lee - Image from denofgreek

2. Film pertama dibintanginya saat masih berusia 10

Debut film pertamanya terjadi saat ia berusia 10 tahun dengan judul film “The Kid”. Ia memerankan tokoh Kid Cheung yang merupakan seorang anak yatim yang suka berbuat onar.

Sementara ayahnya juga bermain di film yang sama sebagai seorang pemilik pabrik yang ramah. Lee Hoi-chuen adalah ayahnya yang pada saat itu berprofesi sebagai penyanyi opera terkenal.

Film itu meraup kesuksesan besar di Tiongkok dan menjadi lonjakan karier bagi Bruce Lee.

3. Lee adalah mahasiswa yang rajin belajar dan membaca

Lee merupakan seorang mahasiswa jurusan filsafat di Universitas Washington. Semasa kuliah ia dikenal sebagai mahasiswa yang sangat rajin belajar dan membaca.

Segala jenis buku ia baca dengan berbagai bidang keilmuan seperti filsafat, agama, spiritualisme, bisnis dan banyak lainnya.

Lee adalah seseorang dengan pemikiran filosofis yang banyak mengoleksi buku yang ditempatkan di Bruce Lee Archive. Ia juga banyak membuat tulisan tentang kung fu dari pandangan filosofis.

Bruce Lee - Image from rediff.com

4. Melatih banyak bintang Hollywood 

Pemilik nama lengkap Bruce Jun Fan Lee ini telah banyak melatih aktor kenamaan Hollywood. Sederet nama terkenal telah berlatih seni bela diri dari seorang Bruce Lee.

Seperti aktor Steve McQueen, Roman Polanski, James Garner, James Coburn dan lainnya. Lee menetapkan tarif yang cukup tinggi yakni 275 dolar AS per jamnya atau 1000 dolar AS untuk 10 kursus.

Hingga sebelum kematiannya, mereka berteman dekat selama bertahun-tahun.

5. Menjalani prosedur pengangkatan kelenjar keringat

Jika saat di layar televisi Lee terlihat sempurna tanpa keringat yang basah kuyup, itu karena ia tidak memiliki kelenjar keringat.

Lee sangat menginginkan kesempurnaan sehingga tidak ingin ada noda sedikit pun di bajunya. Sehingga ia mengambil jalan ekstrem yakni dengan mengangkat kelenjar keringat di ketiaknya. Prosedur pembedahan ini ia lakukan di tahun 1973. (*)

Terkait

culture

Pameran Kung Fu Gaya Bruce Lee di Hong Kong Diperpan

  • Isna Fauziah
  • 17 Sep 2020

culture

Bruce Lee akan Berusia 80 Tahun!

  • Isna Fauziah
  • 30 Nov 2020

Culture

Bruce Lee, Aktor Asia yang Latih Bintang Hollywood

  • Lupita
  • 06 Jan 2021
Logo follow bolong