Baca dalam 3 menit

China Dorong Kerjasama Internasional Studi Sampel Bulan

Waktu Publish : 19 Jan 2021, 11:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Misi chang'e 5 - Image from futurecdn.net

Beijing, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok pada Senin (18/1) mengumumkan peraturan tentang pengelolaan sampel bulan, mendorong kerja sama internasional dalam mempelajari sampel yang dibawa kembali oleh penyelidikan Chang'e-5.

Dirilis oleh China National Space Administration (CNSA), peraturan tersebut mencakup prinsip-prinsip umum untuk melestarikan, mengelola, menggunakan, meminjam, dan mengembalikan sampel bulan, serta merilis informasi dan pengelolaan hasil penelitian sampel.

Menurut aturan, sampel bulan secara umum akan digunakan untuk empat tujuan, yaitu penyimpanan permanen, penyimpanan cadangan permanen, penelitian, dan kesejahteraan masyarakat. Dilansir dari Xinhuanet pada Senin (18/1/2021).

Wahana Chang'e-5, yang terdiri dari pengorbit, pendarat, ascender dan returner, diluncurkan pada 24 November 2020. Kapsul tersebut kembali mendarat di Daerah Otonomi Mongolia Dalam pada 17 Desember, mengambil sekitar 1.731 gram sampel bulan.

Tiongkok mendorong penelitian bersama internasional dalam sains luar angkasa berdasarkan sampel bulan untuk mendukung pembagian hasil sains, kata Zhang Kejian, kepala CNSA, mencatat bahwa pengelolaan dan penggunaan sampel akan sesuai dengan konvensi internasional yang relevan.

Para diplomat dan perwakilan dari Perancis, Rusia, Uni Eropa, Organisasi Kerjasama Luar Angkasa Asia Pasifik dan negara-negara lain serta organisasi internasional diundang untuk mengunjungi fasilitas penyimpanan dan pemrosesan sampel bulan di National Astronomical Observatories of China di bawah Chinese Academy of Sciences pada hari Senin.

CNSA juga memberikan pelat peringatan kepada para kooperator internasional termasuk Komisi Kegiatan Luar Angkasa Nasional Argentina, Badan Antariksa Eropa, Kementerian Pendidikan Tinggi, Pelatihan dan Inovasi Namibia, dan Komisi Penelitian Luar Angkasa dan Atmosfer Atas Pakistan, untuk berterima kasih kepada mereka atas kolaborasi mereka selama Misi Chang‘e-5.

Berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan, pemanfaatan damai, dan kerja sama win-win, CNSA telah secara aktif melakukan kerja sama internasional dalam eksplorasi bulan, eksplorasi Mars, proyek satelit, dan layanan peluncuran untuk mempromosikan kemajuan bersama dan pembangunan berkelanjutan jangka panjang. industri luar angkasa, kata Zhang.

"Kami masih dalam tahap pra-pemrosesan sampel bulan, termasuk pelepasan segel, persiapan, dan pembentukan arsip," kata Pei Zhaoyu, wakil direktur Pusat Eksplorasi dan Luar Angkasa Bulan CNSA.

Sekitar 80 persen sampel bulan akan digunakan untuk penelitian ilmiah, dan 20 persen akan disimpan untuk metode dan kondisi penelitian ilmiah yang lebih baik dan lebih maju di masa depan. Ini juga merupakan perlindungan warisan peradaban manusia, tambah Pei.

Misi eksplorasi bulan dan antarplanet Tiongkok di masa depan akan lebih terbuka, dan kerja sama antar negara akan semakin diperkuat, kata Pei.

Keberhasilan misi Chang'e-5 tidak hanya capaian China tapi juga kebanggaan anggota Asia Pacific Space Cooperation Organization (APSCO), kata Yu Qi, sekjen organisasi tersebut.

APSCO akan mengorganisir ilmuwan dari anggota organisasi untuk berpartisipasi dalam tim peneliti Tiongkok dan negara lain. Sampel bulan yang diambil oleh Chang'e-5 akan memberikan lebih banyak kesempatan bagi negara-negara berkembang untuk mempelajari bulan, yang juga merupakan kontribusi bagi kemajuan sains dan teknologi dunia, kata Yu.

Robert Paluch, perwakilan Badan Antariksa Eropa, juga penasihat luar angkasa Prancis di Tiongkok, mengatakan para ilmuwan dari Eropa akan terlibat dalam penelitian sampel bulan dan berharap dapat bekerja sama dengan Tiongkok dalam mengikuti misi luar angkasa. (*)

[Mastnaa Chumairo/Penerjemah]

Terkait

health

Melihat Virus COVID-19 Lebih Dekat

  • Aisyah Hidayatullah
  • 09 Apr 2020

technology

Ilmuwan Tiongkok Mengembangkan Probiotik Selama Lebih dari 2...

  • Nabila Caya
  • 15 Apr 2020

news

Sebuah Studi Oleh Peneliti Amerika dan Inggris Buktikan Bahw...

  • Nabila Caya
  • 02 May 2020

news

Penelitian Terbaru Membuktikan Kalau COVID-19 Sudah Menyebar...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 06 May 2020

news

Trenggiling: Kunci Dari Awal COVID-19?

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

news

Ngeri, Virus COVID-19 Ditemukan dalam Sperma Pasien, Bahkan ...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 May 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong