Baca dalam 3 menit

6 Ucapan Tahun Baru Imlek dalam Bahasa Mandarin

Waktu Publish : 08 Feb 2021, 11:35 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL


Ilustrasi - Image from CGTN

Jakarta, Bolong.id - Tahun Baru Imlek 2021 akan jatuh pada tanggal 12 Februari mendatang. Momen istimewa ini tentu akan disambut dengan penuh suka cita.

Namun perayaan tahun baru Imlek 2572 kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Ini terjadi lantaran tahun ini dunia masih dilanda pandemi covid-19 yang mengharuskan semua orang menerapkan protokol kesehatan. Sehingga tidak akan ada kerumunan massa atau interaksi fisik secara langsung.

Akan tetapi hal ini tentu tidak akan menghalangi Anda untuk berbagi kebahagiaan dengan mengirimkan ucapan, kata mutiara atau doa dan harapan baik kepada keluarga, sahabat, atau pun kolega.

1. Xīn nián kuài lè, wàn shì rú yì - 新年 快乐, 万事如意

Mengapa berhenti hanya mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada seseorang? Anda dapat mengungkapkan harapan Anda agar semua berjalan lancar bagi penerima salam Anda. "Selamat Tahun Baru, dan semoga semuanya berjalan sesuai keinginan Anda!" Ini adalah salah satu ucapan Tahun Baru Imlek China yang paling umum dan dapat diungkapkan kepada orang tua dan muda, baik kepada kerabat dekat maupun kenalan jauh.

2. Gōng xǐ fā cái - 恭喜 发财

Ini adalah kalimat yang populer saat perayaan Tahun baru Imlek, "Semoga Anda makmur dan beruntung." Mendapatkan penghasilan yang sehat untuk menghidupi keluarga adalah kebutuhan yang kita semua miliki, dan salam ini mengungkapkan keinginan Anda agar uang mengalir ke penerima ucapan Anda. Di seluruh Tiongkok, ini adalah salah satu penghormatan Tahun Baru yang paling banyak didengar.

3. Chūn jié kuài lè - 春节 快乐

Tahun Baru Imlek China sering disebut dalam bahasa China sebagai "Festival Musim Semi", jadi masuk akal jika ucapan umum lainnya adalah "Selamat Festival Musim Semi!" Ini mengungkapkan harapan bahwa musim liburan akan menjadi musim yang menyenangkan.

4. Xīn xiǎng shì chéng - 心想事成

Tahun Baru Imlek Imlek ini, beri tahu keluarga dan teman Anda bahwa Anda ingin semua impian mereka menjadi kenyataan. Diterjemahkan sebagai "Semoga keinginan Anda menjadi kenyataan," ini mengungkapkan harapan bahwa tahun depan akan penuh dengan mimpi yang terwujud.

5. Nián nián yǒu yú - 年年 有余

Setiap tahun, kami berharap akan ada keuntungan yang tersisa untuk tahun depan - baik makanan, kebahagiaan, atau peluang. Pepatah ini berarti "keberuntungan tahun demi tahun," dan mengungkapkan keinginan akan kelimpahan (hal-hal yang baik). Ini juga menjelaskan mengapa ikan adalah hidangan penting di meja makan Tahun Baru Imlek. Karakter China untuk ikan (鱼) terdengar seperti karakter untuk "keberuntungan". Merupakan kebiasaan untuk membiarkan sebagian hidangan belum selesai.

6. Yì fān fēng shùn - 一帆风顺

"Pelayaran lancar" - apa lagi yang bisa kita harapkan dalam pasang surut kehidupan? Di Tahun Baru Imlek China, semoga perjalanan yang Anda cintai berjalan mulus di tahun mendatang. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Terkait

news

Tren Bedah Telinga Peri Semakin Diminati Kaum Muda di China

  • Lupita
  • 13 Jun 2021

news

Anak di China Dilindungi dalam 6 Aspek

  • Djono W. Oesman
  • 09 Jun 2021

culture

Pergi ke Tiongkok Wajib Beli Oleh-oleh Ini

  • Lupita
  • 06 Jun 2021

health

Anak Derita Asma? Kenali Penyebabnya

  • Lupita
  • 05 Jun 2021

news

China Izinkan Warga Punya Tiga Anak

  • Nurul Diah
  • 03 Jun 2021

news

Pemerintah China Tekankan Pendidikan dan Kesehatan yang Baik...

  • Visco Joostensz
  • 03 Jun 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong