Baca dalam 3 menit

Legenda 12 Hewan Zodiak China

Waktu Publish : 06 Feb 2021, 09:05 WIB
SHARE ARTIKEL

12 Zodiak China atau Shio - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Dua belas hewan membentuk zodiak Tiongkok, dengan setiap tahun kalender sesuai dengan satu hewan. Tahun Baru Imlek menandai perpindahan ke hewan berikutnya dalam zodiak China. Hewan yang sesuai dengan tahun kelahiran Anda, adalah hewan zodiak Anda.

Setelah setiap siklus dua belas tahun, barisan hewan disetel ulang ke awal, kedua belas makhluk itu masing-masing mengambil giliran. Hewan tersebut adalah tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Di Tiongkok, orang biasa bertanya satu sama lain tentang apa hewan zodiak mereka, karena hewan yang berbeda biasanya dikaitkan dengan ciri kepribadian yangberbeda. Tapi bagaimana tepatnya 12 hewan ini dipilih?

Seperti banyak tradisi kuno di Tiongkok, ada legenda yang menjelaskannya - meskipun itu sangat bervariasi di seluruh negeri. Ini adalah versi yang umum. Ini menjelaskan asal-usul kepercayaan bahwa orang-orang dari tanda zodiak tertentu memiliki karakteristik yang sama.

Menurut cerita rakyat Tiongkok kuno, Kaisar Langit ingin memilih 12 hewan yang akan mewakili siklus bulan tahunan. Dia memanggil hewan-hewan yang tertarik untuk pergi ke Gerbang Surgawi; 12 hewan pertama yang tiba akan dipilih.

Tikus yang cerdik, yang bangun pagi, memimpin, tetapi di sepanjang jalan, ia menemukan sungai yang tidak dapat dilintasi. Melihat seekor sapi di dekatnya akan menyeberang melalui air, tikus itu melompat ke atas hewan yang besar dankokoh itu, menumpang dan melompat tepat pada waktunya untuk mendapatkan tempat pertama. Itulah mengapa tikus adalah hewan pertama dalam zodiak, sedangkan sapi yang tenang dan dapat diandalkan adalah yang kedua.

Seekor harimau tiba setelah berenang yang melelahkan melalui arus sungai yang kuat dengan berani dan kompetitif, itu menang dan berada di posisi ketiga. Seekor kelinci mengikuti di urutan keempat; setelah beberapa kesulitan, ia menemukan batang kayu yang mengapung dan menggunakannya untuk menyeberangi perairan yang berombak.

Hewan Mitologi Naga - Image from Freepik.com

Hewan kelima adalah satu-satunya makhluk mitos di zodiac, yaitu naga. Legenda mengatakan bahwa naga yang dermawan menarik diri dari perlombaan untuk menyelamatkan beberapa penduduk desa terdekat yang sedang memadamkan api. Ketika kembali ke perlombaan, ia melihat kelinci itu berjuang untuk menyeberangi sungai dan menggunakan kekuatan nafasnya untuk membantunya mencapai daratan.

Zodiak Ular - Image from Internet. Segala kelhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Seekor ular datang keenam. Menurut ceritanya, kuda yang berlari kencang seharusnya menjadi yang berikutnya, tetapi dia tidak memperhatikan bahwa ular yang licik itu melingkari kakinya. Di saat-saat terakhir, ular itu membuka melepaskan diri dari kaki kuda lalu menakut-nakuti kuda itu. Jadi, kuda itu berada di urutan ketujuh.

Seekor kambing, monyet, dan ayam jantan masuk, di posisi kedelapan, kesembilan dan kesepuluh. Bekerja sebagai sebuah tim, mereka telah menemukan rakit kecil dan bersama-sama mengemudikannya dengan aman menyeberangi sungai.

Seekor anjing datang kesebelas. Sangat mungkin ia bisa mendapatkan posisi yang lebih awal, tapi anjing lebih tertarik bermain di sungai daripada menyeberanginya. Air yang segar dan sejuk terlalu menggoda, dan tidak bisa menahan untuk mandi disana.

Adapun babi, yang terakhir karena berhenti untuk makan di sepanjang jalan. Setelah makan cukup banyak, dia mengantuk dan tidur siang cukup lama. Ia bangun tepat pada waktunya untuk mendapatkan tempat kedua belas, muncul sebagai hewan terakhir dalam zodiak.

Ilustrasi Hewan Babi - Image from Freepik.com

Matsnaa Chumairo/Penerjemah

Lupita/Penulis

Terkait

news

Tren Bedah Telinga Peri Semakin Diminati Kaum Muda di China

  • Lupita
  • 13 Jun 2021

news

Anak di China Dilindungi dalam 6 Aspek

  • Djono W. Oesman
  • 09 Jun 2021

culture

Pergi ke Tiongkok Wajib Beli Oleh-oleh Ini

  • Lupita
  • 06 Jun 2021

health

Anak Derita Asma? Kenali Penyebabnya

  • Lupita
  • 05 Jun 2021

news

China Izinkan Warga Punya Tiga Anak

  • Nurul Diah
  • 03 Jun 2021

news

Pemerintah China Tekankan Pendidikan dan Kesehatan yang Baik...

  • Visco Joostensz
  • 03 Jun 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong