Baca dalam 3 menit

Menengok Keindahan"Desa Batu" yang Sangat Asri di Provinsi Zhejiang

Waktu Publish : 23 Feb 2021, 10:55 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Zhejiang, Bolong.id - Desa Yanxia terletak di Kabupaten Jinyun, Lishui, Provinsi Zhejiang. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pintu masuk tol Huzhen. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat, bambu hijau, sungai dan pemandangan yang indah. Desa tersebut dinamai “Desa Batu” karena dibangun dengan ribuan batu raksasa. Jalan kuno, rumah, dan jembatan lengkung semuanya dibangun dengan batu-batuan.

Desa ini dibangun di atas gunung yang terdiri lebih dari 200 rumah batu kuno. Dinding dan lantainya sebagian besar terbuat dari batu. Bangunan tertua dibangun pada tahun 1700. Ada juga jembatan batu, balai leluhur, dan candi yang tersebar di sekitar desa. Seluruh desa seperti kastil batu yang penuh dengan suasana primitif. Banyak bangunan batu kuno memiliki ciri khas volume besar, tata letak yang ketat dan gaya terpadu, yang jarang ditemui di Tiongkok.

Ilustrasi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Mengenai mengapa desa kuno dibangun dengan balok-balok batu, orang-orang tua di desa tersebut mengatakan bahwa Desa Yanxia jauh dari pusat kota. Meski merupakan tempat geomantik yang berharga, namun secara geografis terpencil dan lalu lintas sulit. Hanya ada satu jalan batu kuno untuk menuju ke dunia luar. Hidup penduduk desa hanya mengandalkan pegunungan, hidup mereka terbilang sulit, dan perkembangan ekonomi relatif terbelakang.

Oleh karena itu, penduduk desa menggunakan bahan-bahan lokal untuk membangun rumah dan memilih beberapa batu dari tepi sungai atau aliran gunung sebagai bahan bangunan, Seiring berjalannya waktu, bahan-bahan tersebut diturunkan dari generasi ke generasi, dan rumah-rumah kuno yang dibangun dengan batu ini ditinggalkan. 


Ilustrasi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Selama ratusan tahun perkembangan sejarah, penduduk desa Yanxia masih mempertahankan kebiasaan dan gaya hidup para pendahulu mereka. Hingga kini, rumah batu ini berdiri sendiri, hangat di musim dingin, dan sejuk di musim panas, sederhana dan murni. 

Desa ini secara berturut-turut telah dinobatkan sebagai "Sepuluh Desa Terindah di Kota Lishui", "Desa Wisata di Provinsi Zhejiang", dan "Desa Tradisional Tionghoa". (*)

Terkait

lifestyle

Menengok Keindahan"Desa Batu" yang Sangat Asri di Provinsi Z...

  • Lupita
  • 23 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong