Baca dalam 3 menit

Sekilas Tentang Marga Dong (董) dan Para Tokoh Penyandangnya

Waktu Publish : 27 Feb 2021, 09:08 WIB
SHARE ARTIKEL

Tokoh dengan Marga Dong - Image from Bolong.id

Bolong.id - Marga Dong (董) adalah salah satu nama keluarga Tiongkok. Berada di peringkat ke-127 dalam "Seratus Nama Keluarga". Pada tahun 2019, Dong (董) adalah marga paling umum ke-35 di Tiongkok Daratan, digunakan oleh 6.770.000 orang atau 0,510% dari seluruh populasi. Marga Dong (董) dalam bahasa Tiongkok memiliki arti 'mengawasi' atau 'mengelola'.

Sejarah

Ada beberapa sejarah mengenai marga Dong (董):

1. Pada masa Musim Semi dan Musim Gugur, seorang pejabat bernama Zhou Xin memiliki dua orang anak laki-laki yang mengabdi pada negara Jin sebagai sejarawan, yang dipanggil sebagai Dong Shi (董史). Keturunan mereka meneruskan jabatan tersebut dan mempergunakan nama Dong (董) dari nama jabatan Dong Shi (董史) sebagai nama marga mereka.

2. Konon Dong Fu, cucu Huilian piawai menjinakkan naga. Suatu hari, seseorang menghadiahkan Kaisar Shun beberapa naga, yang membutuhkan seseorang untuk melatih dan memeliharanya. Istana kerajaan kemudian memberikan misi ini kepada Dong Fu. Ia dengan cermat menjinakkan naga ini dan mengajari mereka berbagai tarian. Kaisar Shun sangat senang dengan upaya Dong (董) dan menganugerahkan gelar Huanlong dan nama keluarga Dong (董) kepada klannya. Sejak saat itu, keturunan Dong (董) menggunakan nama keluarga Dong (董). Situs kuno dengan nama keluarga Dong (董) berada di dalam provinsi Shanxi hari ini.

Penyebutan Marga Dong (董)

Dalam dialek kanton, marga Dong (董) diromanisasi menjadi Tong atau Tung. Dalam bahasa Vietnam diromanisasi menjadi Đổng.

Tokoh

Tung Kuo-yu (董國猷), Wakil Menteri Luar Negeri Republik Tiongkok (2011–2013)

Tung Soo Hua (董素华; Dong Suhua), presenter berita televisi Singapura

Dong Yi, Jenderal dari Dinasti Qin

Dong Sicheng (董思成) Nama panggung, Winwin anggota boygroup Korea NCT dan boygroup Tiongkok WayV)

Dong Zijian (董子健), Aktor Tiongkok

Dong Jie atau Angel Dong (董洁), Aktris Tiongkok

Banner Kanan
Logo follow bolong