Baca dalam 3 menit

Sekilas tentang Marga Shen (沈) dan Penyandangnya

Waktu Publish : 12 Feb 2021, 10:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Tokoh Penyandang Marga Shen - Image from Bolong.id

Jakarta, Bolong.id - Shen 沈 adalah nama keluarga ke-14 dalam Seratus Nama Keluarga. Sejak Dinasti Song Utara (960AD), Shen 沈 selalu menempati peringkat di atas 60 nama keluarga teratas di Tiongkok.

Shen adalah nama keluarga paling umum ke-52 di Tiongkok daratan pada tahun 2019 dan peringkat ke-40 dalam 100 nama keluarga dan marga paling umum di Taiwan pada tahun 2016. Konsentrasi tertinggi Marga Shen 沈 berada di provinsi pesisir timur Tiongkok, Jiangsu dan Zhejiang. Dari 30 kota teratas di Tiongkok, menempati urutan ke-6 paling umum di Hangzhou dan ke-8 paling umum di Shanghai.

Sejarah

Marga Shen 沈 muncul dari beberapa sumber yang tidak berkaitan. Penjelasannya sebagai berikut:

Pertama, Sebuah Kerajaan bernama Shen 沈 di Kabupaten Runan, Henan, orang-orangnya adalah keturunan dari Shao Hao, cucu dari guru Zhuanxu dan ayah dari Yun Ge dan Tai Dai. Tai Dai dianugerahi Shanxi atas prestasinya dalam mengendalikan banjir Sungai Kuning dan keturunannya dibagi menjadi empat "kerajaan" yaitu Shen, Yi, Ru, dan Huang.

Kerajaan Shen memilih untuk tidak berpartisipasi dalam kampanye kerajaan utara melawan Chu pada 506 SM, lalu diserang dan dihancurkan oleh Cai. Para penguasa dan pengikut dari negara bagian sebelumnya kemudian memakai nama klan Shen untuk membedakan diri mereka.

Kedua, berasal dari keluarga Mi 芈 Chu selama periode Musim Semi dan Musim Gugur. Chu telah menaklukkan daerah Shen dan, pada 506 SM, gubernurnya adalah Shenyin Shu - seorang pemimpin lapangan Chu dari cabang kadet keluarga kerajaan.

Dia terbunuh dalam Pertempuran Boju tahun itu, menentang invasi Wu yang dipimpin oleh Wu Zixu dan Sun Tzu. Dalam ingatannya, beberapa keturunan dan pengikutnya mengadopsi nama klan Shen untuk wilayah kekuasaannya.

Sementara, yang lain menjadi Ye setelah wilayah kekuasaan diberikan kepada putra Shenyin Shu. Shen Zhuliang, lebih dikenal sebagai Adipati Ye (葉公, Ye Gong).

Penyebutan

Shen 沈 diromanisasi sebagai Sum, Sem, Sam, atau Shum dalam bahasa Kanton. Dalam bahasa Hokkien disebut Sim, dan di Hakka disebut Shim. Dalam bahasa Korea Shim 심, dan disebut Thẩm dalam bahasa Vietnam.

Tokoh

Shen Congwen, Salah satu penulis modern terkenal di China

Shen Yue, Aktris China

Shen Teng, Aktor China

Shen Mengchen, Aktris dan Host TV

Jerry Shen, CEO Asus

Terkait

news

Beberapa Vaksin Masih Ampuh Terhadap Virus Baru Asal India

  • Visco Joostensz
  • 12 Jun 2021

news

Sistem Pandemi Lemah, Pejabat Daerah di China Disanksi

  • Djono W. Oesman
  • 08 Jun 2021

technology

Robot China Tembus Rekor Baru Menyelam Lebih dari 10 Ribu Me...

  • Lupita
  • 05 Jun 2021

news

Facebook - TikTok Terancam Blokir Jika Tak Penuhi Ini

  • Lupita
  • 24 May 2021

news

Indonesia Kecolongan Masuk Mutasi Covid-19 dari Luar Negeri

  • Lupita
  • 06 May 2021

news

Fakta B1617, Varian Baru COVID-19 yang Hebohkan India

  • Visco Joostensz
  • 06 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong