Baca dalam 3 menit

Xi Harapkan Anggota Non-Partai untuk Bangun Konsensus Lebih Luas

Waktu Publish : 07 Feb 2021, 18:02 WIB
SHARE ARTIKEL

Pertemuan rapat Xi Jinping dengan para para pemimpin dari partai non-Komunis dan Federasi Industri dan Perdagangan Seluruh Tiongkok - Image from Xinhua

Beijing, Bolong.id - Xi Jinping, sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), meminta upaya dari anggota non-Partai untuk secara aktif menyumbangkan saran dan pendapat mereka demi meningkatkan tata kelola negara. Diucapkan Presiden China itu pada Senin (1/2/2021), peningkatan upaya tersebut khususnya diperlukan dalam penulisan bab baru kerja sama multipartai di era baru.

Dilaporkan oleh China Daily pada Selasa (2/2/2021), Xi melontarkan pernyataan itu dalam pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan dari partai non-Komunis, Federasi Industri dan Perdagangan Seluruh China dan orang-orang tanpa afiliasi partai.

Atas nama Komite Sentral CPC, Xi tidak lupa untuk turut menyampaikan salam tulus dan harapan terbaiknya kepada non-anggota Partai serta mereka yang terlibat dalam pekerjaan front persatuan untuk Tahun Baru Imlek mendatang, yang jatuh pada 12 Februari.

Dia mengatakan 2021 menandai tahun pertama bagi negara itu untuk menerapkan Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025) untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional dan untuk memulai perjalanan baru dalam membangun China sepenuhnya menjadi negara sosialis modern. Tahun ini, CPC akan merayakan ulang tahun keseratusnya, tambahnya.

Xi mendesak anggota non-Partai untuk meneguhkan keyakinan mereka pada sosialisme dengan karakteristik China, dan menegakkan serta meningkatkan sistem kerja sama multipartai dan konsultasi politik yang dipimpin oleh CPC.

Dia juga meminta mereka untuk memenuhi tanggung jawab mengumpulkan kebijaksanaan dan membangun konsensus dalam menerapkan filosofi pembangunan baru serta membangun paradigma pembangunan baru "sirkulasi ganda" dalam tahap pembangunan yang akan datang.

Tak hanya itu, Xi memuji anggota non-Partai untuk kontribusinya dalam satu tahun terakhir dalam perang melawan pandemi COVID-19, mengatakan bahwa mereka teguh berdiri dengan CPC, membantu Partai melawan virus, dan memberikan dukungan yang signifikan kepada Komite Sentral CPC dalam bidang ilmiah dan pengambilan keputusan yang demokratis.

Dia menekankan perlunya non-anggota Partai untuk terus membantu Partai dan pemerintah membangun konsensus yang lebih luas, menyelesaikan perselisihan dan menegakkan stabilitas sosial guna mengumpulkan kekuatan yang lebih besar untuk mengikuti dan mengembangkan sosialisme dengan karakteristik Tionghoa di era baru.

Xi juga mengungkapkan harapan bahwa anggota non-Partai dapat memberikan pendekatan dan saran yang lebih pragmatis kepada Komite Sentral CPC dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Lupita/Penulis

Terkait

news

China Akan Pertimbangkan Amandemen UU Keluarga Berencana

  • Lupita
  • 28 Jul 2021

news

China Perkuat Pengawasan Kosmetik Anak

  • Lupita
  • 27 Jul 2021

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Sambut Hari Anak Nasional, KBRI Beijing Kedatangan Siswa Chi...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Populasi China Akan Unggul untuk Waktu Lama

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

China Keluarkan Langkah-langkah Pendukung Kebijakan Tiga Ana...

  • Lupita
  • 22 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2