Baca dalam 3 menit

Jackie Chan Ultah ke-67, Begini Biografi Singkatnya

Waktu Publish : 07 Apr 2021, 12:43 WIB
Sumber : wiki
SHARE ARTIKEL

Jackie Chan - Image from kompas

Jakarta, Bolong.id - Tepat 67 tahun lalu, Jackie Chan lahir di Hongkong. Jackie merupakan seorang anak dari Charles dan Lee-Lee Chan dan menamainya menjadi Chan Kong-sang ((陳港生) yang berarti “lahir di Hong Kong”.

Namun, meskipun terlahir di keluarga yang kurang berkecukupan, mereka cukup beruntung telah memiliki pekerjaan yang bagus di kedutaan Prancis di Hong Kong. Charles sendiri merupakan seorang juru masak serta Lee-Lee adalah seorang pengurus rumah tangga.

Setahun kemudian setelah pindah, Chan dikirim kembali ke Hong Kong oleh orangtuanya untuk masuk ke sekolah asrama dengan aturan yang ketat. Dalam sekolah ini Chan mulai belajar soal jiangxi atau opera China. Sejak usia tujuh tahun ia sudah belajar akrobat, bernyanyi, bela diri dan pantomim.

Awal Karir

Chan mulai dikenal publik ketika produser film indie, Lo Wei, sedang mencari suksesor untuk Bruce Lee. Lo Wei kemudian merekrut Jackie Chan dalam serangkaian film kung fu berbujet rendah pada tahun 1976-1978.

Tidak seperti Bruce Lee yang menampilkan kesan garang, pada 1978, Chan memperkenalkan akting khasnya yang mengombinasikan laga dan komedi. Hal tersebut terbukti sukses di film-film pertamanya, She Xing Diao Shu (Ular dalam Bayangan Sang Elang) dan Zui Quan (Dewa Mabuk).

Dia kemudian menulis skenario, menyutradarai, sekaligus membintangi film berjudul Xiao Quan Guai Zhao (Hyena yang Pemberani) pada 1979. Pada 1980, Chan memulai debutnya bersama rumah produksi Golden Harvest dengan film berjudul Shi di Chu Ma (Tuan Muda).

Jackie Chan - Image from Kompas



Pada awal periode 1980-an, ketika film-filmnya tidak menghasilkan keuntungan secara komersil di bioskop berbahasa Inggris, Chan mulai meninggalkan genre seni bela diri tradisional.

Dia mulai membuat film aksi petualangan bertema modern seperti 'A' Jihua (Proyek A, 1983) dan Jing Cha Gu Shi (Police Story, 1985), serta sekuelnya. Film-film ini memperlihatkan bakat Chan dalam penyutradaraan dan kelihaiannya di bidang koreografi lagi.

Aksi-aksi akrobatiknya seringkali nekat dan berbahaya. Chan hampir kehilangan nyawanya saat proses terjatuh di proses syuting Lung hing foo dai (Baju Zirah Dewa, 1986). Akibat kecelakaan itu, Chan mengalami cedera serius di tengkorak kepala dan mengganggu pendengarannya.

Menembus Hollywood

Pada tahun 1990-an, Jackie Chan akhirnya berhasil menembus pasar Amerika Serikat. Dia mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award dari MTV pada tahun 1995.

Pada tahun yang sama, film blockbuster-nya yang berjudul Rumble in the Bronx rilis di AS bersama dengan beberapa judul film Hong Kong lamanya. Chan kemudian beradu peran dengan komedian AS Chris Tucker dalam Rush Hour (1998). Film ini sukses besar di pasaran dan menelurkan dua sekuel (2001 dan 2007).

Jackie Chan - Image from Idntimes


Chan meneruskan kariernya di Hollywood dengan membintangi sejumlah film seperti Shanghai Noon (2000), The Tuxedo (2002), The Forbidden Kingdom (2008), dan The Spy Next Door (2010).

Chan juga membintangi film remake tahun 1984, The Karate Kid (2010), dan film thriller The Foreigner (2017). Dia juga mengisi suara dalam film animasi terkenal Kung Fu Panda (2008) dan dua sequelnya (2011 dan 2016), The Nut Job 2: Nutty by Nature (2017), dan The LEGO Ninjago Movie (2017).

Pada tahun 2016, Chan menjadi aktor keturunan Tiongkok pertama yang menerima penghargaan kehormatan Academy Award.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kariernya. Selain akting, Chan juga meniti karir di industi musik Hong Kong dengan merilis sejumlah album orisinil mulai 1984.

Dia juga mendirikian Yayasan Amal Jacki Chan pada 1998, yang salah satu tujuannya adalah memberi beasiswa bagi anak muda di Hong Kong. Jackie Chan juga bekerja sebagai Duta UNICEF.

Terkait

culture

Potret Rumah Mewah Aktor Laga Jackie Chan

  • Lupita
  • 02 Nov 2020

lifestyle

Benarkah Jackie Chan Berselingkuh?

  • Visco Joostensz
  • 20 Mar 2021

culture

SEJARAH: Tepat Hari Ini Jackie Chan Lahir di Hong Kong

  • Lupita
  • 07 Apr 2021

lifestyle

Jackie Chan: Kerja Keras untuk Tunjukan Budaya Tiongkok pada...

  • Lupita
  • 09 Apr 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong