Baca dalam 7 menit

Cobain Minuman Herbal Favorit dan Tersehat di Tiongkok Ini

Waktu Publish : 06 Jun 2021, 12:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Teh Krisan - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Minuman kesehatan dan minuman herbal organik semakin populer di Barat. Apa saja yang telah diminum oleh orang Tiongkok untuk menjaga kesehatan selama berabad-abad?

Dilansir dari China Highlights, berikut adalah 10 minuman herbal alami dan tradisional teratas yang akan Anda temukan di Tiongkok yang paling sehat untuk Anda.

1. Teh Hijau (绿茶 lǜ chá)

Selain air, teh hijau adalah minuman yang paling umum diminum di Tiongkok. Tiongkok menghasilkan lebih banyak teh hijau daripada jenis teh lainnya (hitam, merah, hijau, putih).

Sekitar 80% teh hijau dunia ditanam di Tiongkok. Teh hijau umumnya merupakan bentuk teh yang paling sedikit diproses, yaitu hanya daun teh hijau yang dikeringkan.

Teh hijau adalah yang tertinggi dalam berbagai flavonoid yang menetralisir radikal bebas dan juga membantu menyembuhkan atau mencegah berbagai jenis kanker, penyakit jantung dan kerusakan tubuh.

2. Minuman kedelai (豆浆 dòu jiāng)

Minuman kedelai - Image from Sohu

Ini adalah minuman tradisional di Tiongkok dan telah diminum selama berabad-abad. Bagi banyak orang, dan makanan pokok sehari-hari. Dibandingkan 20 tahun yang lalu, minuman kedelai kini menjadi minuman mewah.

Dulunya minuman kedelai hanyalah minuman yang dinikmati petani setiap hari di pagi hari, tetapi sekarang orang Tiongkok telah menemukan ratusan varietas, menggunakan berbagai jenis kacang untuk dicampur dengan kedelai, berbagai bumbu, buah-buahan, vitamin, rasa, dll.

Kedelai telah lama menjadi pengganti daging dan susu untuk orang Tiongkok, dan mengandung protein dan mineral yang tinggi. Susu kedelai yang baik dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi, tekanan darah, kanker, dan obesitas.

Ini mengandung asam lemak jenuh, tak jenuh tunggal, dan tak jenuh ganda. Isoflavon kedelai dapat membantu menjaga kadar estrogen pada wanita menopause dan mencegah osteoporosis.

3. Teh Krisan (菊花 jú huā)

Anda mungkin akan terkejut ketika ini pertama kali disajikan kepada Anda. Ada bunga cantik di dalam poci. Teh ini biasanya disajikan dengan tambahan gula sehingga rasanya manis.

Hal ini sering disajikan sekitar Tahun Baru Imlek sebagai minuman liburan atau sesuatu untuk membantu menangkal demam dan pilek di Guangdong, dan juga banyak disajikan di seluruh Tiongkok sebagai minuman musim panas untuk mendinginkan.

Minum teh krisan membantu anda untuk rileks. Teh ini dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi, diabetes, demam, pilek, sakit kepala, pusing, bau mulut, dan pembengkakan.

Ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menyembuhkan ruam panas. Ini juga digunakan untuk menyembuhkan masalah mata seperti penglihatan kabur. Minuman populer untuk meningkatkan penglihatan adalah teh krisan dan goji berry.

4. Teh Susu (奶茶 nǎi chá)

Teh susu sangat populer sekarang terutama sejak Bubble Tea diperkenalkan dari Taiwan dalam 20 tahun terakhir. Meskipun sudah lama dicintai oleh orang Tibet dan India, orang Tiongkok secara tradisional minum sedikit susu. Kemudian pada abad terakhir, teh susu menjadi minuman standar di Hong Kong.

Teh susu biasanya terbuat dari teh merah Tiongkok, sehingga Anda mendapatkan manfaat teh, sekaligus manfaat susu.

5. Wang Lao Ji (王老吉 wáng lǎo jí)

Wang Lao Ji - Image from soso.nipic.com

Banyak kios di Tiongkok menjual "teh pendingin" buatan sendiri, teh herbal yang diseduh dengan berbagai formula terutama pada hari-hari yang panas.

Merek minuman jenis ini Wang Lao Ji yang populer di Tiongkok tersedia dalam kemasan kaleng dan karton, dan dijual di mana-mana bersama dengan soda pop dan tersedia sepanjang tahun. Minuman ini lebih populer daripada Coke atau Pepsi.

Wang Lao Ji terasa seperti root beer non-karbonasi dan seperti luohanguo. Minuman ini populer di musim panas sebagai minuman pendingin.

6. Teh Osmanthus (桂花 guìhuā)

Ini adalah teh favorit di Tiongkok selatan, dan terutama di Guilin — nama kota ini bila diterjemahkan menjadi 'Hutan Osmanthus'. Osmanthus adalah salah satu minuman musim panas paling populer di Tiongkok, yang disebut guihua suanmei tang (桂花酸梅湯 'sup prem asam bunga osmanthus').

Osmanthus memiliki efek menenangkan yang membuatnya baik untuk dikonsumsi setelah makan malam dan sebelum tidur.

7. Teh Ginseng (人参 rén shēn)

Ini adalah ramuan favorit untuk orang tua di Tiongkok dan sangat diminati. Dipercaya efektif untuk anti-penuaan, meningkatkan kecerdasan, dan membantu orang berpikir.

Saat ini, ginseng Amerika banyak dijual bersama dengan Ginseng Asia di toko-toko dan toko obat tradisional di mana-mana. Gingseng dapat membantu memulihkan dan mengatasi stress.

8. Teh Jahe (姜 jiāng)

Jahe adalah salah satu dari 10 Herbal dan Rempah-Rempah Paling Umum yang Digunakan untuk memberi rasa pada Makanan Tiongkok, dan teh jahe adalah obat flu yang populer di Tiongkok.

Banyak orang merebus jahe untuk membuat teh yang membantu orang pulih dari flu dan memperkuat tubuh (sering dicampur dengan gula merah). Minuman ini kaya antioksidan dan anti-mutagenik.

9. Teh Buah Biksu (罗汉果 luó hàn guǒ)

Luo Han Guo - Image from Chinese Acupunctuur Centrum

Luohanguo sangatlah murah dan bisa ditemukan di toko-toko sekitar. Satu saja sudah cukup untuk dinikmati 10 orang.

Luohanguo digunakan untuk menyeduh berbagai jenis teh dan minuman. Ini cukup lezat dan manis jika hanya direndam dalam air panas saja.

Ini sangat berguna bagi penderita diabetes sebagai pengganti gula. Ini adalah buah yang tinggi dalam banyak elemen bermanfaat dan asam lemak bermanfaat dari berbagai jenis serta vitamin C.

10. Pu'er (普洱茶 pu 'er chá)

The pu’er dapat mengatasi stres beberapa saat setelah Anda meminumnya. Mikroba yang memfermentasi teh ini meninggalkan bahan kimia yang bermanfaat, sedikit menenangkan dan menyehatkan.

Pu'er adalah produk Yunnan dan banyak diminum di sana. Orang Tibet baik di Tibet maupun di tempat lain di Tiongkok mencampurnya dengan susu sapi dan mentega saat minum pu'er.


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong