Baca dalam 5 menit

Jenis Hubungan Internasional Baru Seperti Apa yang Diusulkan China?

Waktu Publish : 16 Jun 2021, 09:34 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Forbidden City - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok (PKT) ke-19 membuat rencana komprehensif untuk mempromosikan kemajuan ekonomi, politik, budaya, sosial dan lingkungan di Tiongkok. Tiongkok akan melanjutkan pembangunan yang berpusat pada masyarakat dan selanjutnya menerapkan visi pembangunan yang inovatif, terkoordinasi, hijau, terbuka, dan bersama-sama.

Dengan memperkenalkan reformasi mendalam di semua bidang, pemerintah berharap dapat menginspirasi kreativitas di seluruh masyarakat dan melepaskan dorongan baru untuk pembangunan. Tiongkok akan meningkatkan pembukaan ke tingkat yang lebih tinggi dan mencakup semua area.

Tiongkok tidak akan menutup pintunya ke dunia, dan akan membukanya menjadi lebih lebar. Tiongkok memiliki tujuan besar namun sederhana – kehidupan yang lebih baik bagi semua rakyat. Dan Tiongkok memiliki keyakinan penuh dalam mencapai tujuan ini.

Dilansir dari CGTN pada Selasa (15/6/2021), Tiongkok selalu mengusulkan agar orang-orang dari semua negara memiliki hak untuk memilih jalur pembangunan mereka sendiri. Tidak ada jalur pembangunan universal di dunia. Jika semuanya sama, perkembangan berbagai hal dan kemajuan dunia akan berhenti.

Adalah orang-orang dari suatu negara yang paling tepat untuk menilai apakah jalur pembangunan yang mereka pilih untuk diri mereka sendiri cocok atau tidak. Tiongkok menghormati keragaman peradaban dan menganjurkan pertukaran dan pembelajaran bersama.

Tiongkok bersedia untuk memperkuat pertukaran pengalaman tentang tata kelola dan administrasi negara dengan negara lain dan memanfaatkan kekuatan satu sama lain untuk mengimbangi kelemahan dan untuk membuat kemajuan lebih lanjut bersama.

Dunia adalah desa global di mana semua negara melewati suka dan duka bersama dengan saling ketergantungan. Tiongkok akan mempromosikan pembangunan jenis hubungan internasional yang baru dan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, yang merupakan tujuan diplomasi Tiongkok di era baru yang ditempuhnya, serta arah yang dituju oleh semua negara di seluruh dunia yang harus diperjuangkan.

Mempromosikan pembangunan jenis hubungan internasional baru ini berarti menjunjung tinggi rasa saling menghormati, keadilan, dan kerja sama yang saling menguntungkan sembari mengabaikan hukum rimba yang tidak peduli akan belas kasihan yang kuat, serta untuk mengeksplorasi jalur baru pertukaran negara-dengan-negara melalui dialog daripada konfrontasi, dan membentuk kemitraan daripada aliansi.

Mempromosikan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia berarti membangun dunia yang terbuka, inklusif, bersih, dan indah yang menikmati perdamaian abadi, keamanan universal, dan kemakmuran bersama.

Chinese Dream telah mewujudkan pembagi bersama terbesar dari pengejaran bersama rakyat Tiongkok untuk kehidupan yang lebih baik, dan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia telah mewakili pembagi bersama terbesar dari semua bangsa di dunia untuk perdamaian, pembangunan, dan kemakmuran.

Dengan populasi lebih dari 1,3 miliar orang, Tiongkok telah mempertahankan pembangunan jangka panjang dan stabil, yang berkontribusi pada pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia. Tiongkok akan tetap berkomitmen pada jalan pembangunan damai, dan tidak akan pernah memulai jalan di mana negara kuat terikat untuk mencari hegemoni.

Tiongkok dengan tegas mengejar kebijakan perdamaian luar negeri yang independen, menjunjung tinggi keadilan internasional, menentang pemaksaan kehendak seseorang pada orang lain, menolak campur tangan urusan internal negara lain, dan menentang penindasan yang kuat terhadap yang lemah.

Kerja sama Tiongkok dengan seluruh dunia dan promosi pembangunan bersama Belt and Road tidak pernah menambah kondisi yang dapat mengganggu urusan dalam negeri negara lain. Tiongkok akan bekerja secara aktif untuk mengembangkan kemitraan global, memperluas titik-titik konvergensi kepentingan bersama dengan negara-negara lain, terus memfasilitasi koordinasi dan kerja sama antar negara-negara besar, memperdalam hubungannya dengan negara-negara tetangga, serta meningkatkan persatuan dan kerja sama dengan negara-negara berkembang. Tiongkok akan menjunjung tinggi kebijakan nasional dasar keterbukaan terhadap dunia luar. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

65 Negara Dukung China Untuk Tidak Campuri Urusan Dalam Nege...

  • Lupita
  • 23 Jun 2021

news

Putin: Rusia Siap Bekerja Sama dengan Tiongkok untuk Menjaga...

  • Nurul Diah
  • 27 May 2021

news

Wang Yi: Jepang Harus Melihat Perkembangan China dengan Lebi...

  • Esy Gracia
  • 08 Apr 2021

news

Nigeria Terima Drone Pengintai Bersenjata Produk China

  • Aisyah Hidayatullah
  • 12 Nov 2020

news

Xi Jinping Pertimbangkan Kebutuhan Vaksin Negara Anggota SCO

  • Aisyah Hidayatullah
  • 12 Nov 2020

news

China Tangguhkan Masuknya Orang Asing dari Beberapa Negara, ...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 07 Nov 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong