Baca dalam 3 menit

Lin Dan, Atlet Bulu Tangkis Berprestasi Asal China

Waktu Publish : 15 Jun 2021, 11:40 WIB
Sumber : Baidu
SHARE ARTIKEL

Lin Dan - Image from China Daily

Bolong.id - Beberapa orang ditakdirkan untuk dilahirkan untuk satu hal tertentu, seperti Jordan, Yao Ming dan bola basket, Bolt dan sprint, serta Lin Dan dan bulu tangkis yang akan kita bicarakan hari ini.

Jika tidak ada bulu tangkis, Lin Dan yang lahir Pada tahun 1983, mungkin hanya akan jadi orang biasa, tetapi berkat bulu tangkis, ia kini menjadi super terkenal yang hebat dibidangnya.

Dilansir dari Baidu pada Minggu (13/6/2021), Lin Dan lahir pada tahun 1983, tingginya 178 cm dan berat 72 kg. Ia berasal dari Longyan, Provinsi Fujian. Karena nakal dan aktif sejak kecil, Lin Dan yang berusia 5 tahun dikirim oleh orang tuanya ke kelas bulu tangkis.

Lin Dan yang kidal menarik perhatian pelatih, apalagi setelah latihan sistematis, kelebihan dan potensi bakat fisik Lin Dan mulai meledak. Penampilan luar biasa memungkinkan Lin Dan memasuki Sekolah Olahraga Provinsi Fujian untuk memulai pelatihan.

Saat itu, Lin Dan baru berusia 12 tahun. Ketika kebanyakan orang masih berada dalam pelukan orang tua mereka, ia menghabiskan setiap harinya untuk berlatih bulu tangkis.

Upaya akhirnya akan membuahkan hasil. Pada tahun 1995, Lin Dan yang berusia 12 tahun memenangkan Kejuaraan Tunggal Remaja Nasional. Bakatnya yang luar biasa juga diapresiasi oleh Tim Bulu Tangkis Bayi (八一队). Lin Dan terpilih, dan memulai karirnya di Tim Bulu Tangkis Bayi (八一队) di usia 12 tahun.

Masuk timnas pada usia 17 tahun, Lin Dan mendapatkan peringkat pertama dunia pada usia 19 tahun, lima kali juara berturut-turut di Piala Thomson, enam kali juara berturut-turut di Piala Sudirman, dua kali juara tunggal putra Olimpiade, lima kali Kejuaraan Dunia tunggal putra, dll.

Sejak memulai debutnya di tim, Lin Dan memenangkan 20 gelar kejuaraan dunia saat mewakili tim Bayi (八一队) di liga domestik dan Pertandingan Nasional, Lin Dan bahkan tak terkalahkan.

Pada usia 12 tahun, ia bergabung dengan Tim Bulu Tangkis Bayi (八一队). Karena kontroversi yang disebabkan oleh tato, Lin Dan memilih untuk pensiun.

Setelah meninggalkan Tim Bulu Tangkis Bayi (八一队), Lin Dan berhenti sebagai atlet dan memilih untuk bergabung sebagai talent di bidang teknis.

Apa perbedaan antara keduanya? Meninggalkan identitas sebagai atlet, Lin Dan sekarang hanyalah staf profesional biasa dari Biro Olahraga Beijing. Lin Dan kini bisnisnya dengan lebih baik dan terus mendorong perkembangan bulu tangkis Tiongkok.

Meskipun terkait dengan Biro Olahraga Beijing, Lin Dan berbeda dengan staf biasa. Ia bertugas untuk menyelesaikan beberapa tugas promosi yang diberikan oleh Biro Olahraga.

Mengenai gaji, gaji tahunan Lin Dan adalah sekitar 180.000-200.000 yuan, tapi diyakini Lin Dan tidak akan peduli dengan ini. Yang dia pedulikan adalah dia bisa terus bersinar di industri bulu tangkis. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Pebulutangkis Legenda Tiongkok, Lin Dan, Umumkan Pensiun

  • Yohana Intan
  • 05 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3