Baca dalam 3 menit

Pakaian Luar Angkasa Buatan China Terbukti Aman

Waktu Publish : 09 Jul 2021, 08:40 WIB
Sumber : 人民网
SHARE ARTIKEL

Astronot China di Luar Angkasa - Image from egindo

Bolong.id - Pakaian luar angkasa Tiongkok yang dikembangkan sendiri telah memastikan keselamatan astronot selama mereka tinggal di modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe dan saat melakukan kegiatan ekstravehicular (EVA) di luar modul.

Dilansir dari 人民网 pada Kamis (8/7/2021), perlengkapan luar angkasa termasuk pakaian antariksa intravehicular dan pakaian luar angkasa ekstravehicular, menurut skenario yang berbeda, kata Zhang Wanxin, direktur proyek pakaian astronot di bawah Astronaut Center of China (ACC).

Pakaian antariksa intravehicular, yang dipakai astronot di dalam pesawat ruang angkasa, memastikan ventilasi dan pembuangan panas para astronot dalam keadaan normal dan menyediakan oksigen untuk memastikan keselamatan mereka begitu pesawat ruang angkasa bocor, tambah Zhang.

Pakaian ekstravehicular, seperti pesawat kecil, memberikan perlindungan lingkungan yang aman dan efektif, kontrol lingkungan dan dukungan kehidupan bagi astronot ketika mereka bekerja di luar pesawat ruang angkasa, katanya, menambahkan bahwa pakaian ekstravehicular seharusnya tidak hanya memenuhi kebutuhan pendukung kehidupan astronot tetapi juga memungkinkan mereka untuk menyelesaikan kegiatan ekstravehicular.

Pakaian luar angkasa ekstravehicular generasi baru yang digunakan dalam misi ekstravehicular ini tingginya sekitar 2 meter dan beratnya lebih dari 100 kilogram, dengan masa pakai lebih lama, keandalan yang lebih tinggi, dan fleksibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya, menurut Zhang.

Meski berat, pakaian ekstravehicular menggunakan struktur bionik untuk memfasilitasi aktivitas astronot. Semua sendi anggota tubuh atas dan bawah dilengkapi bantalan kedap udara sehingga tangan dan kaki astronot dapat bergerak bebas, menurut China Manned Space Engineering Office (CMSE).

Helm pakaian antariksa dilengkapi dengan kamera, lampu, dan jendela berteknologi tinggi, kata CMSEO, seraya menambahkan bahwa pakaian itu dapat berisi air dan makanan untuk kegiatan ekstravehicular jangka panjang.

Setiap set pakaian luar angkasa ekstravehicular, yang terdiri dari 100 komponen, telah melalui prosedur ketat dalam proses pengembangan, produksi, dan perakitan akhir, kata Deng Xiaowei dengan ACC.

Serangkaian tes lingkungan, tes kinerja tekanan, verifikasi dan evaluasi ergonomis juga telah dilakukan pada pakaian luar angkasa untuk memastikan keselamatan mutlak para astronot, kata Deng. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

18 Astronot China Dipilih untuk Misi Pembangunan Stasiun Lua...

  • Isna Fauziah
  • 08 Oct 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong