Baca dalam 4 menit

Si Imut Zhang Jiaqi yang Tengah Populer karena Berhasil Harumkan Nama China

Waktu Publish : 28 Jul 2021, 15:21 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhang Jiaqi - Image from MN2S

Bolong.id - Nama Zhang Jiangqi kini populer karena telah berhasil mengharumkan nama negaranya dan membawa pulang medali emas bersama Chen Yuxi di cabor selam ganda putri di platform 10 meter Olimpiade Tokyo 2020.

Sejak kecil Zhang sudah memasukin dunia olahraga, di usianya yang baru 4 tahun ibunya sudah memasukkannya dalam klub senam. Tapi karena badannya yang tidak fit ia memutuskan untuk keluar.

Akibatnya, atlet kelahiran 28 Mei 2004 ini dikirim ke klub selam Administrasi Umum Olahraga Negara untuk belajar berenang dan menyelam. Zhang Jiaqi mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan tim utama di Beijing pada tahun 2014.

Pada tanggal 8 Mei 2016, di final platform 10 meter tunggal putri Kejuaraan Selam Nasional, Zhang Jiaqi, yang berpartisipasi dalam kompetisi nasional untuk pertama kalinya, berhasil mencetak skor tertinggi di lompatan ketiga 207C dan memenangkan kejuaraan nasional pertamanya dengan 408,55 poin.

Dilansir dari 小学老师王诚实 pada Selasa (27/7/2021), Jia Qi sangat nakal ketika dia masih kecil, dan hobi melompat-lompat di tempat tidur, bahkan pegas tempat tidur sampai rusak. Ibunya melihat bahwa dia selalu penuh semangat, ceria, dan tidak bisa diam, dan pada akhirnya dia menemukan klub selam untuk menampung dirinya.

Tentu saja, alasan kesuksesan Zhang Jiaqi tidak pernah bisa dikaitkan dengan bakat saja. Pelatih Zhang Jiaqi, Ren Shaofen, yang telah melatih banyak juara Olimpiade seperti Chen Ruolin dan Ren Qian, pernah berkata "Kehidupan pribadinya tidak mengkhawatirkan, dia memiliki pikiran yang fleksibel dan tingkat kecerdasan yang tinggi."

Zhang Jiaqi tingginya 145cm, matanya mungil dan imut. Sebelum memenangkan ganda di Olimpiade Nasional, dia memenangkan platform 10 meter dua kali di Kejuaraan Selam Nasional 2016 dan 2017. Dia dikenal sebagai bintang yang paling dinanti dari platform diving wanita Tiongkok.

Penampilan yang imut dan kepribadian yang baik membuatnya memiliki banyak penggemar."Saya juga ingin melompat untuk waktu yang lama untuk memenangkan banyak medali emas. Saya sangat ingin berpartisipasi di Olimpiade," kata Zhang.

Pada 21 Januari 2021, Zhang Jiaqi/Chen Yuxi memenangkan kejuaraan ganda platform 10 meter putri dengan 364,32 poin di tahap kedua uji coba Olimpiade Tokyo dan Piala Dunia menyelam.

"Olimpiade Tokyo tidak ditunda sebelumnya, dan saya tidak memenuhi syarat, tetapi karena ditunda, saya memiliki kesempatan untuk memenuhi kualifikasi tunggal. Saya pasti akan berusaha yang terbaik."

Seiring bertambahnya usia, dia memahami pentingnya kegigihan "Saya akan mengatur diri saya sebaik mungkin dan terus bekerja keras. Dalam hal kebugaran fisik, saya masih relatif kurang. Saya harus terus memperkuat kebugaran fisik saya dan keterampilan khusus. Saya ingin menstabilkan diri saya sebaik mungkin." (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong