Baca dalam 4 menit

Astronot China Kembali ke Bumi Setelah 3 Bulan di Luar Angkasa

Waktu Publish : 18 Sep 2021, 16:10 WIB
Sumber : Sixth Tone
SHARE ARTIKEL

Tiga astronot yang kembali ke Bumi - Image from Xinhua

Bolong.id - Tiga astronot yang melakukan misi pembangunan stasiun ruang angkasa bersejarah pada bulan Juni kembali ke planet asal mereka pada hari Jumat (17/9/2021), menandai waktu terlama yang dihabiskan astronot di luar angkasa.

Dilansir dari Sixth Tone pada Jumat (17/9/2021), setelah menghabiskan lebih dari 90 hari di orbit Bumi, Nie Haisheng, Liu Boming, dan Tang Hongbo terjun payung ke Gurun Gobi di Daerah Otonomi Mongolia Dalam bagian utara sekitar pukul 13:30.

Jutaan orang menyaksikan peristiwa bersejarah itu secara langsung secara online untuk melihat sekilas tiga pria yang berhasil kembali dari misi mereka — perjalanan luar angkasa berawak pertama Tiongkok sejak 2016.

Saat pintu kapsul kembali terbuka, ketiga pria itu diangkat keluar dari pesawat ruang angkasa dan melambai ke kerumunan. Mereka akan dibawa ke Beijing dengan helikopter untuk makan malam pertama mereka di Bumi dalam beberapa bulan sebelum menjalani observasi medis satu minggu, kata stasiun televisi pemerintah China Central Television.

“Saya tidak akan pernah melupakan ulang tahun ini,” Liu, yang berusia 55 tahun pada hari Jumat (17/9/2021), mengatakan kepada CCTV setelah mendarat. “Keluasan dan keindahan alam semesta sangat mempesona, dan saya beruntung dan senang bisa terbang ke luar angkasa lagi dan melakukan perjalanan luar angkasa di luar stasiun luar angkasa kita sendiri. Saya akan terus berusaha untuk terbang lebih tinggi, lebih jauh, dan lebih lama.”

Tang, yang termuda dari ketiganya, mengirim pesan di TV langsung kepada orang tuanya di provinsi Hunan tengah, mengatakan “Ayah, ibu, saya kembali. Saya dalam keadaan sehat dan bersemangat.”

Ketiganya memulai misi Shenzhou-12, untuk membangun stasiun ruang angkasa Tiongkok Tiangong - atau "istana langit" - pada 17 Juni 2021. Pesawat ruang angkasa mereka merapat dengan modul stasiun ruang angkasa, dijadwalkan akan selesai pada 2022, kurang dari tujuh jam setelah meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Tiongkok utara.

Begitu mereka tiba, ketiga pria itu melakukan serangkaian tugas di stasiun luar angkasa, termasuk dua perjalanan luar angkasa, dan sering berkomunikasi dengan orang-orang di bumi melalui vlog pendek, berbagi potret kehidupan mereka di dunia luar.

Selama perjalanan antariksa, para astronot memasang berbagai peralatan di luar stasiun luar angkasa dan menyesuaikan sudut kamera panorama yang digunakan untuk mengambil gambar Bumi. Kedua tugas tersebut dikatakan telah membuktikan fungsionalitas generasi baru pakaian luar angkasa ekstravehicular Tiongkok, membuka jalan bagi kegiatan serupa di masa depan, menurut China Manned Space Agency.

Menjelang kembalinya para astronot, video yang dirilis oleh CCTV menunjukkan ketiganya memberi hormat kepada staf kontrol darat dan mereka yang mendukung misi luar angkasa. Analis industri menyebut pelayaran itu sebagai ‘momen besar bagi program luar angkasa Tiongkok’ yang akan mendukung program luar angkasa ambisius Tiongkok.

Menyusul kembalinya astronot, Tiongkok berencana untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa kargo ke stasiun luar angkasanya akhir bulan ini, diikuti oleh misi berawak lainnya, Shenzhou-13, pada bulan Oktober. Tiga astronot untuk misi mendatang berencana menghabiskan enam bulan di luar angkasa. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Astronot Shenzhou 13 Sukses Bergabung Dengan Pesawat Kargo T...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

technology

Bahas Kehidupan Astronot Wanita di Luar Angkasa

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Astronot Shenzhou-13 Memasuki Modul Inti Stasiun Luar Angkas...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Dari 3 Astronot Shenzhou-13 Ini, Wang Yaping Paling Cantik

  • Djono W. Oesman
  • 15 Oct 2021

news

Upacara Buka Kapsul Satelit Shenzhou-12

  • Djono W. Oesman
  • 29 Sep 2021

health

Turunkan Berat Badan? Cobain 4 Manfaat Buah Apel

  • Lupita
  • 28 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong