Baca dalam 3 menit

Pagoda Qinglong, Pagoda Berumur Lebih dari 1.300 Tahun

Waktu Publish : 11 Sep 2021, 09:53 WIB
SHARE ARTIKEL

Pagoda Qinglong - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Pagoda adalah sejenis arsitektur yang diperkenalkan oleh agama Buddha, tetapi telah lama menjadi mahakarya arsitektur di Tiongkok kuno. Arti penting menara tidak hanya terbatas pada tingkat arsitektur, tetapi juga mencatat periode sejarah sedimen, membawa agama, estetika, filsafat, dll. Elemen budaya adalah perwujudan intuitif dari kedalaman budaya Tiongkok. Ada 13 pagoda kuno di Shanghai, dan kali ini kita akan membahas salah satu pagoda kuno tertua di Shanghai, yaitu Pagoda Qinglong.

Pagoda Qinglong terletak di Desa Qinglong, Kota Baihe, Distrik Qingpu. Pagoda kuno bernama Pagoda Kuil Longfu, umumnya dikenal sebagai Pagoda Kuil Qinglong, juga dikenal sebagai Pagoda Angsa Liar Qinglong. Pagoda kuno ini awalnya merupakan bagian dari Kuil Baode pada Dinasti Tang. Kuil Baode dibangun pada tahun kedua Tianbao pada Dinasti Tang (743) dan berganti nama menjadi Kuil Longfu pada Dinasti Song. Pagoda Qinglong dibangun selama periode Changqing dari Dinasti Tang, lebih dari 1.300 tahun yang lalu.

Dilansir dari 蛋糕图鉴, pagoda ini telah mengalami banyak perbaikan selama dinasti, dan sempat diberi nama Pagoda Kuil Jiyun selama periode Kangxi di Dinasti Qing. Setelah terkikis oleh angin dan hujan, ditambah dengan kekacauan perang, pagoda kuno itu rusak untuk waktu yang lama. Pagoda ini adalah menara bata bergaya paviliun dengan bentuk segi delapan datar dengan atap yang berat dan pola yang rapi; Memiliki tujuh lantai, dan tinggi aslinya 41,5 meter.

Pada tahun 1956, topan merobohkan menara, berikut tulisan Made in March in the 17th year of Ming Zhenzhen, yang sekarang berada di Museum Distrik Qingpu. Untuk melindungi pagoda kuno, pagar telah dibangun di sekitarnya, yang tidak terbuka untuk umum, dan pengunjung hanya dapat melihatnya dari kejauhan.

Lokasi Pagoda Qinglong adalah tempat kelahiran Shanghai. Dulunya merupakan pelabuhan perdagangan terbesar di Shanghai. Saat itu, ada ribuan kembang api, pedagang, dan administrasi kota yang makmur. Wilayah itu dikenal sebagai Hangzhou Kecil.

Pada akhir Dinasti Song Selatan, Sungai Wusong berangsur-angsur tersumbat. Dari akhir Dinasti Song hingga Dinasti Yuan, muara Sungai Wusong berangsur-angsur menjadi daratan datar. Kapal laut hanya bisa berlabuh di daerah Shanghai Pu, yang lebih dekat ke laut, dan Kota Qinglong mulai menurun. Pagoda Qinglong ini adalah bangunan tengara, yang menyaksikan seluruh proses Kota Qinglong dari kemakmuran hingga kemunduran. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Lagi, Penyerangan Oleh Wisatawan ke Orang Berkostum di Disne...

  • Lupita
  • 17 Oct 2021

news

10 Kota di China Ini Dihuni 44 Juta Perusahaan Startup

  • Djono W. Oesman
  • 16 Oct 2021

culture

SEJARAH: 1993 Festival Film Internasional Shanghai Pertama D...

  • Lupita
  • 14 Oct 2021

lifestyle

Koleksi Baru Mashama Tampil di Pekan Mode Shanghai

  • Djono W. Oesman
  • 11 Oct 2021

news

Perhatian Penduduk Lansia, Shangai Sediakan Gym Khusus Para ...

  • Lupita
  • 05 Oct 2021

news

Keindahan Shanghai di Mata Ekspatriat

  • Djono W. Oesman
  • 04 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong