Baca dalam 3 menit

Wow! Shanghai Gunakan Robot Cerdas Untuk Bersih-bersih Taman

Waktu Publish : 04 Sep 2021, 14:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Robot Xiaodou - Image from Thepaper

Bolong.id – Baru-baru ini sebuah taman di Shanghai memperkerjakan robot imut dan cerdas bernama Xiaodou. Robot cerdas satu ini bertugas untuk memberishkan jalan dan alun-alun di taman.

Robot ini ditenagai menggunakan listrik dan dua disk pembersih di bawah bodi utama berwarna hijau dan hitam. Selain itu juga ada sensor dan pengontrol di bodi utama, yang masing-masing berperan sebagai mata dan otak.

Dilansir dari 周到上海 pada Sabtu (4/8/2021), mata Xiaodou dapat melihat objek dan lingkungan sekitar 360 derajat, dan otaknya dapat memprediksi objek di sekitarnya dan perilaku pejalan kaki berdasarkan persepsi waktu nyata dari informasi lingkungan, dikombinasikan dengan peta presisi tinggi, merumuskan perencanaan jalur, dll.

Staf juga dapat mengontrol Xiaodou dari jarak jauh melalui aplikasi di ponsel untuk menyelesaikan berbagai tugas.

Robot Xiaodou - Image from 周到上海

Sheng Xiaojun, penanggung jawab Taman Douxiang, mengatakan bahwa Xiaodou bertanggung jawab untuk membersihkan area taman seluas sekitar 800 meter persegi. Menurut situasi fungsional Xiaodou saat ini, ini lebih cocok untuk permukaan dengan batas yang relatif jelas dan tanah yang relatif datar. Dia membersihkan daun yang rontok, ranting, dan berbagai sampah rumah tangga kecil seperti sisa kertas dan puntung rokok.

Menurut Sheng, partisipasi Xiaodou dalam pembersihan Taman Douxiang akan membantu mengurangi tenaga manusia, dan pada saat yang sama meningkatkan pengalaman wisatawan saat mengunjungi taman. Dalam kondisi cuaca ekstrem seperti suhu tinggi di musim panas dan suhu rendah di musim dingin, Xiaodou mampu menggantikan pekerja sanitasi dan meringankan beban mereka.

Xiaodou saat ini adalah robot pembersih cerdas pertama yang digunakan di taman di Area Baru Pudong, Shanghai. Departemen pengelolaan taman di distrik baru menyatakan bahwa mereka akan lebih mengeksplorasi dan mempromosikan mekanisasi dan pemeliharaan taman secara cerdas, sehingga layanan yang disempurnakan dapat menembus ke dalam hal-hal kecil pemeliharaan dan pengelolaan taman. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

Wow! Robot Pemadam Kebakaran Buatan China Ini Tahan di Suhu ...

  • Lupita
  • 15 Sep 2021

technology

Perusahaan Robot China Luncurkan Robot Kuda Pertama yang Dap...

  • Lupita
  • 08 Sep 2021

technology

Gila! Wanita Cantik Ini Ternyata Robot dari Shanghai

  • Lupita
  • 01 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong