Baca dalam 6 menit

Sulitnya Masuk Universitas 211 di Tiongkok

Waktu Publish : 16 Jun 2021, 08:45 WIB
Sumber : Tencent
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi siswa Tiongkok Sedang Belajar - Image from VCG

Bolong.id - Pendidikan tinggi di Tiongkok dibagi menjadi universitas 985/211 dan universitas biasa. Bagi Xueba, pintu masuk ke Universitas 985 adalah operasi dasar, sedangkan Universitas 211 adalah fokus dari para siswa SMA.

Didirikan pada tahun 1995, Proyek universitas 211 dirancang untuk meningkatkan standar penelitian universitas top Tiongkok. Lembaga yang mencapai standar tertentu diberi imbalan dana yang meningkat secara signifikan. Ada 112 institusi pendidikan tinggi yang terkait dengan Proyek 211.

Diterima Universitas 211 memang sebuah kebanggaan, tapi nilai yang harus dicapai untuk bisa masuk adalah tantangan yang besar bagi siswa SMA.

Saat ini, tidak banyak universitas 211 di Tiongkok. Selain itu, berdasarkan karakteristik daerah dan kondisi perkembangan, nilai penerimaan dan kuota di setiap perguruan tinggi juga berbeda berbeda. Jadi, setinggi apa nilai yang harus dicapai untuk bisa diterima di universitas 211? Mari kita lihat!

Misalnya, di antara semua provinsi dan kotamadya di Tiongkok, Beijing memiliki tingkat penerimaan tertinggi sebesar 14,1%, Shanghai menempati urutan kedua dengan 13,5%, dan Daerah Otonomi Tibet menempati urutan ketiga dengan 12,7%.

Dilansir dari Tencent pada Senin (14/6/2021), Tingkat penerimaan universitas 211 di provinsi Henan, Shandong, dan Hebei menempati urutan terendah, terutama di Provinsi Henan, di mana tingkat penerimaan 211 universitas hanya 4%. Kuota penerimaan yang begitu rendah membuat sebagian besar siswa SMA mundur.

Pada tahun 2020, ada 1,33 juta kandidat di Provinsi Henan, jika dighitung menurut kuota yang hanya 4%, yang berhasil masuk universitas 211 totalnya kurang dari 36.000 orang.

Berdasarkan data nasional, tingkat pendaftaran universitas 211 kurang dari 10%, dan tingkat penerimaan sangat rendah. Jika Anda seorang mahasiswa biasa, pada dasarnya tidak perlu mempertimbangkan kesempatan untuk masuk ke universitas 211, pilihan terbaik untuk menyerah.

Dibandingkan dengan universitas biasa, apa kelebihan dari universitas 211?

Tujuan dari universitas 211 adalah untuk membangun universitas kelas dunia. Dibandingkan dengan positioning dan tujuan universitas biasa, mereka jelas memiliki landasan yang lebih untuk menarik kandidat berkualitas tinggi.

Pertama, pemosisian yang berbeda akan menghasilkan pilihan akhir yang berbeda. Ilmu yang ditanamkan oleh universitas 211 memiliki nilai sosial yang berbeda dalam perkembangannya ke depan. Jika sifat keduanya berbeda, hasilnya tentu berbeda.

Kedua, pendidikan universitas biasa tidak bisa berpandangan jauh ke depan seperti 211, juga tidak bisa membuat kemajuan besar. Sumber daya pendidikan di universitas 211 adalah yang terbaik. Di satu sisi perlu dukungan kebijakan yang kuat, di sisi lain perlu dukungan sumber daya finansial.

Dengan investasi negara yang besar dan perhatian yang luas dari masyarakat, status sosial dan tingkat pendidikan juga berangsur-angsur membaik. Di perguruan tinggi dan universitas umum, berbagai sumber daya tidak dapat dibandingkan dengan universitas 211.

Terakhir, dibandingkan dengan universitas biasa, lulusan universitas 211 memiliki lebih banyak kesempatan kerja dan kemampuan kerja yang lebih baik ketika mereka baru lulus.

Perusahaan unggulan hanya dapat merekrut di universitas 211, dan tidak pernah merekrut di universitas biasa. Misalnya, Alibaba Group memiliki kegiatan rekrutmen sekolah setiap tahun, tetapi target utama rekrutmen adalah mahasiswa universitas 211.

Universitas Guangxi

Terletak di Nanning, Universitas Guangxi adalah universitas yang komprehensif dan juga universitas 211. Skor penerimaan Universitas Guangxi pada tahun 2020 adalah 571 poin, dan jurusan utama adalah listrik, material dan jurusan lainnya.

Dari perspektif konstruksi disiplin, Universitas Guangxi memiliki banyak disiplin ilmu dan jurusan yang berada di garis depan pengembangan industri dan sedang menuju konstruksi disiplin kelas dunia.

Berikut universitas 211 dengan peluang masuk paling banyak.

Universitas Ningxia

Universitas Ningxia, yang terletak di Kota Yinchuan, adalah universitas komprehensif yang didirikan bersama oleh Kementerian Pendidikan dan Pemerintah Daerah Otonom, dengan fokus pada seni, teknik, dan pertanian.

Sebagai universitas konstruksi utama dari Proyek 211 di Tiongkok, sekolah ini memiliki lebih dari 70 jurusan sarjana, di mana kimia dan teknologi adalah jurusan Kelas A.

Skor penerimaan komprehensif Universitas Ningxia tidak tinggi, umumnya berkisar sekitar 500 poin.

Universitas Teknologi Taiyuan

Universitas Teknologi Taiyuan di Taiyuan dikenal sebagai perguruan tinggi sains dan teknologi tersembunyi. Sekolah ini berfokus pada jurusan sains dan teknik.

Saat ini, Universitas Teknologi Taiyuan berkomitmen untuk membangun disiplin kelas dunia. Skor penerimaan di universitas ini adalah yang terendah di antara universitas teknik 211 di Tiongkok, yaitu diantarai 510-530 poin. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

Universitas Tsinghua dan Peking Ranking ke-16 Internasional

  • Djono W. Oesman
  • 03 Sep 2021

news

KBRI Beijing Tawarkan Beasiswa Universitas di Tiongkok

  • Lupita
  • 27 Jun 2021

culture

Universitas Huaqiao Rayakan HUT ke-60

  • Isna Fauziah
  • 03 Nov 2020

culture

Universitas China Terima Lebih Banyak Siswa Penyandang Disab...

  • Isna Fauziah
  • 28 Oct 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong