Baca dalam 3 menit

Pameran Digital di Beijing, Pengunjung Bisa Rasakan Kehidupan Zaman Dulu!

SHARE ARTIKEL

Pameran digital di Beijing - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Baru-baru ini, sebuah pameran yang beirisi barang khusus di Museum Ibu Kota di Beijing menjadi viral di media sosial Tiongkok. Pameran interaktif digital ini menggunakan teknologi untuk membawa relik kepada orang-orang tanpa perlu relik yang sebenarnya.

Efek digital yang indah menjadi sorotan dari pameran ini.

Sebuah pakaian holografik dari Dinasti Han Barat menarik perhatian para penonton. Pakaian yang sebenarnya, sebuah peninggalan budaya kelas satu Tiongkok, digantung di Museum Hunan di Provinsi Hunan, Tiongkok tengah. Dilansir dari CGTN, Sabtu (31/10/2020).

Dengan bantuan teknologi motion capture, penonton di Beijing dapat "mencoba" pakaian kuno dan membuatnya "menari".

Kebiasaan kuno "pesta arus yang berkelok-kelok" juga merupakan bagian dari pameran, membiarkan pengunjung merasakan kehidupan kerjaan di masa lalu. Jika Anda mengambil cangkir yang mengapung di sungai digital, sebuah puisi akan muncul di depan mata Anda. 

"Dulu, kami hanya dapat mengunjungi pameran di balik kaca tebal dan mempelajarinya melalui pengenalan singkat di dinding," kata Hong Yuan, direktur Departemen Pemasaran dan Hubungan Masyarakat di Tencent.

Hong mengatakan jenis pameran relik baru ini memberi penonton pengalaman yang lebih komprehensif, memungkinkan mereka merasakan budaya dan sejarah di balik relik melalui berbagai jenis interaksi digital.

Konsep "teknologi +" telah diterapkan di berbagai sektor di Tiongkok. Dan sekarang membantu industri budaya untuk mengeksplorasi lebih banyak kemungkinan.(*)

Terkait

culture

Pameran Seni Asia, Digitalisasi dalam Kreasi Seni

  • Isna Fauziah
  • 29 Sep 2020

technology

Pameran Digital di Beijing, Pengunjung Bisa Rasakan Kehidupa...

  • Lupita
  • 31 Oct 2020
Logo follow bolong