Baca dalam 3 menit

China Berencana Bangun Prototipe Stasiun Penelitian Bulan

Waktu Publish : 27 Nov 2020, 11:44 WIB
SHARE ARTIKEL

Stasiun Penelitian Bulan Nasa - Image from tek.id

Haikou, Bolong.id-Tiongkok berencana membangun prototipe stasiun penelitian ilmiah bulan, ini adalah fase keempat dari program eksplorasi bulan di negara itu, kata Wu Weiren, kepala perancang program tersebut.

Prototipe, yang akan terdiri dari beberapa detektor yang beroperasi di orbit bulan dan di permukaan bulan, akan mampu melakukan penelitian ilmiah dan teknologi di bulan, serta verifikasi teknis eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya bulan, kata Wu di Wenchang International Aviation & Aerospace Forum, yang berakhir Rabu (25/11) di Kota Wenchang, provinsi pulau Hainan, Tiongkok Selatan.

Dengan prototipe yang direncanakan, para ilmuwan Tiongkok akan mencari kerja sama dengan rekan internasional untuk membangun stasiun penelitian ilmiah bulan internasional, kata Wu, juga seorang akademisi dari Akademi Teknik Tiongkok. Dilansir dari China Daily, Kamis (26/11/2020).

Pada hari Selasa (24/11), Tiongkok meluncurkan pesawat ruang angkasa Chang'e-5 untuk mengumpulkan dan mengembalikan sampel dari bulan, upaya pertama negara itu untuk mengambil sampel dari benda luar angkasa. Ini menandai akhir dari fase ketiga program eksplorasi bulan Tiongkok.

Menurut rencana program tahap keempat, pesawat ruang angkasa Chang'e-7 akan melakukan eksplorasi komprehensif terhadap topografi Antartika bulan, komposisi material dan lingkungan luar angkasa, kata Wu. (*)


Terkait

technology

Helikopter Tanpa Awak Prototipe Tinggi Pertama Tiogkok Berha...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 23 May 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong