Canggih! Teleskop Radio China Identifikasi 240 Pulsar

06 November 2020, 10:45 WIB

Canggih! Teleskop Radio China Identifikasi 240 Pulsar-Image-1

Teleskop Radio China - Image from China.org

Beijing, Bolong.id - China's Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope (FAST), teleskop radio berparabola terbesar di dunia. Mampu mengidentifikasi lebih dari 240 pulsar (bintang yang berotasi cepat, sisa yang tertinggal dari kematian sebuah bintang masif), menurut National Astronomical Observatories of the Chinese Academy of Sciences.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh FAST, para ilmuwan telah menerbitkan lebih dari 40 makalah berkualitas. Dengan bantuan teleskop canggih, tim peneliti Tiongkok telah menjadi kekuatan kunci dalam mempelajari semburan radio cepat. Dilansir dari Xinhuanet pada Jumat (06/11/2020).

Para peneliti dari National Astronomical Observatories menggunakan FAST untuk mengamati semburan radio cepat berulang yang disebut FRB180301 dan menemukan berbagai ayunan sudut polarisasi, yang memberikan wawasan tentang asal mula semburan radio cepat. Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Nature pada bulan Oktober.

Para peneliti dari Universitas Beijing, Universitas Peking dan National Astronomical Observatories menggunakan FAST untuk mendeteksi semburan radio yang sangat intens dari Galactic magnetar SGR 1935 + 2154 dan menemukan fenomena tersebut terkait dengan kondisi fisik yang sangat khusus. Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Nature pada hari Kamis (05/11).

FAST memiliki potensi besar untuk mendeteksi semburan radio cepat dan gelombang gravitasi, memberikan dukungan data untuk penelitian proses fisik Big Bang. (*)