Baca dalam 3 menit

Indahnya Kota Fenghuang di Hunan, Ada Rumah Panggung!

SHARE ARTIKEL

Rumah panggung - Image from Lovepik

Jakarta, Bolong.id - Kota Fenghuang adalah sebuah kota kecil yang terletak di sebelah barat daya Provinsi Hunan. Kota kuno ini mulai dibangun pada zaman Kaisar Kangxi, Dinasti Qing. Terletak di Prefektur Provinsi Hunan Tiongkok. Kota ini adalah salah satu tempat wisata yang indah dan ramai pengujung.

Kota Fenghuang mendapat namanya sebuah gunung yang terdapat di sebelah barat dayanya, dan bentuk gunung itu seperti seekor phoenix Fenghuang yang sedang terbang. Kira-kira semenarik apa sih kota ini? Yuk kita bahas!

1. Di Kaki Gunung Nanhua

Kota Fenghuang - Image from Travel Nimble


Kota Fenghuang adalah sebuah kota kecil yang terletak di sebelah barat daya Provinsi Hunan. Konon, kota ini disebut Fenghuang karena di latar belakang kota ada sebentuk gunung yang menyerupai bentuk seekor phoenix Fenghuang yang sedang terbang.

Kota kuno ini dibangun di kaki Gunung Nanhua, tepatnya di tebing Sungai Tuojiang. Sebuah jembatan kayu dibangun untuk keluar masuk penduduk setempat.

2. Rumah Panggung

Rumah panggung - Image from Lovepik


Keistimewaan kota kuno Fenghuang terlihat dari bentuk rumah panggung dari kayu. Rumah-rumah kayu yang dibangun di tebing sungai ini disebut diaojiaolou. Dari kejauhan rumah-rumah panggung ini terlihat seperti menggantung disungai. Bentuk rumah panggung ini dibangun untuk melindungi rumah saat sungai banjir


3. Jalan Batu

Jalan batu - Image from Deposit photos

Selain bentuk rumah, keunikan kota kuno Fenghuang terlihat pada jalan-jalan batu, baik pada jalan-jalan utama maupun pada lorong-lorong.

Selain rumah-rumah tradisional, di kota kuno ini kita juga masih terdapat bangunan kuno Istana Huangsiqiao, dinding kuno perbatasan Xiangxi, Istana Chaoyang, kuil, dan lainnya.

4. Sungai Tuojiang

Sungai Tuojiang - Image from Trip advisor

Sungai Tuojiang yang membelah kota kuno Fenghuang menjadi saksi peradaban di Fenghuang. Sungai dangkal dengan air jernih ini berasal dari pegunungan. Selain digunakan untuk lalu lintas sungai dengan perahu, air Sungai Tuojiang yang jernih juga digunakan untuk mandi dan mencuci.

Saat ini, Sungai Tuojiang dimanfaatkan penduduk setempat untuk memanjakan turis. Dengan perahu wisata, turis diajak menikmati keindahan kota Fenghuang dari sisi sungai. Menyaksikan deretan rumah panggung dari kayu yang dibangun di tebing sungai.

Disaat pandemi seperti ini lebih baik untuk dirumah dan jaga kesehatan, tapi jangan lupa kunjungi kota indah ini ya saat berkunjung ke Tiongkok, rasakan sendiri istimewanya! (*)

SHARE ARTIKEL

Terkait

culture

Indahnya Kota Fenghuang di Hunan, Ada Rumah Panggung

  • Lupita
  • 10 Nov 2020
Logo follow bolong