Baca dalam 2 menit

Tantang Adrenalin, Kuil Gantung di Datong Berusia 1500 Tahunan

Waktu Publish : 20 Nov 2021, 16:43 WIB
SHARE ARTIKEL

Kuil Gantung di China Berusia 1500 Tahunan, Menantang Adrenalin Pengunjung- Image from thumb.viva.co.id

Bolong.id - Selain dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk beragama Buddha dan kepercayaan seperti Taoism dan Konghucu yang terbesar di dunia, Tiongkok juga mempunyai bangunan kuil yang jumlahnya sangat banyak.

Namun dari sekian banyaknya kuil-kuil yang berada di Tiongkok, ada sebuah kuil yang tidak biasa dan menarik berada di kota Datong, Provinsi Shanxi, Tiongkok yaitu 'Kuil Gantung'.

Kuil Gantung atau biasa disebut The Hanging Temple, Hanging Monastery atau Xuankong Temple merupakan sebuah kuil yang dibangun pada tebing pegunungan Heng yang merupakan satu dari 5 pegunungan suci di Cina, yang memiliki ketinggian lebih dari 50m di atas tanah.

Dibangun pada masa Dinasti Wei Utara, kuil ini memiliki umur lebih dari 1500 tahun, dengan konstruksi struktur kayu yang menggantung pada lubang dan pilar-pilar kayu yang terikat satu sama lain pada batu dinding pegunungan.

Semua struktur kayu pada kuil ini sudah direndam pada sebuah minyak sebagai anti rayap dan anti korosi.

Selain keunikan struktur dan lokasinya, temple ini juga special karena merupakan kuil yang diperuntukan bagi 3 kepercayaan : Buddhisme, Taoisme dan Konfusianisme.

Jika berkunjung saat musim dingin, kamu akan disuguhkan sisa-sisa salju yang belum mencair. Sehingga menambah kesan dramatis dari Hanging Temple ini, dinding pegunungan, tanah dan bahkan atap dari bangunan kuil tua ini tertutup warna putih salju. Sudah terbayang betapa indahnya kuil yang unik ini. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong