Ilmuwan China Capai Keunggulan Komputasi Kuantum

04 December 2020, 09:31 WIB

Ilmuwan China Capai Keunggulan Komputasi Kuantum-Image-1

Komputasi kuantum - Image from Xinhuanet

Hefei, Bolong.id - Tim peneliti bersama fisikawan kuantum Tiongkok terkenal, Pan Jianwei mengumumkan pada Jumat (4/12/20) melakukan terobosan komputasi kuantum. Atau komputasi super cepat.

Tim membuat prototipe komputer kuantum, bernama "Jiuzhang", yang dapat mendeteksi hingga 76 foton. Studi tersebut dipublikasikan di majalah Science online.

Pencapaian ini menandai bahwa Tiongkok mencapai tonggak pertama komputasi kuantum skala penuh. Tidak ada komputer biasa yang bisa menandingi kecepatan komputasi kuantum.

Dalam studi tersebut, Gaussian boson sampling (GBS), algoritma simulasi klasik, untuk  mendemonstrasikan percepatan komputasi kuantum dalam menyelesaikan beberapa tugas yang didefinisikan dengan baik.

Dilansir dari Xinhuanet, jumlah rata-rata foton yang terdeteksi oleh prototipe adalah 43, sedangkan hingga 76 klik foton keluaran diamati.

Sistem komputasi kuantum Jiuzhang dapat mengimplementasikan GBS skala besar 100 triliun kali lebih cepat daripada superkomputer tercepat di dunia yang ada. (*)