Tiongkok Segera Satelit Eksperimental Baru Tiankun-2

05 March 2022, 10:23 WIB

Tiongkok Segera Satelit Eksperimental Baru Tiankun-2-Image-1

Tiankun-1 - Image from people.cn

Beijing, Bolong.id – Satelit eksperimental Tiankun-2 akan diluncurkan dalam waktu dekat, Global Times melaporkan.

Dilansir dari 光明网 pada Jumat (04/02/22), mewarisi kecanggihan fungsional tinggi Tiankun-1, satelit eksperimental pertama yang dikembangkan secara independen oleh CASIC, yang dikirim ke orbit pada Maret 2017 lalu, Tiankun-2 memiliki biaya produksi yang lebih rendah dan ukurannya lebih kecil.

Menurut pernyataan CASIC yang dikirim ke Global Times pada hari Kamis lalu, satelit Tiankun-1 telah berjalan mulus di orbit selama lima tahun sejak diluncurkan pada 3 Maret 2017. Tiankun-1 telah menyelesaikan berbagai tes dan eksperimen di orbit dan akan terus berlanjut.

Tiankun-1 telah memperoleh total 1.425 gigabyte data payload dan telah melakukan pemeliharaan orbital sebanyak empat kali. Tiankun-1 telah mengorbit Bumi 28.200 kali dan sistem elektroniknya telah berjalan selama 43.800 jam, kata pernyataan itu.

Tiankun-1 menggunakan konsep desain modular untuk membentuk satelit berukuran kecil yang membawa muatan berbagai fungsi penginderaan jauh dan komunikasi. Hal ini memungkinkan pengamatan puing-puing antariksa di antara tugas-tugas lain, yang dapat mendukung kemampuan tanggap darurat Tiongkok.

Pengembangan satelit Tiankun-2 yang baru telah mencapai tahap pengujian akhir dan diharapkan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Untuk memenuhi peningkatan permintaan untuk konstruksi konstelasi satelit, perusahaan telah berfokus pada tahap-tahap penting dalam perancangan dan pembuatan satelit.

CASIC telah membangun lini manufaktur pintar satelit kecil pertama di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok Tengah. Jalur pintar mengirimkan satelit pertama pada Mei 2021 dan sekarang berfungsi penuh. (*) 


Informasi Seputar Tiongkok