Baca dalam 3 menit

China Susul AS Sebagai Tujuan Utama Investasi Dunia Untuk FDI

Waktu Publish : 28 Jan 2021, 10:24 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

London, Bolong.id - Tiongkok mengambil alih Amerika Serikat sebagai tujuan utama investasi asing langsung (Foreign direct investment;FDI) dunia pada tahun 2020. Ini menunjukkan pengaruh Tiongkok yang semakin meningkat di panggung ekonomi dunia. 

Para ahli mengatakan angka tersebut "menggaris bawahi langkah Tiongkok menuju pusat ekonomi global yang telah lama didominasi oleh AS sebagai ekonomi terbesar dunia," kata BBC dalam laporannya, dan tercatat AS masih mendominasi dalam hal investasi asing total.

"Sementara ekonomi AS telah berjuang sejak wabah COVID-19 tahun lalu, ekonomi Tiongkok telah meningkat pesat," kata BBC.

Tiongkok menjadi penerima FDI terbesar di dunia pada tahun 2020, dengan arus ke Tiongkok meningkat 4% menjadi 163 miliar dolar AS, menurut laporan yang diterbitkan oleh Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) pada hari Minggu (24/1). 

"Kembali ke pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang positif dan program fasilitasi investasi yang ditargetkan Tiongkok membantu menstabilkan investasi setelah penutupan awal," kata laporan itu.

Investasi asing langsung ke AS mencatat penurunan sebanyak 49% pada 2020, turun menjadi sekitar 134 miliar dolar AS. Tiongkok melihat PDBnya meningkat 2,3% dari tahun ke tahun pada tahun lalu, dan diharapkan menjadi satu-satunya ekonomi utama yang membukukan pertumbuhan di tahun yang dilanda pandemi, menurut Biro Statistik Nasional Tiongkok. (*)

[Matsnaa Chumairo/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

Terkait

business

China Susul AS Sebagai Tujuan Utama Investasi Dunia Untuk FD...

  • Matsnaa
  • 28 Jan 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong