5 Cara Menumis ala Restoran Chinese Food

logo clock 4 Menit logo clock 06-10-2020, 15:09

Ilustrasi Daging Tumis - Image from Fimela

Jakarta, Bolong.id - Anda pasti familiar dengan masakan Tiongkok seperti capcay, tumis pokcoy, atau sapi lada hitam. Metode memasak yang dipakai pada masakan tersebut adalah menumis. Menumis adalah metode memasak dengan api besar dalam waktu singkat. Terdapat beberapa cara tertentu dalam menumis agar hasilnya sama enaknya seperti masakan restoran Chinese Food

Biasanya dalam menumis digunakan wok atau wajan dan dipanaskan dengan api besar. Proses masak yang singkat membuat nilai gizi sebagian besar bahan makanan tetap terjaga. Berikut ini, tips menumis ala restoran Tiongkok, dilansir dari Kompas.com, Selasa (6/10/2020). 

1. Gunakan wok yang sangat panas 

Untuk membuat tumisan yang lezat, Anda wajib menggunakan wok atau wajan cekung yang sangat panas karena sangat baik untuk mematangkan dan mengeluarkan rasa tumisan. Tingkat panas wajan tetap bisa diperoleh dengan kompor rumah, tetapi membutuhkan waktu lama dibandingkan dengan kompor di restoran. Suhu yang panas akan mempercepat proses pematangan, sehingga tidak butuh waktu lama untuk memasak

Selain itu, wajan yang digunakan harus berbahan baja karbon. Setelah wajan benar-benar panas, tambahkan sedikit minyak nabati. Anda bisa menggunakan minyak bunga matahari yang memiliki rasa netral atau minyak kacang yang memberikan rasa yang sedikit pedas. 

2. Jangan masak daging beku

Jika ingin menggunakan daging sebagai komponen masakan, Anda wajib mengeluarkan daging dari kulkas untuk dicairkan sebelum dimasak. Jika tidak dicairkan, daging beku yang dikeluarkan langsung dari kulkas dapat membuat wajan menjadi dingin. 

3. Masak daging secara bertahap

Jika ingin menumis daging dalam jumlah banyak, maka masaklah secara bertahap. Jika daging dimasukkan sekaligus, maka wajan menjadi dingin dan sulit menghantarkan panas. 

Selain itu, selama proses memasak, daging akan mengeluarkan sari. Jika jumlah daging terlalu banyak, maka sari daging yang keluar juga banyak. Hal ini bisa langsung mengubah metode memasak dari menumis jadi merebus. Daging akan berubah warna keabuan layaknya daging rebus. 

Anda harus memanaskan minyak, menambahkan penyedap seperti bawang putih dan jahe, barulah masukan daging. 

Sebarkan daging agar tidak menumpuk di tengah. Jangan langsung diaduk, biarkan setengah menit agar warnanya berubah menjadi coklat, lalu diaduk. 

Masak daging hingga hampir matang, angkat dan sisihkan. Panaskan kembali wajan dan tambahkan minyak lebih banyak jika perlu. Ulangi proses ini sampai semua daging habis dimasak. Setelah semua daging matang, daging dapat ditambahkan diakhir masakan tumisanmu.

4. Menumis sayuran secara bertahap 

Setelah menumis daging dan disisihkan. Panaskan wajan, tambah minyak dan bumbu, lalu masukkan sayuran.

Dalam memasak sayuran juga ada tahapannya. Masukkan sayur bertekstur keras lebih dulu karena butuh waktu memasak cukup lama sampai matang. Misalnya sayur kacang panjang dan wortel.

Untuk sayuran dengan tekstur lunak, masukan di akhir menumis untuk mempertahankan tekstur renyah. Setelah semua sayur masuk, masukkan bumbu lainnya. Masak sayur juga tidak boleh terlalu lama karena akan mengubah warna sayuran menjadi kusam. 

5. Tambahkan daging matang di bagian akhir 

Tambahkan kembali daging yang sudah disisihkan ke dalam wajan di akhir proses memasak. Kemudian tambahkan pengental dari larutan tepung maizena ke dalam tumisan. Biasanya larutan maizena terdiri dari 1 sendok makan tepung maizena dan 3 sendok makan air. 

Terakhir, tambahkan sedikit minyak wijen untuk membuat masakan menjadi lebih harum. (*)

BACA JUGA


Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pakistan Beri Penghargaan kepada Pejabat China

 

logo clock 23-10-2020, 16:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Modernisasi Militer Kunci Peremajaan Nasional

 

logo clock 23-10-2020, 16:24
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Terungkap, Kesepakatan Baik China - Vatikan, Terkait Penunjukan Uskup

 

logo clock 23-10-2020, 15:14
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Perang Harus Dilancarkan Melawan Penjajah

 

logo clock 23-10-2020, 14:34
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral