Art Nova 100 Beijing Pamerkan Karya Seniman Muda Tiongkok

logo clock 3 Menit logo clock 08-10-2020, 12:29

Art Nova 100 Beijing - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Pusat Seni Guardian di Beijing mengadakan pameran senirupa, merayakan ulang tahun ke-10 Art Nova 100, yang menunjuk sekitar 100 seniman dari seluruh Tiongkok setiap tahunnya untuk berpartisipasi. Sebanyak 500 karya dari para seniman muda tersebut dipamerkan, meliputi berbagai bentuk seni, termasuk lukisan cat minyak, lukisan tradisional Tiongkok, patung, instalasi, video dan multimedia.

Dengan tema "IN / OUT", pameran ini dibagi menjadi tiga bagian: "fluid society", "natural simulation", dan "the deduction of civilization". Melalui karya seninya, seniman muda mengekspresikan pemahaman mereka tentang alam dan merefleksikannya pada teknologi dan masyarakat. Demikian dilansir dari CGTN, Rabu (7/10/2020). 

Dalam sebuah karya multimedia berjudul "Gaze into Haze", orang dapat melihat informasi berlapis-lapis seperti siluet pengunjung, kata-kata dalam bahasa Inggris, LEGO dan ikan di latarnya, namun tidak satupun dapat terlihat dengan jelas. Seniman ingin mencerminkan ledakan informasi yang sedang masyarakat alami.

Karya lain menunjukkan instalasi nomor telepon dan sebenarnya ada ponsel yang tersembunyi di dalam instalasi. Saat orang menelpon nomor tersebut, timbul suara yang mengganggu.

"Sulit bagi kami untuk tetap diam saat ini. Bahkan jika Anda menginginkan kedamaian dan ketenangan, Anda mudah terpengaruh oleh orang lain. Jadi, karya ini mencerminkan situasi kami dengan jelas," kata pembuat  instalasi tersebut, AIWU.

Diluncurkan pada 2011, Art Nova 100 adalah platform seni yang menemukan dan mempromosikan seniman muda. Setiap tahun, ribuan seniman muda di Tiongkok mendaftar untuk program ini, dan sekitar 100 seniman dipilih setelah dievaluasi oleh para ahli.

Para seniman yang masuk dalam daftar final diundang untuk berpartisipasi dalam Art Nova 100, yang mencakup pameran dan forum baik di Tiongkok maupun luar negeri, serta program promosi seniman multi-aliran.

"Lebih dari 100 seniman muda memulai karir mereka melalui platform ini. Sebelum kami mulai, banyak siswa seni yang menyerah untuk menjadi seniman setelah lulus atau tidak dikenal publik di studio kecil," kata Peng Wei, direktur Art Nova 100.

"Tapi saya merasa bangga bahwa dalam sembilan tahun terakhir sejak platform diluncurkan, itu telah membantu banyak seniman muda mewujudkan impian mereka," tambahnya.

Penulis : Maureen
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Yuk, Simak 30 Fakta tentang China Ini!

 

logo clock 20-10-2020, 14:57
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Tren Restoran Bertema Hewan Peliharaan, Apakah Aman Bagi Pelanggan?

 

logo clock 20-10-2020, 14:23
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ayo Cek 8 Fakta tentang Bahasa Mandarin yang Perlu Kalian Tahu!

 

logo clock 20-10-2020, 13:16
logo clock Baca ini dalam 7 Menit
logo share

Siter China Sambut Musim Semi di Selandia Baru dengan Ansambel Bunga Melati

 

logo clock 20-10-2020, 10:35
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kartunis Dunia Bersatu di Pusat Kebudayaan China di Kairo

 

logo clock 20-10-2020, 10:31
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral