Inilah Destinasi Terbaik Festival Pertengahan Musim Gugur di China

logo clock 5 Menit logo clock 01-10-2020, 07:32

Pemandangan bulan di atas Taman Beihai tahun 2015 - Image from CGTN

Tiongkok, Bolong.id - Mengagumi pancaran sinar bulan sambil ditemani keluarga dan teman, menikmati segelas anggur dan sepiring kue bulan, telah menjadi bagian dari malam Festival Pertengahan Musim Gugur yang sempurna. 

Sudah menjadi tradisi bagi orang Tiongkok untuk mengagumi bulan bersama pada hari perayaan selama lebih dari seribu tahun. Saat ini, dengan kereta berkecepatan tinggi dan maskapai penerbangan yang mengarah ke hampir setiap sudut negara, mengagumi bulan adalah peristiwa yang lebih menarik.

Berikut adalah beberapa destinasi yang dapat memberikan beragam pengalaman saat merayakan festival dan mengagumi bulan:

  1. Bangunan Kuno: Latar Terbaik untuk Mengagumi Bulan

    Pemandangan bulan di Istana Musim Panas tahun 2017 - Image from CGTN

Dengan sejarah lebih dari 3.000 tahun, Beijing memiliki sejumlah taman kuno, termasuk sejumlah istana seperti Kota Terlarang, Istana Musim Panas, dan Taman Beihai. Mereka biasanya berada di antara pilihan teratas fotografer selama Festival Pertengahan Musim Gugur.

Arsitektur kekaisaran, yang bercirikan ubin emas, dinding merah, dan pagar marmer putih, serta konstruksi tradisional, memberikan suasana yang sempurna untuk bulan purnama.

Selain istana kekaisaran, Tembok Besar juga merupakan pilihan yang bagus. Di luar Beijing, ada banyak pilihan lain seperti Tembok Besar (Great Wall) di Xi'an dan Nanjing.

  1. Pantulan Bulan di Atas Permukaan Danau

    Warga Hangzhou kagumi sinar bulan saat mid-autumn festival - Image from CGTN

Danau Barat di Kota Hangzhou dikenal sebagai salah satu resor wisata paling populer di Tiongkok. Terletak di pusat kota, danau ini dikelilingi oleh pegunungan di tiga sisi dan dibagi menjadi beberapa bagian oleh jalan lintas.

Ia juga dikenal dengan peninggalan sejarah yang dibangun di sekitar danau. Nama Hangzhou dan Danau Barat selalu muncul di dalam puisi Tiongkok karena pemandangan, mitos dan sejarah, dan cerita rakyat yang tak habis-habisnya tumbuh dari tanah itu. 

Selama Festival Pertengahan Musim Gugur, dengan keindahan pantulan bulan di danau, mudah bagi orang Tionghoa untuk membuat puisi dan lirik. Pemandangan alam dapat dengan mudah menampilkan gambar yang menyerupai lukisan tinta dan lukisan klasik dengan teknik wash.

Bulan dan pantulannya di air sangat cocok satu sama lain. Jika Anda ingin menikmati pantulan bulan di air, Hangzhou dengan Danau Barat, dan Nanjing dengan Sungai Qinhuai dapat menjadi tujuan Anda.

  1. Pemandangan Bulan di Pegunungan

    Bulan di atas Gunung Tianshan, Xinjiang - Image from CGTN

Pegunungan selalu menjadi lokasi yang sempurna untuk mengagumi bulan. Anda akan lebih dekat dengan bulan bdan menikmati ketenangan bermandikan cahaya bulan.

Gunung Taishan di Kota Tai'an, Provinsi Shandong adalah salah satu tujuan yang paling direkomendasikan. Gunung Taishan juga dianggap sebagai salah satu dari lima gunung esar Tiongkok, yang terkenal dengan kabut, bebatuan, kuil, dan pemandangan matahari terbit.

Gunung Tianshan di Daerah Otonomi Xinjiang Uygur selalu menjadi objek wisata yang menarik, dengan cahaya bulan yang menyinari pegunungan yang tertutup salju.

  1. Berbagi Pemandangan Cahaya Bulan dan Kebersamaan

    Buan di antara gedung pencakar langit di Shanghai - Image from CGTN

Selain destinasi yang disebutkan di atas, masih banyak pilihan lain bagi penduduk di seluruh negeri.

Misalnya, orang yang tinggal di Kota Wuhan dapat mengikuti tur Menara Bangau Kuning, yang menyediakan pertunjukan cahaya selama festival tahun ini. Mereka yang berada di Kota Nanchang juga bisa pergi ke Paviliun Pangeran Teng, salah satu landmark bersejarah kota ini.

Bagi mereka yang tinggal di Tibet dan Mongolia Dalam, alam terbuka adalah pilihan terbaik, sedangkan bagi penduduk di kota-kota besar seperti Guangzhou dan Shanghai, bulan yang menggantung di atas cakrawala modern di tengah pertunjukan cahaya gedung pencakar langit tak kalah mempesona.

Di mana pun Anda berada, orang-orang tidak hanya menikmati pemandangan bulan, tetapi juga reuni dan pertemuan dengan keluarga masing-masing 

Seperti yang dikatakan dalam sebuah puisi Tiongkok: 

海上升明月,天涯共此时
Saat bulan bersinar terang di atas lautan, dari jauh kau berbagi momen ini denganku

Penulis : Maureen
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Ini Bedanya Sumpit Jepang, China, dan Korea. Sudah Tahu?

 

logo clock 30-10-2020, 20:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Festival Puisi Nasional Ke-6 di China Dibuka November 2020

 

logo clock 30-10-2020, 17:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Geliat Anti-miskin di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet dalam Fotografi

 

logo clock 30-10-2020, 14:19
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

6 Snack Asal China Ini Mudah Didapat di Indonesia

 

logo clock 30-10-2020, 14:09
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Karpet Ratusan Tahun Dipamerkan di Beijing Hingga 1 November

 

logo clock 30-10-2020, 13:58
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral