Wakil China di PBB Bantah Tudingan AS dan Negara Lain

logo clock 4 Menit logo clock 07-10-2020, 13:14

Zhang Jun - Image from Global Times

Perserikatan Bangsa-Bangsa, Bolong.id - Perwakilan tetap Tiongkok untuk PBB, Zhang Jun, pada hari Selasa membantah tuduhan tidak berdasar Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain terkait masalah Xinjiang dan Hong Kong. 

Berbicara di Debat Umum Komite Ketiga Majelis Umum PBB, Zhang dengan tegas menolak pernyataan mereka dan menyalahi tindakan mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok dengan alasan hak asasi manusia dan memprovokasi konfrontasi di antara negara-negara anggota PBB. Demikian dilansir dari Global Times, Rabu (7/10/2020). 

Zhang mengatakan dunia saat ini berada pada titik kritis dengan tantangan besar. Negara-negara anggota PBB baru saja memperingati 75 tahun berdirinya PBB. Para pemimpin dunia telah menyerukan solidaritas dan kerja sama dalam memerangi COVID-19 dan mengatasi tantangan global lainnya.

Sayangnya, suara-suara kembali terdengar dari sejumlah negara. AS, Jerman, dan Inggris, mengabaikan seruan dari semua pihak, bersikeras memprovokasi paham yang berlawanan. Mereka menyalahgunakan platform PBB, mempolitisasi masalah hak asasi manusia, dan memprovokasi konfrontasi politik. Mereka menyebarkan informasi palsu dan politik virus, mencoreng nama Tiongkok, dan mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok. Tiongkok dengan tegas menentang dan menolak itu, kata Zhang.

Zhang menilai bahwa tindakan tercela AS benar-benar bertentangan dengan tren sejarah. Dunia sedang maju, rakyat dan dunia menginginkan solidaritas, kerja sama, dan saling menguntungkan. Rakyat tidak menginginkan perpecahan, konfrontasi, ataupun permainan yang merugikan. AS sedang berada di jalur yang bertentangan dengan komunitas internasional, katanya. 

“Saya ingin memberitahu Amerika Serikat: Skema politik Anda tidak akan pernah berhasil. Negara-negara berkembang memiliki hak untuk mempertahankan kedaulatan mereka, mencapai pembangunan, dan memelihara keamanan. Ini saatnya Anda menyadari kegagalan upaya-upaya Anda. Menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalah Anda atau menyembunyikan kegagalan Anda.”

“Saya ingin memberitahu Amerika Serikat: Menyalahkan Tiongkok tidak bisa menutupi catatan buruk hak asasi manusia Anda,” kata Zhang. 

Sebelum menuduh orang lain, Amerika Serikat sebaiknya melihat dirinya di cermin. Faktanya, Amerika Serikatlah yang harus bekerja untuk melindungi hak-hak dasar rakyatnya. Lebih dari 200.000 orang di Amerika telah kehilangan nyawa karena COVID-19. Yang dibutuhkan pemerintah AS adalah merawat yang sakit dan menyelamatkan nyawa, bukan menyebarkan “politik virus” dan membuat masalah di mana-mana, katanya. 

Zhang juga menambahkan bahwa Amerika Serikatlah yang harus menghapus diskriminasi rasial dan membiarkan rakyatnya bernafas. Terdapat diskriminasi dan kekerasan rasial yang sistematis dalam sistem peradilan dan penegakkan hukum AS. Jutaan orang Amerika telah berteriak “Saya tidak bisa bernafas” dan “Black lives matter”. Komite Ketiga harus memperhatikan diskriminasi rasial dan kebrutalan polisi di AS, serta membahas dan mengambil solusi tentang masalah itu. 

Zhang juga menunjukkan bahwa Jerman, Inggris, dan beberapa negara lain, dengan mengabaikan fakta, telah melanggar keadilan dan merusak kerjasama. 

Menghadapi catatan buruk hak asasi manusia negara mereka sendiri, AS, Jerman, Inggris, dan beberapa negara lain memilih untuk menutup mata dan menerapkan standar ganda, mengikuti AS dan menjadi kaki tangannya. Ini adalah kemunafikan total, kata Zhang. (*)


Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

China: Serangan AS Pada China Tidak Bikin “America Great Again”

 

logo clock 28-10-2020, 13:15
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Hubungan China-Jepang Kembali Membaik, Siap Masuk Era Baru

 

logo clock 28-10-2020, 11:43
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Dukung Perdamaian Sudan Selatan, Tiongkok Sumbang 1.500 Ton Beras

 

logo clock 28-10-2020, 11:39
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Setelah 23 Tahun Buron, Pengebom Haicang Ditangkap

 

logo clock 28-10-2020, 11:37
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Buku Anak Internasional Siap Digelar di Shanghai

 

logo clock 28-10-2020, 10:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral