Baca dalam 22 menit

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri 28 Juli 2021

Waktu Publish : 28 Jul 2021, 16:56 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhao Lijian - Image from Laman Resmu Kemenlu Tiongkok

Bolong.id - Dilansir dari laman resmi Kementrian Luar Negri Tiongkok pada Rabu (28/7/2021) Konferensi Pers Reguler Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian pada 28 Juli 2021

CCTV: Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi baru saja mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mongolia Batmunkh Battsetseg di Tianjin. Apakah Anda memiliki lebih banyak informasi untuk dibagikan tentang itu?

Zhao Lijian: Pada tanggal 27 Juli, Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mongolia Batmunkh Battsetseg di Tianjin, di mana mereka memiliki pertukaran pandangan yang mendalam tentang hubungan bilateral dan masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama.

Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan bahwa sejak pecahnya COVID-19, Tiongkok dan Mongolia telah mempertahankan rekor nol kasus ekspor satu sama lain. Kedua belah pihak telah berdiri bersama dengan saling membantu, saling memberi domba dan teh. Bersama-sama kami telah menambahkan babak baru ke persahabatan kami. Tiongkok sangat mementingkan hubungan dengan Mongolia dalam diplomasi lingkungannya. Kami menghargai bahwa Mongolia menganggap pengembangan hubungan dengan Tiongkok sebagai prioritas utama dalam kebijakan luar negerinya. Kami siap untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan Mongolia dalam urusan internasional dan regional atas dasar saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, integritas teritorial, kepentingan inti, perhatian utama, dan jalur pembangunan satu sama lain. Dalam situasi baru, Tiongkok akan terus bekerja sama dengan Mongolia untuk maju dan memperkaya serta memperkuat kemitraan strategis komprehensif kami untuk memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua rakyat dan meningkatkan kemakmuran dan pembangunan kawasan.

Menteri Luar Negeri Battsetseg memuji diplomasi lingkungan Tiongkok yang menampilkan persahabatan, ketulusan, saling menguntungkan dan inklusif, dan menyatakan terima kasih atas dukungan Tiongkok yang berharga untuk pembangunan sosial ekonomi Mongolia. Dia juga menyatakan kesiapan Mongolia untuk bekerja sama dengan Tiongkok untuk memperkaya dan memperbarui kemitraan strategis yang komprehensif dan berjuang untuk hasil baru. Kedua belah pihak harus secara aktif menyelaraskan BRI dengan program Steppe Road, memperluas perdagangan, memperdalam pertukaran orang-ke-orang dan budaya, dan melakukan kerja sama jangka panjang di bidang-bidang seperti pertambangan, energi, kereta api, jalan raya, mata pencaharian, pencegahan dan mengatasi penandusan dan badai debu.

Kedua belah pihak saling bertukar ucapan selamat atas seratus tahun CPC dan Partai Rakyat Mongolia. Berbagai konsensus telah dicapai mengenai respons pandemi, perdagangan, perlindungan lingkungan, kerja sama budaya dan multilateral. Keduanya tegas mendukung multilateralisme dan menolak unilateralisme. Kedua belah pihak meminta masyarakat internasional untuk bertindak dengan kesadaran yang lebih kuat bahwa umat manusia memiliki masa depan bersama dan secara efektif menangani pandemi. Pernyataan bersama tentang penguatan kerja sama anti-pandemi lebih lanjut dirilis, yang menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk bersama-sama membangun komunitas kesehatan. Keduanya menyambut baik laporan Joint WHO-Tiongkok Study of Origins of SARS-CoV-2 yang menekankan bahwa studi asal-usul adalah tugas ilmiah yang tidak boleh dipolitisasi, dan menyerukan studi global dalam hal ini.

Kantor Berita Xinhua: Menurut laporan survei online yang dirilis oleh CGTN Think Tank pada 26 Juli, 80% dari netizen global yang berpartisipasi dalam jajak pendapat percaya bahwa "isu penelusuran virus pada COVID-19 telah dipolitisasi". Apa komentar Anda tentang ini?

Zhao Lijian: Jajak pendapat CGTN Think Tank dalam bahasa resmi PBB termasuk Tiongkok, Inggris, Rusia, Prancis, Spanyol dan Arab telah menunjukkan tidak setujunya global yang kuat dengan politisasi studi asal AS. Peserta telah menyuarakan pendapat bersama mereka dalam bahasa yang berbeda bahwa "penyelidikan asal virus tidak membantu memecahkan masalah pengendalian pandemi. Ini tidak lain adalah langkah politik yang bodoh dan tidak membantu untuk menutupi upaya Amerika Serikat untuk menahan kebangkitan Tiongkok."

Untuk beberapa waktu, AS, untuk mengalihkan tanggung jawab atas respons COVID-19 yang buruk dan mencapai motif politik mencoreng dan menekan negara lain, telah mengejar politisasi dan stigmatisasi dan menggunakan penelusuran asal sebagai alat. Ini telah sangat merusak penelusuran asal berbasis sains dan perjuangan global melawan COVID-19.

Pertama, AS telah memutarbalikkan fakta dan menyebarkan disinformasi. Sementara menutup mata terhadap kesimpulan Studi Bersama WHO-Tiongkok, AS telah mengutip informasi tidak berdasar dari beberapa pejabat atau saluran intelijen untuk meningkatkan teori bahwa “virus itu bocor dari Institut Virologi Wuhan”. Langkah-langkah untuk menyesatkan publik, memperkeruh air dan kambing hitam Tiongkok hanya bertujuan untuk mengalihkan perhatian dan menutupi kasus-kasus awal di AS dan kebenaran laboratorium biologi yang diselimuti kecurigaan.

Kedua, AS melanggar sains dengan menuntut penyelidikan yang dipimpin oleh komunitas intelijen. Untuk memperkuat kesimpulan yang telah ditentukan sebelumnya tentang kebocoran laboratorium, AS mengesampingkan penelitian ilmiah dan dengan berani memerintahkan komunitas intelijennya untuk membuat kesimpulan tentang asal usul virus dalam waktu 90 hari. Tindakan ini tidak berdasar pada sains, objektif atau serius. Ini adalah lelucon politik total.

Ketiga, AS telah terobsesi dengan pemaksaan dan memainkan trik kotor di mana-mana. Melalui cara-cara koersif dan menekan, AS bermaksud untuk memaksa para ilmuwan untuk tunduk dan berubah untuk mendukung teori "kebocoran lab" dalam menghadapi hegemoni, intimidasi, dan paksaan mereka. Menurut laporan, banyak dari komunitas ilmiah yang pantang menyerah telah menderita pelecehan verbal, serangan fisik dan ancaman, dan beberapa dari mereka harus mengundurkan diri untuk mempertahankan posisi ilmiah mereka.

Fakta berbicara lebih keras daripada kata-kata. Orang tidak boleh ditipu atau dimanipulasi. Manipulasi politik pihak AS terhadap proses penelusuran asal telah ditolak secara luas oleh komunitas internasional. Sampai sekarang, 60 negara telah menulis surat kepada Direktur Jenderal WHO Tedros untuk menekankan bahwa penelusuran asal-usul virus adalah masalah ilmiah dan tidak boleh dipolitisasi, dan laporan studi bersama WHO-Tiongkok harus ditegakkan. Di banyak negara, kecaman atas politisasi pihak AS atas masalah ini telah diungkapkan oleh para pemimpin politik, outlet media, pakar, dan masyarakat umum. Di Tiongkok saja, lebih dari 16 juta netizen telah mendukung surat terbuka yang menyerukan WHO untuk menyelidiki laboratorium biologi Fort Detrick. Peringatan serius bagi pihak AS: dalam menghadapi fakta, sains, dan keadilan, manipulasi politik tidak akan mendapat dukungan dan pasti akan gagal.

AFP: Setidaknya satu warga negara Tiongkok terluka dalam serangan senjata di Karachi, Pakistan pagi ini. Bisakah Anda menawarkan detail lebih lanjut tentang kejadian ini? Dan apakah Anda melihat peningkatan risiko keamanan bagi warga negara dan aset Tiongkok di Pakistan?

Zhao Lijian: Tiongkok memantau dengan cermat insiden ini. Ini sedang diselidiki lebih lanjut saat kita berbicara. Ini adalah insiden yang terisolasi. Kami sangat percaya pada perlindungan Pakistan terhadap warga negara dan aset Tiongkok di negara ini.

TV Shenzhen: Pada tanggal 26 Juli, Pulau Amami-Oshima, Pulau Tokunoshima, bagian utara Pulau Okinawa dan Pulau Iriomote Jepang dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada sesi ke-44 Komite Warisan Dunia yang diperpanjang. Apa komentar Tiongkok tentang ini?

Zhao Lijian: Kami telah mencatat keputusan yang diadopsi oleh sesi diperpanjang ke-44 Komite Warisan Dunia (WHC). Pihak Jepang telah berjanji dalam bentuk lisan dan tertulis kepada negara-negara anggota WHC termasuk Tiongkok dan UNESCO bahwa pihaknya tidak akan memperluas wilayah tertulis di luar wilayah daratan Pulau Amami-Oshima, Pulau Tokunoshima, bagian utara Pulau Okinawa dan Pulau Iriomote untuk alasan apa pun di masa mendatang. Keputusan yang diadopsi pada sesi tersebut juga menegaskan kembali janji Jepang. Kami berharap pihak Jepang dapat menepati janjinya, dan menjaga reputasi Daftar Warisan Dunia dan otoritas WHC dengan tindakan nyata.

Grup Media Hubei: Masjid-masjid bergaya Sudan di utara Pantai Gading tercatat dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Ini dikatakan sebagai proyek Afrika pertama yang dimasukkan dalam daftar selama sesi ini. Apakah Anda punya komentar?

Zhao Lijian: Tiongkok menyampaikan ucapan selamat yang hangat. Sebelum sesi dimulai, ICOMOS, badan penasihat profesional, telah menyarankan penundaan proyek ini. Namun, Komite Warisan Dunia memutuskan melalui diskusi bahwa proyek tersebut memiliki nilai universal yang luar biasa sebagai warisan dunia dan keaslian, integritas, konservasi, dan pengelolaannya, semuanya memenuhi persyaratan prasasti dasar. Oleh karena itu akhirnya diputuskan untuk dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Dunia. Tiongkok mendukung amandemen rancangan keputusan untuk mendukung prasasti tersebut. Selama sesi ini, Tiongkok telah meminta anggotanya untuk menyumbangkan kebijaksanaan dan kekuatan pada Strategi Global untuk Daftar Warisan Dunia yang Representatif, Seimbang, dan Kredibel. Kami juga mendesak para pihak untuk lebih memperhatikan negara dan wilayah yang kurang terwakili, terutama negara-negara Afrika dan negara-negara berkembang pulau kecil, dan untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada negara-negara berkembang dalam perlindungan warisan, termasuk yang berkaitan dengan pengembangan kapasitas, sehingga Daftar tersebut dapat lebih mencerminkan spektrum penuh kekayaan budaya dan alam dunia kita yang beragam.

Bloomberg/Macau Monthly: Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah bersumpah selama perjalanan ke Asia minggu ini untuk menantang apa yang disebutnya agresi Tiongkok. Dia berkata, “kami tidak akan gentar ketika kepentingan kami terancam, namun kami tidak mencari konfrontasi.” Apakah kementerian luar negeri memiliki komentar tentang ini?

Zhao Lijian: Pernyataan dari pihak AS, dengan mengabaikan fakta, dengan sengaja mencoreng Tiongkok, mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok dan berusaha menabur perselisihan di antara negara-negara kawasan. Tujuannya adalah untuk melayani keuntungan geopolitik yang egois. Kami mendesak AS untuk tidak membuat masalah dari Tiongkok di setiap kesempatan dan sebaliknya melakukan lebih banyak hal yang kondusif bagi perdamaian dan stabilitas regional .

Posisi Tiongkok dalam hubungan dengan AS sangat jelas. AS harus mengadopsi persepsi yang objektif dan benar tentang Tiongkok dan memilih untuk bekerja dengan Tiongkok ke arah yang sama , menjunjung tinggi saling menghormati dan persaingan yang adil, mengejar hidup berdampingan secara damai dan berusaha untuk pengembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Bloomberg: Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan selama kunjungan ke India tentang meningkatnya ancaman global terhadap demokrasi. Dia menambahkan bahwa kedua negara demokrasi terkemuka dunia itu terus berdiri bersama untuk mendukung cita-cita tersebut. Blinken tampaknya mengangkat kekhawatiran tentang Tiongkok di sini meskipun dia tidak menyebut Tiongkok secara langsung. Bisakah Anda memberikan komentar tentang masalah ini?

Zhao Lijian: Saya ingin menekankan bahwa demokrasi adalah nilai bersama yang dimiliki oleh semua orang, bukan hak paten yang dimiliki oleh negara mana pun. Untuk mencapai demokrasi, ada berbagai cara daripada formula tetap atau jawaban standar. “Satu orang, satu suara” dan sistem multi-partai bukanlah satu-satunya bentuk demokrasi. Demokrasi tidak boleh digunakan sebagai label atau alat untuk meremehkan atau mencoreng negara lain atau memicu konfrontasi. Negara mana yang demokrasi dan mana yang autokrasi tidak boleh ditentukan oleh sejumlah kecil negara. Merendahkan orang lain sambil meninggikan diri sendiri sama sekali tidak demokratis.

Saya ingin menunjukkan bahwa, tolok ukur utama untuk mengukur suatu sistem politik terletak pada apakah itu sesuai dengan kondisi nasional suatu negara, apakah itu membawa stabilitas politik, kemajuan sosial dan peningkatan kehidupan masyarakat, apakah itu didukung oleh negaranya sendiri. orang, dan apakah itu memberikan kontribusi pada penyebab kemajuan manusia. Beberapa negara yang mengaku sebagai negara demokrasi sangat bermasalah di dalam negeri karena disparitas kekayaan, perpecahan sosial, perpecahan ras dan polarisasi politik. Seperti itukah yang mereka sebut demokrasi? Di beberapa negara, "tidak ada uang, tidak ada suara" dan kepentingan partisan di atas kepentingan publik. Apakah itu politik demokrasi atau politik uang? Beberapa negara secara terang-terangan mencampuri urusan dalam negeri negara lain, saling menyalahkan, dan menekan serta menahan pembangunan negara lain. Apakah ini yang disebut demokrasi? Apakah ini demokrasi atau sebenarnya hegemoni?

Beijing Youth Daily: Menurut laporan, operasi pencarian dan penyelamatan untuk pendaki gunung ROK Kim Hong-bin akan dihentikan atas permintaan keluarga Kim, Komite Manajemen Kecelakaan Kota Gwangju mengumumkan pada konferensi pers pada sore hari tanggal 26 Juli. pihak menerima pemberitahuan tentang itu? Akankah Tiongkok menghentikan pekerjaan pencarian dan penyelamatannya? Apa komentar Anda?

Zhao Lijian: Pihak Tiongkok menerima catatan dari Kedutaan Besar ROK di Tiongkok pada malam 26 Juli, yang mengatakan bahwa keluarga pendaki gunung ROK Kim Hong-bin memutuskan untuk mengakhiri operasi pencarian dan penyelamatan. Pemerintah ROK menghormati keputusan ini dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Tiongkok atas niat baik dan ketulusannya selama operasi. Pemerintah Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang telah menghentikan pekerjaan yang relevan. Kami menyesal bahwa Tuan Kim tetap hilang setelah berhari-hari mencari.

Setelah mengetahui bahwa Tuan Kim Hong-bin mungkin telah jatuh ke wilayah Tiongkok, pihak Tiongkok tidak berusaha keras untuk melakukan misi pencarian dan penyelamatan. Menanggapi hal ini dengan sangat serius, pemerintah Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang segera mengirim personel dan mendirikan pusat komando penyelamatan. Meskipun cuaca buruk dan bahaya lain di pegunungan, pihak Tiongkok mengirim helikopter, drone ketinggian tinggi, staf pencarian dan penyelamatan profesional, dan penyelamat cadangan untuk mencari Tuan Kim. Sementara itu, bantuan darurat diberikan kepada helikopter Pakistan untuk operasi pencarian di wilayah udara Tiongkok. Semua ini menunjukkan bagaimana Tiongkok telah berusaha keras untuk membantu dengan semangat kemanusiaan.

RIA Novosti/AFP: Dilaporkan bahwa Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu dengan delegasi Taliban Afghanistan di Tianjin. Apakah delegasi masih di Tiongkok? Kapan Tiongkok akan merilis informasi yang relevan?

Zhao Lijian: Pada tanggal 28 Juli, Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu dengan delegasi kunjungan yang dipimpin oleh kepala komite politik Taliban Afghanistan Mullah Abdul Ghani Baradar di Tianjin. Para kepala dewan agama dan komite publisitas Taliban Afghanistan juga hadir dalam delegasi tersebut.

Penasihat Negara Wang Yi mengatakan bahwa Tiongkok, sebagai tetangga terbesar Afghanistan, selalu menghormati kedaulatan, kemerdekaan dan integritas wilayah Afghanistan, mematuhi non-intervensi dalam urusan internal Afghanistan dan mengejar kebijakan bersahabat terhadap seluruh rakyat Afghanistan. Afghanistan adalah milik rakyat Afghanistan, dan masa depannya harus di tangan rakyatnya sendiri. Penarikan pasukan AS dan NATO yang tergesa-gesa dari Afghanistan sebenarnya menandai kegagalan kebijakan AS terhadap Afghanistan. Rakyat Afghanistan memiliki kesempatan penting untuk mencapai stabilitas dan pembangunan nasional.

Anggota Dewan Negara Wang menunjukkan bahwa Taliban Afghanistan adalah kekuatan militer dan politik yang penting di Afghanistan dan diharapkan memainkan peran penting dalam proses perdamaian, rekonsiliasi dan rekonstruksi negara itu. Kami berharap bahwa Taliban Afghanistan akan memprioritaskan kepentingan negara dan bangsa, menjunjung tinggi diskusi dan musyawarah yang damai, menetapkan tujuan perdamaian, membangun citra positif dan mengejar kebijakan yang inklusif. Semua faksi dan kelompok etnis di Afghanistan harus bersatu sebagai satu, benar-benar menerapkan prinsip "dipimpin dan dimiliki Afghanistan", mendorong hasil substantif awal dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi, dan secara independen membangun struktur politik yang luas dan inklusif yang sesuai dengan realitas nasional Afghanistan.

Wang menekankan bahwa ETIM adalah organisasi teroris internasional yang ditunjuk oleh Dewan Keamanan PBB yang menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan nasional dan integritas teritorial Tiongkok. Memerangi itu adalah tanggung jawab bersama bagi masyarakat internasional. Kami berharap Taliban Afghanistan akan membuat terobosan yang bersih dengan semua organisasi teroris termasuk ETIM dan secara tegas dan efektif memerangi mereka untuk menghilangkan hambatan, memainkan peran positif dan menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk keamanan, stabilitas, pembangunan dan kerja sama di wilayah tersebut.

Baradar menyampaikan apresiasi atas kesempatan berkunjung ke Tiongkok. Dia mengatakan Tiongkok selalu menjadi teman yang dapat diandalkan bagi rakyat Afghanistan dan memuji peran adil dan positif Tiongkok dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi Afghanistan. Taliban Afghanistan memiliki ketulusan sepenuhnya untuk bekerja menuju dan mewujudkan perdamaian. Ia siap bekerja sama dengan pihak lain untuk membangun kerangka politik di Afghanistan yang berbasis luas, inklusif dan diterima oleh rakyat serta melindungi hak asasi manusia, terutama hak perempuan dan anak. Taliban Afghanistan tidak akan pernah membiarkan kekuatan apa pun menggunakan wilayah Afghanistan untuk terlibat dalam tindakan yang merugikan Tiongkok. Taliban Afghanistan percaya bahwa Afghanistan harus mengembangkan hubungan persahabatan dengan negara-negara tetangga dan masyarakat internasional. Ia berharap Tiongkok akan lebih terlibat dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi Afghanistan dan memainkan peran yang lebih besar dalam rekonstruksi dan pembangunan ekonomi di masa depan. Taliban Afghanistan juga akan melakukan upayanya sendiri untuk mendorong lingkungan investasi yang memungkinkan.

Pada hari yang sama, Asisten Menteri Luar Negeri Wu Jianghao mengadakan pembicaraan dengan Baradar dan perwakilan lainnya untuk bertukar pandangan tentang masalah yang menjadi perhatian bersama, yang membantu meningkatkan saling pengertian dan memperluas konsensus.

Bloomberg: Laporan media di Hong Kong mengatakan badan legislatif tertinggi Tiongkok akan mengambil langkah pertama untuk memberlakukan undang-undang anti-sanksi di kota tersebut bulan depan. Xinhua mengatakan bahwa badan tersebut akan mempertimbangkan untuk menambahkan undang-undang nasional pada lampiran piagam Hong Kong dan Makau. Apakah kementerian luar negeri memiliki komentar tentang masalah ini? Pertanyaan kedua saya adalah, anggota panel kongres AS mendesak perusahaan AS termasuk Coca-Cola Co. dan Visa Inc. untuk menarik sponsor mereka dari Olimpiade Musim Dingin 2022 kecuali jika pertandingan dipindahkan dari Beijing. Anggota Komisi Eksekutif Kongres di Tiongkok mengatakan bahwa kecuali pemerintah Tiongkok mengubah sikapnya terhadap Muslim Uyghur di Xinjiang, perusahaan Amerika yang mensponsori permainan akan terlibat dalam menutupi kebijakan, termasuk genosida terhadap Uyghur. Apakah kementerian luar negeri punya komentar? Pertanyaan ketiga adalah, apakah Anda memiliki informasi tentang duta besar berikutnya untuk Washington?

Zhao Lijian: Pada pertanyaan pertama Anda, sesi ke-30 Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional ke-13 akan diadakan bulan depan. Saya akan merujuk Anda ke informasi yang telah dirilis. Saya tidak punya apa-apa untuk ditambahkan.

Pada pertanyaan kedua Anda, apa yang disebut genosida di Xinjiang adalah kebohongan abad ini yang dibuat oleh beberapa kekuatan anti-Tiongkok. Kami juga telah memperhatikan bahwa anggota Kongres individu di AS, karena prasangka ideologis dan politik, telah menggunakannya untuk mencoreng Tiongkok dan mencoba mengganggu, menghalangi, dan melemahkan upaya untuk mempersiapkan dan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Ini bertentangan dengan semangat Piagam Olimpiade dan merugikan kepentingan atlet dari semua negara serta tujuan Olimpiade internasional. Tiongkok sangat menentang hal ini. Pernyataan anggota kongres penuh dengan arogansi, ketidaktahuan dan kebohongan, sama dengan "lelucon Amerika" yang khas dan ditakdirkan untuk kehilangan dukungan dan gagal. Berbagai sektor masyarakat internasional, termasuk pemerintah dan komite Olimpiade di banyak negara serta Komite Olimpiade Internasional, secara eksplisit menentang langkah salah mempolitisasi olahraga.

Beberapa anggota Kongres anti-Tiongkok di AS telah berulang kali membesar-besarkan masalah dan memberikan tekanan pada perusahaan. Niat jahat mereka untuk menculik bisnis dengan skema politik dan menjaga Tiongkok dengan masalah terkait Xinjiang telah terungkap. Kami percaya bahwa setiap bisnis yang rasional dan berhati-hati, terutama bisnis Amerika yang telah sangat diuntungkan dari lebih dari empat dekade kemajuan yang didorong oleh reformasi dan keterbukaan di Tiongkok, akan membuat penilaian yang tepat.

Adapun pertanyaan ketiga Anda, saya yakin Anda akan segera melihat berita yang relevan.(*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

Konferensi Pers Kemenlu China 19 Oktober 2021

  • Djono W. Oesman
  • 20 Oct 2021

news

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok 18 Oktober ...

  • Lupita
  • 19 Oct 2021

news

Konferensi Pers Kemenlu China, 13 Oktober 2021

  • Djono W. Oesman
  • 14 Oct 2021

news

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok 30 Septembe...

  • Lupita
  • 30 Sep 2021

news

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok 29 Septembe...

  • Lupita
  • 29 Sep 2021

news

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri China 22 September 2...

  • Visco Joostensz
  • 22 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong