Baca dalam 3 menit

Kue Bulan dapat Mengakibatkan Diare?

Waktu Publish : 10 Sep 2021, 06:57 WIB
Sumber : 36氪
SHARE ARTIKEL

Kue Bulan merk Zhihu - Image from 36氪

Bolong.id - Festival Pertengahan Musim Gugur akan datang. Banyak orang sudah mulai mengirim kue bulan kepada keluarga dan kerabat mereka. Salah satu merk kue bulan adalah Zhihu. Namun belakangan ini terdapat banyak laporan bahwa setelah mengonsumsi kue bulan merek ini banyak orang yang mengalami diare. Menurut analisis netizen Kelly weaver, makan kue bulan Zhihu menyebabkan diare karena banyak menggunakan pengganti gula seperti maltitol. Karena tubuh manusia tidak mencerna dan menyerap pemanis ini, maka efek sampingnya adalah mudah menyebabkan perut kembung dan diare.

Kelly Weaver berkata: "dari daftar bahan, ada sejumlah besar maltitol yang digunakan dalam kue bulan Zhihu. Menurut percobaan manusia di ejcn, untuk wanita 60kg, ambang batas maltitol yang menyebabkan diare hanya 20g. Ketika mencapai 50g , maka tentu akan mengalami diare. Jumlah yang melebihi batas ini setara 1-2 kue bulan merek Zhihu".

Dilansir dari 36氪 pada Rabu (8/9/2021), terkait hal itu, Zhihu menjawab bahwa dirinya tidak berpengalaman dalam proses pengadaan dan tidak mempertimbangkannya secara matang. "Niat awalnya adalah untuk membuat kue bulan rendah gula yang lebih sehat. Namun secara tidak sadar mengabaikan efek samping dari penggunaan maltitol. Bagi para konsumen yang mengalami efek samping karena kue kami, kami telah menghubungi dan memberikan solusi dan layanan sebanyak mungkin. Kue bulan yang telah dikeluarkan akan ditarik kembali."

Pemanit Maltitol - Image from internet

Apa itu maltitol?

Maltitol adalah gula alkohol. Alkohol gula ditemukan secara alami di beberapa buah dan sayuran. Mereka juga dianggap sebagai karbohidrat.

Alkohol gula biasanya diproduksi daripada digunakan dalam bentuk alaminya. Mereka manis, tetapi tidak semanis gula, dan memiliki hampir setengah kalori.

Mereka biasanya digunakan di:
kue-kuehan
Permen
makanan manis lainnya

Mereka juga dapat ditemukan di beberapa obat. Selain menambahkan rasa manis sebagai pengganti gula, maltitol dan alkohol gula lainnya membantu menjaga kelembapan makanan, dan membantu mencegah warna makanan menjadi coklat.

Saat Anda memeriksa label, ketahuilah bahwa maltitol mungkin juga terdaftar sebagai sorbitol atau xylitol. Kadang-kadang bahkan terdaftar sebagai gula alkohol, karena termasuk dalam kategori ini.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Warga Asing Shanghai Berkumpul untuk Festival Pertengahan Mu...

  • Lupita
  • 23 Sep 2021

news

Heboh Kue Bulan Berserakan di Lantai Sekolah, Ada Apa?

  • Visco Joostensz
  • 23 Sep 2021

culture

Sejarah Panjang Kue Bulan, Kue Asal China yang Paling Ikonik

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Dari Lima Kernel Hingga Rendah Gula, Varian Kue Bulan Turut ...

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Simbol Kelinci di Mooncake Festival

  • Djono W. Oesman
  • 21 Sep 2021

lifestyle

Bawa Hoki, 6 Buah Ini Wajib Ada di Festival Pertengahan Musi...

  • Esy Gracia
  • 21 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong