Baca dalam 4 menit

Belajar Cara Membedakan Hanzi Dua: Er (二) dan Liang (两)

Waktu Publish : 18 Nov 2021, 12:22 WIB
Sumber : baidu.com
SHARE ARTIKEL

Cara membedakan hanzi dua: Er (二) dan Liang (两) - Image from app.goo.gl

Bolong.id - Dalam proses belajar bahasa Tiongkok, orang asing sering bertanya, dua (二) dan dua (两) artinya sama, tetapi apa perbedaan penggunaannya?

Dalam pengajaran bahasa Mandarin sebagai bahasa asing, "二" dan 两" memiliki arti yang sama, tetapi ada perbedaan dalam penggunaannya.

(1) Metode identifikasi tujuan

1. "Dua" (二) dapat mewakili nomor urut, seperti "Paman Kedua", "Februari", dan "Kelas Tingkat Kedua". "Dua" (两) tidak dapat mewakili nomor urut. Satu-satunya pengecualian adalah "Dua Poin". "Lantai Dua" mengacu pada lantai dua, dan harus ditulis sebagai Er Lou (二楼) tetapi tidak sebagai Liang lou (两楼).

2. "Dua" (两) hanya digunakan untuk angka, seperti dua, dua hari. Dua sering digunakan untuk bilangan urut, seperti detik. Angka "dua" digunakan bersama atau dikombinasikan dengan kata lain untuk menyatakan bilangan urut, pecahan, kelipatan, angka perkiraan, dll., seperti detik, dua persen, dua puluh atau tiga puluh, dua puluh atau lebih, dan seterusnya.

3. Kombinasi Er (二) dan pengukur hanya digunakan di depan beberapa kata pengukuran tradisional, seperti "erliang" (二两), "erliang erqian" (二万二千) dan "erjin" (二斤) dan Liang (两) dapat digunakan di depan semua pengukur. "Taiwan" bukan istilah metrik tradisional ("Taiwan, meter, ton, kilometer" adalah istilah metrik baru, kebanyakan menggunakan "dua"). Oleh karena itu, kasus harus ditulis sebagai "dua mesin baru", tetapi tidak sebagai "dua mesin baru".

Dalam jumlah dan beberapa digit unit pengukuran, Er (二) dapat digunakan dalam posisi apa pun, seperti "dua kati", "dua liang", "dua ribu"; dan "dua" hanya dapat digunakan dalam digit pertama , Seperti "dua kati dua tael" dan "dua ribu dua ribu". Oleh karena itu, "satu zhang dan dua kaki" dalam contoh harus diubah menjadi "satu zhang dan dua kaki".

4. Bila dua dan tiga digunakan bersama-sama, jumlahnya tidak boleh lebih dari sepuluh.

5. "Dua" bisa berarti perkiraan angka atau angka kecil. Misalnya, "mengucapkan dua kalimat" sama dengan mengatakan "beberapa kalimat"; "dua" tidak. "Dua hari kemudian" dalam contoh berarti tidak ada banyak hari, yang setara dengan "beberapa hari kemudian". Oleh karena itu, "dua" tidak dapat digunakan dan harus ditulis sebagai "dua hari kemudian". Anda dapat beristirahat selama dua hari lagi!

(2) Metode identifikasi fonetik

1. Selama Er (二) dan Liang (两) diucapkan (dibaca) dalam bahasa Mandarin, tidak akan tercampur. Apa pun yang mengatakan (baca) "èr" ditulis sebagai "二", seperti "èrlou" dalam contoh , dan "satu zhang r chi" dalam contoh ; semua yang mengatakan (baca) "liǎng" ditulis sebagai " Dua ", seperti "stasiun liǎng" dalam contoh , dan "melewati hari-hari liǎng" dalam Contoh.

2. Liang (两) sering diucapkan sebagai "dua" dalam bahasa lisan Beijing. Dapat dikatakan: "dua orang", "mereka berdua", "ibu dan anak perempuan" dan seterusnya.

Ini akan terlibat dalam pelatihan guru bahasa mandarin di negara tersebut. Jika Anda ingin mengajar bahasa Mandarin orang asing sendiri atau terlibat dalam industri ini, dan Anda tidak mengambil jurusan bahasa Mandarin sebagai bahasa asing, disarankan untuk berpartisipasi dalam pelatihan internasional profesional pelatihan guru Tiongkok (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong