Baca dalam 3 menit

Biro Statistik China Rilis Ekonomi Konsumsi Terus Menunjukkan Pertumbuhan

Waktu Publish : 15 Nov 2021, 16:05 WIB
SHARE ARTIKEL

Biro Statistik Nasional: Pemulihan Konsumsi China Terus Menunjukkan Ketahanan - Image from 百度

Bolong.id - Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok mengadakan konferensi pers tentang pengoperasian ekonomi nasional pada tanggal 15 Oktober. Fu Linghui, juru bicara Biro Statistik Nasional Tiongkok dan Direktur Departemen Statistik Komprehensif Ekonomi Nasional, mengatakan bahwa sejak Oktober, ketahanan pemulihan konsumsi Tiongkok terus menunjukkan. Total penjualan ritel barang-barang konsumsi adalah 4.045,4 miliar yuan (Rp 9 Triliun), meningkat 4,9% tahun-ke-tahun, dan tingkat pertumbuhan 0,5 poin persentase lebih tinggi dari bulan sebelumnya, dan rebound selama dua bulan berturut-turut.

Dilansir dalam 中国新闻网 pada (15/11/2021), Fu Linghui mengatakan bahwa situasi tersebut memiliki tiga karakteristik, yaitu:

Pertama, pemulihan stabil penjualan komoditas. Seiring pemulihan ekonomi, permintaan belanja warga terus dilepaskan. Pada bulan Oktober, penjualan ritel barang meningkat sebesar 5,2% tahun-ke-tahun, percepatan 0,7 poin persentase dari bulan sebelumnya. Di antara 18 kategori unit komoditas di atas ukuran yang ditentukan, laju pertumbuhan penjualan eceran. Ada 9 komoditas mengalami percepatan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kedua, daya dorong internal untuk konsumsi masih relatif mencukupi. Kapasitas pasokan pasar kuat, dan konsumsi dasar penduduk terjamin. Pada bulan Oktober, penjualan eceran komoditas biji-bijian, minyak, makanan, dan minuman yang ditentukan masing-masing meningkat sebesar 9,9% dan 8,8% tahun-ke-tahun, keduanya mempertahankan pertumbuhan yang cepat. Pada saat yang sama, standar hidup penduduk telah meningkat, dan perkembangan konsumsi yang ditingkatkan meningkat. Pada bulan Oktober, penjualan eceran peralatan komunikasi dan perlengkapan kantor telah ditentukan masing-masing meningkat sebesar 34,8% dan 11,5% dari tahun ke tahun.

Ketiga, peran model konsumsi baru dalam mendorong pertumbuhan konsumsi juga terlihat jelas. Dengan perkembangan pesat dan luas teknologi informasi, perkembangan belanja online, konsumsi online telah meningkatkan kenyamanan konsumsi dan juga mendorong perluasan skala konsumsi. Dalam 10 bulan pertama tahun ini, penjualan ritel online barang fisik meningkat 14,6% YoY, menyumbang 23,7% dari total penjualan ritel barang konsumsi.

Fu Linghui mengatakan bahwa kondisi ini menunjukkan bahwa ketahanan pasar konsumen Tiongkok cukup, skala konsumsi telah berkembang, struktur konsumsi telah ditingkatkan, dan tren pengembangan inovasi model konsumsi tidak berubah. "Dengan pemulihan ekonomi, perluasan lapangan kerja, peningkatan pendapatan penduduk, dan peningkatan jaminan sosial secara bertahap, pertumbuhan konsumsi masih didukung dengan baik."(*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

PMI Manufaktur China Turun ke Level 49,2 di Oktober 2021

  • Djono W. Oesman
  • 01 Nov 2021

business

PMI Non-Manufaktur China Naik pada Bulan Oktober

  • Lupita
  • 01 Nov 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong